4-3-3 Diamond, Formasi Terbaik Manchester United Bersama Donny van de Beek?

Asad Arifin | 3 September 2020, 09:32
Manchester United resmi rekrut Donny van de Beek (c) MUFC
Manchester United resmi rekrut Donny van de Beek (c) MUFC

Bola.net - Kedatangan Donny van de Beek membuat persaingan di lini tengah Manchester United bakal sangat ketat. Bukan tidak mungkin Ole Gunnar Solksjaer akan mengubah formasi demi sang pemain baru.


Donny van de Beek akhirnya menjadi pembelian pertama Manchester United musim 2020/2021. Rabu (2/9/2020) malam WIB, Setan Merah resmi mengumumkan Donny van de Beek sebagai pemain barunya.

United mendapatkan Donny van de Beek dengan harga 40 juta euro, ditambah sejumlah bonus prestasi. Eks pemain Ajax Amsterdam itu meneken kontrak lima tahun dengan opsi perpanjangan setahun.

Donny van de Beek telah membangun reputasi besar bersama Ajax. Dia juga menjadi pilar timnas Belanda dalam beberapa tahun terakhir. Lalu, bagaimana lini tengah United pasca kedatangannya?

1 dari 3 halaman

Solskjaer Harus Ubah Formasi demi Donny van de Beek?

Kini, stok pemain di lini tengah Manchester United sangat gemuk. Setan Merah punya Paul Pogba, Bruno Fernandes, Nemanja Matic, Scoot McTominay, dan Fred. Lalu, masih ada nama Andreas Pereiras dan Juan Mata.

Analis Sky Sports, Nick Wright, menilai datangnya Donny van de Beek sangat mungkin membuat Ole Gunnar Solskjaer mengubah formasi. Dari formasi baku 4-2-3-1, sang manajer bisa memakai formasi 4-3-3 diamond.

"Solskjaer jarang menyimpang dari formasi 4-2-3-1 yang disukainya, tetapi dia mungkin harus melakukannya jika ingin memasukkan Van de Beek ke tim yang sama dengan Matic, Pogba, dan Fernandes." kata Nick Wright.

Nemanja Matic bisa membuat lini tengah lebih stabil. Sebab, dia punya kemampuan bertahan yang baik. Van de Beek, Paul Pogba, dan Bruno Fernandes bisa lebih fokus membantu serangan. Mereka bisa membentuk kombinasi yang kuat di lini tengah.

2 dari 3 halaman

Korbankan Satu Penyerang

Trio Fernandes, Pogba, dan Matic tampil sangat bagus pada paruh kedua musim 2019/2020. Sulit melihat mereka untuk tidak menjadi andalan Solskjaer lagi. Nick Wright menilai Solskjaer akan mengorbankan satu penyerang demi Van de Beek.

"Salah satu pilihan adalah mengorbankan salah satu penyerang lebar dan menggunakan berlian lini tengah," ucap Nick Wright.

"Ini akan memungkinkan Matic untuk tetap memegang peran bertahan dan Fernandes tetap di nomor 10, dan itu mungkin juga cocok untuk Pogba dan Van de Beek."

"Marcus Rashford dan Anthony Martial masih bisa bermain di sayap, dengan Van de Beek dan Pogba mampu mengambil posisi pencetak gol di kedua sisi sebagai gelandang box-to-box," tutup Nick Wright.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR