BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

2 Calon Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool: Julian Nagelsmann dan Pep Lijnders

19-03-2020 09:23 | Asad Arifin

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo

Bola.net - Jurgen Klopp kini tengah menapaki masa-masa indah bersama Liverpool. Akan tetapi, peluang untuk pindah ke klub lain sangat terbuka. Liverpool pun disebut punya dua kandidat ideal untuk menjadi penggantinya.

Jurgen Klopp sepakat meneken kontrak dengan Liverpool pada Oktober 2015 lalu. Pelan tetapi pasti, pria berusia 52 tahun mampu membawa The Reds ke persaingan top Eropa.

Musim 2018/2019 lalu, Jurgen Klopp mengantar Liverpool meraih gelar Liga Champions. Bahkan, mereka juga nyaris menjadi juara Premier League. The Reds hanya terpaut satu poin dari Man City yang menjadi juara.

Walau gagal mempertahankan gelar Liga Champions, performa Liverpool pada musim 2019/2020 ini mendapat banyak pujian. Liverpool tampil sangat konsisten di Premier League dan berada di ambang gelar juara.

1 dari 2 halaman

Menimbang Julian Nagelsmann Sebagai Pengganti Jurgen Klopp

Jurgen Klopp masih punya kontrak di Liverpool hingga Juni 2024. Akan tetapi, pria asal Jerman itu diyakini sangat mungkin pindah dari Liverpool sebelum kontraknya habis. Dia butuh tantangan baru.

Dikutip dari The Athletic, kini ada dua kandidat kuat yang mungkin menjadi pengganti Jurgen Klopp. Salah satunya Julian Nagelsmann.

Julian Nagelsmann sudah menjadi sorotan sejak sukses bersama Hoffenheim. Tidak ada gelar juara yang diraih, tetapi dia mampu membawa Hoffenheim ke Liga Champions. Roberto Firmino, salah satu pemain didikan Julian Nagelsmann.

Julian Nagelsmann kini melatih RB Leipzig dan punya kontrak jangka panjang. Dia baru saja mengukir rekor sebagai pelatih termuda yang mampu membawa timnya ke perempat final Liga Champions. Julian Nagelsmann baru berusia 32 tahun.

Julian Nagelsmann menjadi salah satu pelatih paling potensial di Eropa.

2 dari 2 halaman

Pep Lijnders, Kandidat Ideal Pengganti Jurgen Klopp

Nama kedua yang menjadi kandidat ideal pengganti Jurgen Klopp di Liverpool adalah Pep Lijnders. Dia bisa menjadi pilihan yang tepat karena sudah tidak asing dengan skuat lantaran selama ini menjadi asisten bagi Jurgen Klopp.

"Pep Lijnders sangat dihormati oleh para pemilik dan merupakan sosok yang populer di klub. Dia pasti akan menjadi bagian dari percakapan. Dia pasti akan menjadi pilihan yang juga menarik," kata jurnalis The Athletic, James Pearce.

Pep Lijnders mulai menjabat sebagai asisten Jurgen Klopp pada Juni 2018 lalu. Sebalumnya, pria asal Belanda pernah menjadi pelatih kepala klub NEC pada 2018. Pep Lijnders juga pernah menjadi asisten di Liverpool pada era Brendan Rodgers.

Sumber: The Athletic

KOMENTAR