BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Alasan Mengapa Manchester United Wajib Mewaspadai Southampton

13-07-2020 15:23 | Yaumil Azis

Penyerang Southampton, Danny Ings. (c) AP Photo Penyerang Southampton, Danny Ings. (c) AP Photo

Bola.net - Pekan ke-35 Premier League masih menyisakan satu laga yang akan diselenggarakan pada Selasa (14/7/2020) dini hari nanti. Manchester United, yang bermain sebagai tuan rumah, bakalan menjamu Southampton di Old Trafford.

Kondisi the Red Devils saat ini sedang baik. Skuat besutan Ole Gunnar Solskjaer tersebut belum merasakan kekalahan sejak Premier League kembali. Lebih tepatnya, MU sukses memenangkan lima dari enam laga terakhirnya.

Di atas kertas, mereka memiliki pemain-pemain yang lebih berkualitas ketimbang Southampton. Sehingga wajar kalau Manchester United diyakini bisa meraih kemenangan tanpa menemui kesulitan berarti.

Namun, benarkah demikian? Southampton sendiri adalah tim yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Ada 5 alasan mengapa Bruno Fernandes dkk wajib mewaspadai klub berjuluk the Saints tersebut.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya..

1 dari 5 halaman

1. Jadwal Terbalik

Tidak seperti liga di benua Eropa lainnya, Premier League menerapkan sistem jadwal terbalik. Dengan begitu, ada jarak yang terlampau jauh antara pertemuan pertama dan pertandingan kedua di satu musim.

Manchester United bertemu Southampton untuk pertama kali di musim ini pada bulan Agustus lalu. Keduanya hanya mampu menghasilkan skor imbang 1-1, di mana gol Daniel James sukses dibalas Jannik Vestergaard.

Jelas, Manchester United sudah jauh berbeda dengan saat itu. Namun hal yang sama juga berlaku buat Southampton. Mereka telah melakukan banyak perubahan sejak dibantai secara memalukan oleh Leicester CIty dengan skor 0-9.

Perlu diketahui juga bahwa Manchester United hanya bisa meraih dua kemenangan dari lima pertemuan terakhirnya dengan Southampton. Itupun dengan kedudukan tipis.

2 dari 5 halaman

2. Pernah Mengalahkan Manchester City

Ya, Southampton yang sekarang berada di peringkat ke-12 berhasil mengalahkan sang juara bertahan, Manchester City. Klub asuhan Ralph Hassenhutl tersebut menang dengan skor tipis 1-0 berkat gol Che Adams di menit ke-16.

Ini membuktikan bahwa peringkat ataupun status klub besar tidak membuat Southampton gentar. Ini bisa menjadi modal penting saat mereka bertemu Manchester United pada dini hari nanti.

Pertandingan melawan Manchester City juga menunjukkan efektivitas Southampton dalam memanfaatkan peluang. Satu gol tersebut tercipta dari empat tembakan tepat sasarannya, dengan total tujuh tembakan yang lahir dalam 90 menit.

3 dari 5 halaman

3. Mampu Mengatasi Tekanan

Kembali berkaca pada laga melawan Manchester City. The Saints tahu persis bahwa mereka bakalan kesulitan kalau menghadapi Manchester City dengan filosofi menyerang. Oleh karenanya, mereka mengusung strategi bertahan.

Southampton berhasil menunjukkan bahwa mereka handal dalam memainkan strategi tersebut. Sebanyak 25 tembakan diciptakan oleh Manchester City, namun hanya ada enam yang sanggup mencapai gawang mereka.

Manchester City juga benar-benar menguasai permainan dengan catatan penguasaan bola sebesar 74 persen. Ini menandakan bahwa Southampton mahir mengatasi setiap tekanan yang tertuju ke lini pertahanannya.

4 dari 5 halaman

4. Rekor Tandang yang Apik

Torehan Southampton dalam laga tandang terbilang cukup apik. Bahkan, mereka bisa menduduki peringkat ke-5 dalam klasemen andai Premier League hanya menghitung partai tandang saja.

Dengan partai tandang saja, Southampton bisa mengantongi empat poin lebih banyak dari Manchester United. Mereka juga berada dua peringkat lebih baik dari the Red Devils.

Rekor partai tandang mereka sejak Premier League kembali bergulir pun terbilang cukup baik. Danny Ings dkk memiliki torehan tujuh gol dan hanya kebobolan dua kali saja dalam tiga partai tandang terakhirnya.

5 dari 5 halaman

5. Ancaman Danny Ings

Southampton menyumbang satu pemain dalam daftar pencetak gol terbanyak Premier League musim ini. Dia adalah Danny Ings.

Pemain berusia 27 tahun tersebut berhasil menemukan performa terbaiknya pasca meninggalkan Liverpool. Sampai sekarang, Ings sudah mengantongi 19 gol dari 34 penampilan - satu gol lebih sedikit dari Pierre-Emerick Aubameyang.

Ings sudah mengantongi empat gol dari enam penampilan terakhirnya. Sudah pasti, Harry Maguire dkk wajib menaruh fokusnya kepada Ings jika ingin Manchester United meraih kemenangan dalam pertandingan kali ini.

KOMENTAR