4 Pemain dengan Jumlah Assist Lebih Banyak dari Kevin De Bruyne di Sejarah Premier League

Asad Arifin | 4 Oktober 2022, 11:18
4 Pemain dengan Jumlah Assist Lebih Banyak dari Kevin De Bruyne di Sejarah Premier League
Kevin De Bruyne (c) Manchester City

Bola.net - Kevin De Bruyne kembali menunjukan kapasitasnya sebagai pengumpan terbaik di dunia. Laga melawan Manchester United pada pekan ke-9 Premier League menjadi panggung pembuktian De Bruyne.

Di laga tersebut, De Bruyne sukses mencatatkan dua assist bagi Manchester City. Dua assist De Bruyne sukses mengantarkan Manchester City menjadi pemenang derbi Manchester pertama di musim 2022/2023.

Dua assist itu juga mengantarkan De Bruyne sebagai top assist sementara Premier League musim ini dengan torehan 8 assist. Dua assist ini juga mengantarkan De Bruyne masuk dalam jajaran top assist sepanjang masa Premier League dengan total 94 assist.

Meskipun piawai dalam mencetak assist, nyatanya nama De Bruyne masih di bawah beberapa nama besar lainnya dalam urusan assist. Siapa saja mereka? berikut empat pemain dengan jumlah assist lebih banyak dari Kevin De Bruyne di sejarah Premier League.

1 dari 4 halaman

Frank Lampard

Frank Lampard ketika masih berseragam Chelsea (c) Bola.net

Frank Lampard ketika masih berseragam Chelsea (c) Bola.net

Frank Lampard menjadi pemain yang menempati posisi empat daftar top assist sepanjang masa di atas nama De Bruyne. Legenda Chelsea ini sanggup mencetak 102 assist selama berkiprah di Premier League.

102 assist Lampard dicetaknya bersama beberapa klub Premier League seperti Chelsea, Manchester City, dan West Ham United. Lampard mengumpulkan 102 assist hasil dari 609 laga yang ia jalani.

Lampard yang sudah pensiun sebagai pemain, memilih untuk berkarier sebagai pelatih. Torehan assist Lampard menjadi satu rekor yang sangat mungkin dipecahkan Kevin De Bruyne yang masih aktif sebagai pemain.

2 dari 4 halaman

Wayne Rooney

Wayne Rooney (c) AFP

Wayne Rooney (c) AFP

Wayne Rooney meninggalkan banyak catatan rekor ketika memutuskan hengkang dari Manchester United. Selain top skor kedua sepanjang sejarah, Rooney juga masuk sebagai top assist Premier League.

Penyerang timnas Inggris ini sanggup mencetak 103 assist selama berkarier di Premier League. Rooney mampu mencatatkan 103 assist hasil dari 491 laga yang ia mainkan di Premier League.

Catatan Rooney itu dibuatnya saat memperkuat Manchester United dan Everton selama total 16 musim. Hanya terpaut sembilan assist, Kevin De Bruyne dipercaya mampu melewati rekor assist Rooney musim ini.

3 dari 4 halaman

Cesc Fabregas

Cesc Fabregas (c) AFP

Cesc Fabregas (c) AFP

Cesc Fabregas menjadi talenta fenomenal pada masanya dengan kemampuannya dalam mencetak assist. Mantan pemain Arsenal selalu tampil konsisten sebagai pencetak assist yang handal di Premier League.

Fabregas tercatat mampu mencetak 111 assist selama berkarier di Premier League. Ajaibnya, Fabregas mencatatkan rekor tersebut hanya dalam 350 laga saja.

Fabregas tercatat menjalani karier di Premier league selama 12 musim. Sepanjang kariernya di Inggris, Fabregas membela dua tim asal London yakni Arsenal dan Chelsea.

4 dari 4 halaman

Ryan Giggs

Ryan Giggs usai mencetak gol ke gawang Arsenal di semifinal Piala FA 1999 (c) Twitter Dugout

Ryan Giggs usai mencetak gol ke gawang Arsenal di semifinal Piala FA 1999 (c) Twitter Dugout

Ryan Giggs mungkin menjadi nama yang sulit dipecahkan rekor assistnya oleh Kevin De Bruyne. Pasalnya Giggs menjadi raja assist Premier League dengan torehan fantastis, 162 assist.

Legenda Manchester United ini mampu menjadi pemuncak top assist sepanjang sejarah Premier League hasil memainkan 632 laga. Giggs bahkan mencatatkan 162 assistnya hanya dengan satu tim saja yakni Manchester United.

Giggs yang memperkuat Man United selama 23 musim menjadi pemain yang sulit untuk disentuh De Bruyne dalam urusan assist. De Bruyne yang sudah menginjak usia 31 tahun, harus berkarier lebih lama untuk mengejar catatan Giggs yang masih terpaut 68 assist darinya.

Sumber: Premier League dan Transfermarkt

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR