5 Alasan Arsenal Punya Potensi Juara Premier League 2022/2023

Ari Prayoga | 3 Agustus 2022, 16:39
Pemain Arsenal merayakan gol Gabriel Jesus ke gawang Chelsea di Florida Cup, Minggu (24/7/2022) WIB. (c) AP Photo
Pemain Arsenal merayakan gol Gabriel Jesus ke gawang Chelsea di Florida Cup, Minggu (24/7/2022) WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Di antara tim-tim papan atas, Arsenal memiliki potensi kuat untuk mengacaukan dominasi Manchester City dan Liverpool di Premier League musim 2022/2023 ini, bahkan bisa menjadi jawara.

Seperti diketahui, dalam beberapa musim belakangan Premier League didominasi oleh Manchester City. The Citizens tercatat empat kali juara dalam lima musim terakhir.

Beberapa musim terakhir, muncul Liverpool sebagai kekuatan lama yang kembali bangkit di bawah asuhan Jurgen Klopp. The Reds pun sempat menjadi juara di musim 2019/20 lalu.

Kini memasuki musim baru, sejumlah tim lain siap merangsek masuk ke dalam pusaran persaingan Manchester City dan Liverpool, salah satunya adalah Arsenal asuhan Mikel Arteta.

Apa saja alasan Arsenal bisa menjadi pengacau dominasi Manchester City dan Liverpool di Premier League musim 2022/23 ini? Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 7 halaman

Impresif di Bursa Transfer

Oleksandr Zinchenko resmi bergabung dengan Arsenal (c) Arsenal FC

Oleksandr Zinchenko resmi bergabung dengan Arsenal (c) Arsenal FC

Arsenal menjadi salah satu klub yang bergerak cepat di jendela transfer musim panas 2022 ini. The Gunners sejauh ini sudah merekrut lima pemain baru.

Lima nama anyar di skuad Arsenal asuhan Mikel Arteta tersebut adalah penjaga gawang Matt Turner, pemain sayap Marquinhos, gelandang serang Fabio Vieira, striker Gabriel Jesus, serta bek sayap Oleksandr Zinchenko.

Kehadiran para pemain baru ini bakal membuat Arsenal tak lagi dipandang sebelah mata dalam persaingan di papan atas Premier League.

2 dari 7 halaman

Gemilang di Pramusim

Selebrasi skuad Arsenal  (c) AP Photo

Selebrasi skuad Arsenal (c) AP Photo

Arsenal bisa dibilang menjadi tim dengan hasil pramusim terbaik untuk musim panas ini. Tim Meriam London sukses menyapu bersih kemenangan dalam enam laga uji coba terbuka.

Tak hanya menang, Arsenal juga meraihnya lewat permainan ciamik. The Gunners pun kerap meraih kemenangan dengan skor telak atas lawan-lawan mereka.

Dimulai dengan menghajar Ipswich Town 5-1, Arsenal kemudian mengalahkan Nurnberg 5-3, membungkam Everton 2-0, dan menumbangkan Orlando City 3-1.

Setelah itu, grafik performa Arsenal semakin naik dengan membantai tim raksasa lainnya, Chelsea dengan skor 4-0 dan menang melawan Sevilla di Emirates Cup dengan skor mentereng 6-0.

3 dari 7 halaman

Kehadiran Gabriel Jesus

Selebrasi Gabriel Jesus usai mencetak gol dalam laga Nurnberg vs Arsenal, Jumat (8/7/2022) (c) Arsenal FC

Selebrasi Gabriel Jesus usai mencetak gol dalam laga Nurnberg vs Arsenal, Jumat (8/7/2022) (c) Arsenal FC

Dari sekian nama yang direkrut Arsenal musim panas ini, Gabriel Jesus bisa dibilang menjadi rekrutan terbaik.

Arsenal memang membutuhkan striker baru menyusul kepergian Alexandre Lacazette. Bahkan, The Gunners belum menggaet penyerang baru sejak Pierre-Emerick Aubameyang hengkang ke Barcelona pada Januari lalu.

Jesus pun langsung menjadi ujung tombak utama Arsenal. Secara luar biasa, bomber asal Brasil itu menjawabnya dengan performa menawan di pramusim.

Jesus tercatat mencetak tujuh gol dalam lima laga, termasuk hat-tricknya ke gawang Sevilla di ajang Emirates Cup.

4 dari 7 halaman

Semakin Mirip Manchester City

Selebrasi skuad Arsenal dalam laga uji coba pramusim 2022 melawan Orlando City. (c) AP Photo

Selebrasi skuad Arsenal dalam laga uji coba pramusim 2022 melawan Orlando City. (c) AP Photo

Sebagai pelatih, Arteta menjadikan sosok Pep Guardiola sebagai mentor utamanya. Arteta sempat tiga musim lebih menjadi asisten Guardiola di Manchester City.

Setelah menangani Arsenal, Arteta pun secara perlahan berusaha membawa filosofi permainan Manchester City asuhan Guardiola ke tim Meriam London.

Kini dengan kedatangan Fabio Vieira, Gabriel Jesus, dan Oleksandr Zinchenko, hasrat besar Arteta tersebut sepertinya semakin besar untuk terwujud.

Dengan keberadaan Vieira dan Odegaard sebagai duo gelandang serang, serangan Arsenal kini bisa menjadi lebih seimbang dan mencakup semua area.

Dengan begitu, aliran bola ke lini depan bakal semakin bervariasi dan tentu saja akan membuat tim lawan semakin kelabakan menebak serangan musuhnya.

5 dari 7 halaman

Skuad Sangat Mumpuni

Aksi William Saliba di laga Arsenal vs Everton, duel pramusim 2022 (c) AP Photo

Aksi William Saliba di laga Arsenal vs Everton, duel pramusim 2022 (c) AP Photo

Skuad Arsenal untuk mengarungi musim 2022/23 terbilang sudah sangat mumpuni. Perekrutan pemain yang brilian di bursa transfer menjadi dasar pernyataan ini.

Selain itu, Arsenal juga mengambil sejumlah keputusan penting yang bisa jadi sangat berpengaruh terhadap perjalanan mereka di musim anyar ini.

Salah satu keputusan tersebut adalah mempertahankan bek William Saliba di tim utama, setelah di musim-musim sebelumnya selalu dipinjamkan ke klub lain. Terbukti, Saliba menunjukkan penampilan apik di pramusim.

6 dari 7 halaman

Starting XI Terkuat Arsenal 2022/23

 (c) Bola.net (c) Bola.net

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR