BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

15 Kapten Paling Ikonik di Premier League (Bagian 1)

14-10-2020 19:09 | Serafin Unus Pasi

Roy Keane (c) AFP Roy Keane (c) AFP

Bola.net - Manchester United musim ini begitu banyak dikritik karena memiliki kapten yang dianggap kurang pantas dalam diri Harry Maguire. Hal tersebut pantas dilontarkan karena dalam sejarahnya Manchester United memiliki kapten-kapten yang pantas dengan sikapnya.

Tidak mudah menjadi seorang pemimpin di lapangan, dan tidak semua pemain bisa dengan baik mengemban tugas tersebut. Sikap yang tegas, kematangan dalam pribadinya, serta kedewasaan yang mampu memotivasi tim patut dimiliki seorang kapten.

Sikap tersebut yang menjadikan beberapa kapten Manchester United sebelumnya menjadi sosok kapten yang paling ikonik di Premier League. Di lima besar kapten terbaik setidaknya ada dua nama pemimpin Manchester United yang berada di antaranya.

Di lima besar kapten paling ikonik ini, nama-namanya begitu melekat dalam benak suporter. Peran sebagai kapten untuk menjembatani antara timnya dengan wasit atau menjadi perwakilan semua rekannya dalam sepak bola, sukses dijalankan pemain-pemain ini.

Lalu siapa saja lima besar kapten paling ikonik di Premier League? Berikut nama-namanya Bolaneters:

1 dari 5 halaman

5. Steve Bruce (Manchester United)

Steve Bruce (c) Ist Steve Bruce (c) Ist

Satu lagi pemain Manchester United yang menjadi kapten terbaik adalah Steve Bruce. Dalam kurun waktu 1992-1996, Steve Bruce sukses merajai Premier League dan menjadi juara tiga kali di masa jabatannya sebagai kapten.

Bersama Manchester United, Steve Bruce mencatatkan 247 kali penampilan dengan 28 gol. Steve Bruce yang merupakan bek tengah juga kerap menjadi penentu kemenangan timnya. Steve Bruce bersama Gary Pallister sukses membentuk benteng kokoh untuk Manchester United di era 90-an.

2 dari 5 halaman

4. Steven Gerrard

Steven Gerrard (c) AFP Steven Gerrard (c) AFP

Steven Gerrard merupakan kesayang fans Liverpool, loyalitasnya yang tinggi serta sifat kepemimpinannya yang kemudian membuat dirinya mendapatkan julukan ‘Kapten Fantastis’. Steven Gerrard telah menjadi pemimpin tim sejak tahun 2003 ketika usianya baru menginjak 23 tahun.

Sejak saat itu hingga 2015, Gerrard tidak tergantikan sebagai kapten tim. Masa jabatannya yang kemudian menjadikannya kapten dengan kurun waktu terlama untuk The Reds. Fans Liverpool pun begitu mencintainya dan sangat disayangkan Gerrard tidak pernah merasakan mengangkat trofi Premier League.

3 dari 5 halaman

3. Tony Adams (Arsenal)

Tony Adams (c) Colorsport Tony Adams (c) Colorsport

Tony Adams begitu melekat dengan Arsenal sampai-sampai dirinya dijuluki ‘Mr Arsenal’. Lebih dari sedekade Tony Adams hanya membela Arsenal, dan di tahun 1988 dirinya ditunjuk menjadi kapten The Gunners.

Tony Adams kala itu menjadi sosok yang sangat berpengaruh di Arsenal. Dirinya merupakan kapten yang banyak membantu perkembangan anak muda Arsenal. Bersama The Gunners, Tony Adams bahkan menjadi salah satu penantang Manchester United yang dulu begitu menguasai Premier League.

Total Tony Adams tampil sebanyak 404 kali bersama Arsenal, dengan membantu tim meraih gelar Premier League musim 1997/98 dan 2001/02.

4 dari 5 halaman

2. John Terry (Chelsea)

John Terry (c) AFP John Terry (c) AFP

Chelsea setelah Dennis Wise kembali memiliki kapten ikonik pada diri John Terry. Pemain bertahan ini menyerap betul bagaimana cara menjadi kapten dar sosok Dennis Wise. Bergabung dengan tim senior Chelsea pada tahun 1999, John Terry terus berkembang dan akhirnya menjadi kapten di tahun 2004.

Sebagai kapten Chelsea, John Terry merupakan sosok yang sangat berpengaruh untuk rekannya. Jiwa kepemimpinannya yang juga membuat Chelsea menggebrak Premier League dan menjadi juara pada musim 2004/05.

Setelahnya John Terry terus menjadi kapten hingga tahun 2017. Di bawah kepemimpinannya sebagai kapten Chelsea berubah menjadi klub top Premier League dan selalu menjadi unggulan juara di setiap musimnya.

5 dari 5 halaman

1. Roy Keane

Roy Keane (c) AFP Roy Keane (c) AFP

Pemain asal Irlandia ini tidak diragukan lagi merupakan legenda dan kapten terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Mengemban tugas sebagai kapten tim selepas kepergian Eric Cantona, Roy Keane berhasil menjadi sosok pemimpin yang mampu membangun gairah bermain rekannya.

Selama 13 musimnya bersama Setan Merah, Roy Keane terkenal dengan gaya permainan dan sikapnya yang keras. Pemain lain pun begitu menghargai dan segan dengan kharisma yang dimilikinya.

Dari 1997-2005 Roy Keane menjabat sebagai kapten, di waktu itu juga Manchester United mengalami kejayaan. Tiga musim berturut-turut United dibawanya juara dari musim 1998/99 hingga 2001/03 yang kemudian disusul gelar keempat yang didapatnya sebagai kapten pada musim 2002/03.

(Bola.net/Muhammad Raka Saputra)

KOMENTAR