BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

5 Bek Kiri Terbaik di Premier League Musim 2020/2021

25-11-2020 13:32 | Asad Arifin

Pemain Chelsea, Ben Chilwell. (c) AP Photo Pemain Chelsea, Ben Chilwell. (c) AP Photo

Bola.net - Bek kiri mungkin bukan posisi yang populer di sepak bola. Akan tetapi, posisi ini punya peran yang tidak kalah penting dibanding posisi lain seperti penyerang atau bek tengah.

Bahkan, klub seperti Manchester United dan Chelsea telah berinvenstasi untuk mendapatkan bek kiri yang berkualitas. United membeli Alex Telles dari Porto dan Chelsea membayar mahal untuk Ben Chilwell.

Kini, posisi bek kiri punya gengsi dan peran penting. Di Liverpool misalnya, Jurgen Klopp sangat bergantung pada Andy Robertson untuk membangun tim yang tangguh. Robertson acap kali menjadi tumpuan serangan The Reds.

Tercatat, ada lima bek kiri terbaik di Premier League musim ini hingga pekan ke-9 versi Sportskeeda. Lalu, siapa saja kelima bek sayap tersebut? Selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

5. Joao Cancelo (Manchester City)

Joao Cancelo resmi menjadi penggawa anyar Manchester City. (c) Manchester City Joao Cancelo resmi menjadi penggawa anyar Manchester City. (c) Manchester City

Sejatinya, Joao Cancelo adalah pemain yang berposisi sebagai bek sayap kanan. Namun mengingat peran penting Kyle Walker di posisi itu membuat Cancelo harus bergeser menjadi bek sayap kiri di Manchester City.

Ditebus sebagai bek kanan termahal yang pernah dilakukan City tahun lalu, Cancelo telah membuat awal yang baik untuk kariernya di Premier League di masa yang mendatang dengan satu assist yang telah dibukukan dalam lima pertandingan.

2 dari 5 halaman

4. Lucas Digne (Everton)

Selebrasi Lucas Digne bersama Seamus Coleman usai bobol gawang MU. (c) AP Photo Selebrasi Lucas Digne bersama Seamus Coleman usai bobol gawang MU. (c) AP Photo

Di awal musim ini, Everton adalah tim yang paling mengejutkan Premier League karena The Toffees sempat memuncaki klasemen sementara. Namun, kekalahan berturut-turut yang dialami The Toffees telah mendorong mereka ke posisi enam klasemen.

Terlepas dari hal itu, ada salah satu pemain yang menonjol di kubu Everton. Yap, dia lah Lucas Digne yang mempunyai jangkauan luas di lini belakang serta gemar membuat assist untuk The Toffees.

Bek asal Prancis itu adalah salah satu pemain paling berharga di bawah komando Carlo Ancelotti. Sejauh ini, Digne telah membuat empat assist dari delapan pertandingannya di Premier League.

3 dari 5 halaman

3. Sergio Reguilon (Tottenham Hotspur)

Sergio Reguilon (c) Tottenham Sergio Reguilon (c) Tottenham

Diboyong Tottenham Hotspur dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas lalu dengan mahar 30 juta euro, Sergio Reguilon telah menjadi idola baru bagi publik Tottenham Hotspur Stadium.

Di bawah komando Jose Mourinho, Reguilon menjelma sebagai salah satu bek kiri terbaik di Premier League musim ini. Puncaknya ketika Spurs meraih kemenangan melawan Manchester City dan Reguilon menunjukkan pertahanan kokoh di lini belakang The Lilywhites.

Selain itu, pemain berusia 23 tahun itu juga terampil dan cepat ketika melakukan skema serangan balik ala Mourinho yang dikenal dengan permainan bertahannya.

4 dari 5 halaman

2. Andrew Robertson (Liverpool)

Pemain Liverpool Andrew Robertson. (c) AP Photo Pemain Liverpool Andrew Robertson. (c) AP Photo

Tak hanya menjadi bek kiri terbaik di Premier League saat ini, tetapi Andrew Robertson juga adalah bek kiri terbaik di dunia berkat kontribusinya dalam membantu Liverpool menjuarai berbagai trofi bergengsi.

Bersama Trent-Alexander Arnold, Robertson telah tumbuh menjadi duet bek sayap yang paling mematikan dalam sejarah sepak bola.

Saat ini, pemain berusia 26 tahun itu sudah mengoleksi satu gol dan tiga assist di Premier League 2020/21 dan menjadi pemain yang tidak tergantikan dari sembilan laga yang telah dimainkannya.

5 dari 5 halaman

1. Ben Chilwell (Chelsea)

Pemain Chelsea, Ben Chilwell, merayakan golnya ke gawang Crystal Palace dalam laga lanjutan Premier League hari Sabtu (3/10/2020). (c) AP Photo Pemain Chelsea, Ben Chilwell, merayakan golnya ke gawang Crystal Palace dalam laga lanjutan Premier League hari Sabtu (3/10/2020). (c) AP Photo

Didatangkan Chelsea dengan mahar tinggi untuk seorang bek kiri yakni 50.2 juta euro nyatanya Ben Chilwell membawa dampak instan untuk skuat The Blues di Premier League 2020/21.

Berbekal kontrol bola yang baik, umpan silang yang akurat, dan jangkauan luas membuat Chilwell telah membukukan dua gol dan dua assist hanya dalam enam pertandingan Premier League musim ini.

Selain itu, di usianya yang masih sangat muda yakni 23 tahun bukan tak mungkin bek kiri asal Inggris tersebut akan menjadi yang terbaik di dunia.
Sumber: Sportskeeda

Sumber: Bundesliga

(Bola.net/Hendra Wijaya)

KOMENTAR