BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Alasan Arsenal Bisa Kalahkan Manchester United: Arteta Lebih Oke, Belakang Solid!

02-12-2021 13:00 | Richard Andreas

Ekspresi Gabriel Magalhaes usai membobol gawang Leicester City, Sabtu (30/10/2021) (c) AP Photo
Ekspresi Gabriel Magalhaes usai membobol gawang Leicester City, Sabtu (30/10/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal akan menyambangi Manchester United dalam duel pekan ke-14 Liga Inggris atau Premier League 2021/22, Jumat (3/12/2021). Pertandingan diyakini bakal berjalan seimbang.

Saat ini Arsenal sedang melaju dalam momentum positif, lebih baik dari tim lawan. Pasukan Mikel Arteta semakin solid dengan permainan yang semakin matang.

Di sisi lain, MU masih berusaha menemukan pijakan kembali. Setan Merah baru memecat Ole Gunnar Solskjaer dan sekarang untuk sementara dilatih oleh Michael Carrick.

Artinya, kondisi Arsenal sedikit lebih baik dari MU, khususnya soal mentalitas skuad. The Gunners juga punya riwayat positif dalam duel lawan MU beberapa tahun terakhir.

Saat ini level kedua tim terbilang seimbang, tapi Arsenal sedikit unggul dengan momentum positif. Sebab itu, setidaknya ada 5 alasan Arsenal bisa mengalahkan MU. Apa saja? Yuk scroll ke bawah, Bolaneters!

1 dari 5 halaman

1. MU belum pulih

Manchester United kalah dari Manchester City pada pekan ke-11 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo
Manchester United kalah dari Manchester City pada pekan ke-11 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Di atas kertas, Manchester United punya kualitas skuad yang lebih baik dari Arsenal. Mereka punya Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, David De Gea, dan banyak lainnya.

Meski begitu, Setan Merah sedang tidak dalam kondisi bagus. Skuad MU sedang mengalami transisi besar setelah pemecatan Ole Gunnar Solskjaer.

Hasil di lapangan memang tidak terlalu buruk, MU bisa menahan imbang Chelsea 1-1 akhir pekan lalu. Meski begitu, terlihat jelas bahwa MU belum kembali ke level terbaiknya.

2 dari 5 halaman

2. Momentum apik Arsenal

Selebrasi pemain-pemain Arsenal (c) AP Photo
Selebrasi pemain-pemain Arsenal (c) AP Photo

Bertolak belakang dengan MU, Arsenal sekadang sedang melaju dalam momentum positif. Skuad The Gunners sedang percaya diri.

Tepat setelah jeda internasional, Arsenal kembali bertanding dan langsung dihajar Liverpool (0-4). Menariknya, kekalahan besar itu tidak menjatuhkan skuad Arteta.

Mereka langsung bangkit di pekan berikutnya, menundukkan Newcastle dengan skor 2-0. Secara keseluruhan, Arsenal memetik 11 kemenangan dan satu kekalahan dalam 12 laga terakhir.

3 dari 5 halaman

3. Beda level pelatih

Manajer Arsenal, Mikel Arteta (c) AP Photo
Manajer Arsenal, Mikel Arteta (c) AP Photo

Di kursi pelatih, Arsenal juga sedikit lebih unggul dari MU. Mikel Arteta lebih berpengalaman daripada Michael Carrick.

Arteta sudah beberapa tahun menangani Arsenal dan dia sudah terbukti berulang kali berhasil lolos dari tekanan. Sekarang hasil kerja keras Arteta juga mulai terlihat.

Di sisi lain, MU masih harus menunggu kedatangan Ralf Rangnick. Untuk sementara Michael Carrick dipercaya memimpin tim, tapi pengalaman Carrick dianggap sangat kurang.

4 dari 5 halaman

4. Lebih solid

Aksi kiper Arsenal, Aaron Ramsdale (c) AP Photo
Aksi kiper Arsenal, Aaron Ramsdale (c) AP Photo

Seperti yang dijelaskan di atas, MU punya skuad lebih berkualitas di atas kertas, tapi skuad Arsenal jauh lebih solid. Setiap posisi di lapangan juga diisi pemain yang tepat.

Lini belakang Arsenal semakin solid dengan perkembangan Aaron Ramsdale dan kombinasi bek tengah yang semakin padu. Sebaliknya, MU sering bermasalah di lini belakang sejak awal musim.

Selain itu, MU juga memiliki masalah besar di lini tengah yang sudah dibiarkan tanpa solusi berkepanjangan.

5 dari 5 halaman

5. Kualitas kiper

Aaron Ramsdale (c) Premier League
Aaron Ramsdale (c) Premier League

Masalah di lini belakang juga jadi perbedaan besar antara kedua tim. Arsenal sedang bagus-bagusnya, MU sedang bermasalah.

Selain kekalahan besar dari Liverpool, Arsenal berhasil membungkus empat clean sheets dalam lima pertandingan terakhir. Dalam rentang yang sama, MU sudah kebobolan sembilan gol.

Ramsdale juga terus dipuji sebagai salah satu kiper terbaik Premier League sejak awal musim. Dia bakal kembali jadi penentu di laga ini.

Sumber: Express, Bola

KOMENTAR