BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

17 Tahun, Semusim, Mainkan 44 Laga: Birmingham Pensiunkan Nomor 22 Milik Jude Bellingham

24-07-2020 11:59 | Asad Arifin

Jude Bellingham, gelandang muda Birmingham City, melakukan selebrasi. (c) Dok. Twitter/@BCFC Jude Bellingham, gelandang muda Birmingham City, melakukan selebrasi. (c) Dok. Twitter/@BCFC

Bola.net - Keputusan menarik diambil klub Inggris, Birmingham City. Mereka memilih mempensiunkan nomor punggung 22 yang dipakai Jude Bellingham pada musim 2019/2020. Padahal, dia baru satu tahun bermain di tim utama.

Jude Bellingham mendapat sorotan atas aksinya pada musim 2019/2020. Dia mampu menembus tim utama The Blues. Jude Bellingham menjalani debut bersama tim senior pada usia 16 tahun.

Banyak yang klub yang terpikat dengan bakat besar yang dimiliki Jude Bellingham. Sempat dikabarkan dilirik Manchester United, Jude Bellingham akhirnya memilih pindah ke Jerman bersama Borussia Dortmund.

Jude Bellingham dibeli Dortmund dengan harga 25 juta pounds. Nilai itu menjadi rekor transfer paling mahal untuk pemain berusia 17 tahun. Bellingham menerima kontrak dengan durasi lima tahun di Dortmund.

1 dari 5 halaman

Pensiunkan Nomor Punggung 22

Gelandang Birmingham City, Jude Bellingham (c) Goal Iinternational Gelandang Birmingham City, Jude Bellingham (c) Goal Iinternational

Jude Bellingham hanya satu musim saja bermain di Birmingham. Ya, satu musim saja. Dari sisi prestasi, tak ada catatan spesial. Tak ada gelar juara yang diraih. Jude Bellingham juga tak mampu membawa Birmingham promosi ke Premier League.

Dalam satu musim penuh, Jude Bellingham memainkan 44 laga dengan catatan empat gol dan tiga assist.

"Dalam waktu yang sangat singkat, Jude Bellingham telah menjadi sosok ikonik di Blues, menunjukkan apa yang dapat dicapai melalui bakat, kerja keras, dan dedikasi," kata Birmingham City.

"Sikapnya yang bersahaja, rendah hati, dan menarik di luar lapangan juga telah membuatnya menjadi anutan yang mengesankan. Jersey nomor punggung 22 telah menjadi identik dengan Jude, promosi ke tim utama pada 16 tahun dan 38 hari dan kualitas-kualitas yang dimiliki."

"Dengan demikian klub telah memutuskan bahwa layak untuk mempensiunkan nomor ini, untuk mengingat salah satu dari kita dan untuk menginspirasi orang lain," tulis klub.

2 dari 5 halaman

Dikecam Fans Sendiri

Keputusan Birmingham menimbulkan respon pro dan kontra di kalangan fans. Keputusan Birmingham dianggap aneh. Pasalnya, Jude Bellingham baru satu musim membela klub dan belum memberikan gelar apa pun.

Memang benar Jude Bellingham telah menjadi ikon dalam waktu singkat. Dia juga meningkatkan uang di rekening Birmingham secara signifikan, tetapi dia belum memberi gelar apa pun pada klub.

Fans pun merespon keputusan Jude Bellingham dengan negatif. Ada yang menilai keputusan Jude Bellingham sebagai hal yang memalukan.

3 dari 5 halaman

Dibandingkan dengan Ronaldo

4 dari 5 halaman

Dibandingkan dengan Steven Gerrard

5 dari 5 halaman

Dibandingkan dengan Christian Eriksen

Sumber: Birmingham

KOMENTAR