5 Alasan Manchester United Harus Membeli Marko Arnautovic

Asad Arifin | 8 Agustus 2022, 12:58
Selebrasi gol Marko Arnautovic pada laga Bologna vs Inter Milan di laga tunda pekan ke-25 Serie A musim 2021/2022 (c) AP Photo
Selebrasi gol Marko Arnautovic pada laga Bologna vs Inter Milan di laga tunda pekan ke-25 Serie A musim 2021/2022 (c) AP Photo

Bola.net - Marko Arnautovic mendadak dibahas banyak media usai dikabarkan masuk dalam rencana transfer Manchester United. Arnautovic dibidik lantaran Setan Merah mencari ingin mencari opsi saat Anthony Martial cedera atau absen.

Kabar ketertarikan Man United terhadap penyerang milik Bologna itu dilaporkan oleh jurnalis asal Italia, Gianluca Di Marzo. Menurut laporannya, Manchester United telah melayangkan tawaran sebesar 8 juta hingga 9 juta euro (Rp137 miliar) untuk pemain berusia 33 tahun tersebut.

Namun, kabarnya tawaran ini ditolak mentah-mentah oleh Bologna. Kabar ditolaknya tawaran ini oleh Bologna pun membuat Arnautovic kemudian naik pitam, dan meminta pihak klub agar melepasnya.

Sang agen mengkonfirmasi bahwa ada tawaran dari klub besar untuk Arnautovic. "Memang benar ada tawaran dari klub terkenal," kata saudara sekaligus agen Danijel Arnautovic seperti dilansir Kurier.

Lantas, apa pentingnya Marko Arnautovic dan mengapa United harus membelinya? Simak ulasannya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 6 halaman

Performa Gacor Musim Lalu

Momen gol Marko Arnautovic di laga Bologna vs Inter Milan, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Momen gol Marko Arnautovic di laga Bologna vs Inter Milan, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Arnautovic kini sudah memasuki usia kategori 'uzur'. Akan tetapi, dia menemukan performa terbaiknya pada musim lalu bersama Bologna.

Dia mencatatkan 15 gol dari 34 laga di semua kompetisi, yang mana itu adalah musim terproduktif dalam kariernya. Karena performa itu, sempat ada rumor Juventus tertarik menjadikannya pelapis Dusan Vlahovic.

Faktor usia bukan kendala bagi Arnautovic. Sebab, dia juga menjadi andalan di Timnas Austria.

2 dari 6 halaman

Sudah Teruji di Inggris

Marko Arnautovic (c) AP

Marko Arnautovic (c) AP

Bila setuju hengkang ke Setan Merah, Marko Arnautovic diyakini tak membutuhkan adaptasi lagi dengan Premier League. Dia sudah berpengalaman bermain di Inggris.

Marko Arnautovic pernah membela Stoke City (2013-2017) dan West Ham United (2017-2019). Pengalaman itu menjadi modal buat Arnautovic untuk bisa menjalani karier di Premier League.

Total eks pemain Inter itu mencatatkan 43 gol dan 33 assists dari 184 penampilannya di Premier League.

3 dari 6 halaman

Pemain Multiposisi

Marko Arnautovic (c) Action Plus

Marko Arnautovic (c) Action Plus

Arnautovic tidak hanya andal di posisi striker tetapi dia begitu versatile di segala posisi lini depan. Tercatat, pemain yang pernah membela Shanghai Port ini juga mahir bermain di posisi winger kiri maupun winger kanan dengan sama baiknya.

Arnautovic mengawali karier dengan FC Twente dan berposisi sebabgai winger. Dia membuat 16 penampilan di 2007/08 bersama tim senior Twente dan mengantarkan tim yang bermarkas di De Grolsch Veste meraih posisi keempat dan lolos ke Liga Champions UEFA.

Pada musim 2008/09, Arnautovic mencetak 14 gol dalam 41 pertandingan.

4 dari 6 halaman

Beda dari yang Lain

Selebrasi Marko Arnautovic usai mencetak gol di laga Bologna vs Inter Milan, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Selebrasi Marko Arnautovic usai mencetak gol di laga Bologna vs Inter Milan, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Erik ten Hag sangat membutuhkan penyerang 'nomor 9' yang aktif dalam membangun serangan dan mau bertahan. Menurut statistik, keinginan Ten Hag itu ada pada sosok Arnautovic yang memang merupakan penyerang dengan tipikal tersebut.

Dilansir dari FBRef, Arnautovic punya insting mencetak gol yang mumpuni, dengan rata-rata mencetak 0,4 Non-Penalty Goals per 90 menit. Dalam permainan, Arnautovic tergolong penyerang aktif, dengan rata-rata melepaskan 30,97 operan per 90 menit dan akurasi mencapai 73,7 persen.

Selain itu dalam bertahan, Arnautovic juga aktif dengan mencatatkan 15,4 pressing ke lawan per 90 menit dan membuat 0,5 intersep per 90 menit. Dengan gaya bermain yang mengandalkan high pressing dan kolektivitas permainan, maka Arnautovic adalah pilihan tepat untuk saat ini.

5 dari 6 halaman

Pernah Dilatih Erik Ten Hag

Ekspresi Erik ten Hag pada laga MU vs Brighton di pekan ke-1 Premier League musim 2022/2023 (c) AP Photo

Ekspresi Erik ten Hag pada laga MU vs Brighton di pekan ke-1 Premier League musim 2022/2023 (c) AP Photo

Erik Ten Hag ternyata pernah bekerjasama dengan penyerang berkebangsaan Austria tersebut. Keduanya pernah bekerjasama di FC Twente. Kala itu, Ten Hag bekerja sebagai asisten pelatih, sedangkan Arnautovic merupakan jebolan tim akademi klub tersebut.

Sejak Arnautovic promosi ke tim utama, Ten Hag selalu melihat penampilannya yang baru saja promosi ke tim utama. Kebetulan keduanya bekerjasama selama dua tahun, sebelum Ten Hag dan Arnautovic sama-sama hengkang ke tujuan yang berbeda pada 2009.

Selama di FC Twente bersama Ten Hag, Arnautovic muda mampu tampil apik dengan mencetak 14 gol dan 10 assist dari 54 penampilan.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR