BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

13 Pemain Akademi Manchester United yang Debut Era Solskjaer, Bagaimana Nasibnya?

05-03-2021 16:14 | Asad Arifin

Ole Gunnar Solskjaer (c) AP Photo
Ole Gunnar Solskjaer (c) AP Photo

Bola.net - Ole Gunnar Solskjaer memberi kesempatan pada banyak pemain muda sejak menjadi manajer Manchester United. Amad Diallo jadi salah satu pemain yang mendapat debut di United era Solskjaer.

Amad Diallo dibeli dari Atalanta pada awal musim 2020/2021 lalu, dengan harga 37 juta pounds. Dia baru bergabung pada Januari 2021 karena faktor administrasi.

Setelah tampil bagus di tim muda, sebagai wadah adaptasi, Diallo mendapat debut pada laga melawan Real Sociedad di Liga Europa.

Selain Diallo, Solskjaer juga memberi debut pada 13 pemain muda lain. Menariknya, mereka berasal dari akademi United. Siapa saja dan bagaimana nasib mereka saat sekarang? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 13 halaman

Tahith Chong

Ole Gunnar Solskjaer dan Tahith Chong (c) MUFC
Ole Gunnar Solskjaer dan Tahith Chong (c) MUFC

Tahith Chong jadi pemain akademi pertama yang debut di tim senior pada Tahith Chong. Pemain asal Belanda dimainkan saat United berjumpa Reading di Piala FA, Januari 2019 silam.

Tahith Chong menjadi andalan Solskjaer untuk laga fase grup Liga Europa 2019/2020 lalu. Dia memainkan enam laga.

Musim Chong, dia dipinjamkan ke Werder Bremen. Gagal bersinar di Bundesliga, pada Januari 2021 lalu, Chong ditarik oleh United untuk kemudian dipinjamkan ke Club Bruges.

2 dari 13 halaman

James Garner

James Garner bersama Solskjaer di laga Astana vs Manchester United. (c) AP Photo
James Garner bersama Solskjaer di laga Astana vs Manchester United. (c) AP Photo

Garner menjalani debutnya ketika masih berusia 17 tahun. Dia menggatikan peran Fred pada duel melawan Crystal Palace, Februari 2019 lalu. Solskjaer menilai dia punya potensi besar.

"Dia punya kesempatan untuk punya masa depan yang cerah. Kami sangat percaya bahwa dia adalah Michael Carrick selanjutnya," kata Solskjaer.

Garner dipinjamkan ke Watford pada paruh pertama musim 2020/2021. Dia tampil bagus, tetapi dikembalikan karena klub berganti pelatih. Pemain 19 tahun kini dipinjamkan ke Nottingham Forest.

3 dari 13 halaman

Di?Shon Bernard

Bernard tidak akan melupakan laga debutnya di tim senior United. Sebab, dia membuat gol bunuh diri dan mengakibatkan Setan Merah kalah dengan skor 2-1 dari Astana di liga Europa musim lalu.

Sejak laga debutnya itu, Bernard belum pernah bermain lagi di tim utama United.

Bek berusia 20 tahun dipinjamkan ke Salford City pada awal musim 2020/2021 lalu. Dia menjadi pemain kunci bagi klub League Two dengan 20 penampilannya.

4 dari 13 halaman

Ethan Laird

Ethan Laird memainkan dua laga di fase grup Liga Europa musim 2019/2020 lalu. Dia bermain penuh saat United kalah dari Astana, yang menjadi debutnya. Lalu, tampil sebagai pengganti saat United berjumpa AZ Alkmaar.

Ethan Laird promosi ke tim utama United pada Juli 2020. Dia pun berlatih secara reguler, tetapi tidak lagi mendapat kesempatan bermain.

Pada Januari 2021 lalu, Ethan Laird dipinjamkan ke MK Dons yang bermain di League One.

5 dari 13 halaman

Brandon Williams

Bek Manchester United, Brandon Williams (c) AP Photo
Bek Manchester United, Brandon Williams (c) AP Photo

Williams menjalani debutnya pada laga EFL Cup, September 2019 lalu. Sejak saat itu, dia mulai mendapat kepercayaan dari Solskjaer dan secara reguler tampil untuk tim senior.

Pemain 20 tahun memainkan 17 laga di Premier League musim 2019/2020 lalu. Namun, kedatangan Alex Telles membuat menit bermainnya turun secara signifikan pada musim 2020/2021.

Sempat disebut akan dipinjamkan pada Januari 2021 lalu, Williams tetap bermain di United saat ini.

6 dari 13 halaman

Dylan Levitt

Pemain Manchester United, Dylan Levitt (c) MUFC
Pemain Manchester United, Dylan Levitt (c) MUFC

Dylan Levitt mendapat pujian saat memainkan debutnya ketika United berjumpa Astana di Liga Europa. Di tengah kekalahan mengejutkan United dengan skor 2-1, Dylan Levitt dinilai tampil bagus di lini tengah.

Dylan Levitt belum berhasil naik ke tim utama United. Musim ini, dia dipinjamkan ke Charlton selama setengah musim. Pada paruh kedua, dia pindah ke klub Kroasia yakni Istra 1961.

Walau belum mampu menembus tim utama United, Levitt jadi andalan Ryan Giggs di timnas Wales.

7 dari 13 halaman

D?Mani Mellor

Mellor menggantikan Tahith Chong saat United kalah dari Astana di Liga Europa. Dia dimainkan pada menit ke-35 dan ini adalah laga debutnya bersama tim senior Setan Merah.

Setelah mendapatkan debut, dia tak lagi masuk dalam tim utama United. Mellor kembali bermain di tim U-23. Namanya tenggelam menyusul apiknya performa Mason Greenwood.

8 dari 13 halaman

Mason Greenwood

Selebrasi Mason Greenwood usai membobol gawang West Ham (c) MUFC Official
Selebrasi Mason Greenwood usai membobol gawang West Ham (c) MUFC Official

Greenwood jadi pemain debutan paling gemilang pada era Solskjaer. Dia disiapkan dalam proyek jangka panjang Setan Merah. Bahkan, dia kemudian juga dipanggil untuk membela timnas Inggris.

Musim 2020/2021 bukan musim yang mudah bagi Greenwood. Pemain 19 tahun baru mencetak satu gol dari 21 laga di Premier League.

Greenwood menjalani debutnya saat United bermain melawan PSG di Liga Champions, Maret 2020 lalu.

9 dari 13 halaman

Largie Ramazani

Ramazani debut ketika United kalah dari Astana di fase grup Liga Europa musim 2019/2020. Ramazani dimainkan pada menit ke-84 untuk menggantikan peran James Garner.

Ramazani kesulitan bersaing di tim utama United. Ramazani menolak tawaran kontrak dari United. Dia pindah ke Almeria pada awal musim 2020/2021 dengan status bebas transfer.

Ramazani telah memainkan 14 laga dan mencetak dua gol di Segunda Division.

10 dari 13 halaman

Ethan Galbraith

Ethan Galbraith (c) IFA
Ethan Galbraith (c) IFA

Galbraith dimainkan pada menit ke-89 ketika United berjumpa Astana di fase grup Liga Europa 2019/2020. Ketika itu, Galbraith dimasukkan untuk menggantikan Angel Gomes.

United kalah dengan skor 2-1 ketika Galbraith menjalani debut.

Setelah menjalani debutnya, Ethan Galbraith belum pernah tampil untuk tim utama lagi. Gelandang 19 tahun membela tim U-23 yang tampil di Premier League 2. Dia mencetak dua gol dari 14 laga.

11 dari 13 halaman

Teden Mengi

Pemain muda Manchester United, Teden Mengi. (c) Manchester United Official
Pemain muda Manchester United, Teden Mengi. (c) Manchester United Official

Teden Mengi menjalani debut pada musim 2019/2020 lalu. Dia tampil ketika United berjumpa LASK pada laga Liga Europa. Sebelum debut, dia tampil bagus untuk tim U-23 dan U-18.

"Dia adalah pemimpin, bek tengah yang bagus. Dia satu angkatan dengan Mason Greenwood. Mereka berkembang bersama," ucap Solskjaer pada BT Sport.

United meminjamkan Teden Mengi ke Derby County pada Januari 2021 lalu. Sang pemain kini berada di bawah kendali legenda hidup United, Wayne Rooney.

12 dari 13 halaman

Dean Henderson

Dean Henderson (c) AP Photo
Dean Henderson (c) AP Photo

Henderson harus melewati jalan yang panjang sebelum mendapat debut di Manchester United. Dia lebih dulu dipinjamkan ke empat tim berbeda sebelum debut pada musim 2020/2021.

Henderson dinilai tampil cukup bagus ketika dimainkan. Walau belum menjadi pilihan utama, kiper 23 tahun itu dinilai bisa menjadi aset penting di masa depan United.

Henderson telah memainkan empat laga di Premier League dengan satu cleansheet.

13 dari 13 halaman

Shola Shoretire

Pemain Manchester United Shola Shoretire. (c) AP Photo
Pemain Manchester United Shola Shoretire. (c) AP Photo

Shoretire menjadi pemain terbaru yang mendapat debut dari Solskjaer. Shoretire menjalani laga debutnya pada usia 17 tahun, ketika tampil di laga melawan Newcastle.

Shoretire tercatat sebagai pemain kedua paling muda yang debut di United.

Shoretire disebut-sebut bakal membuat United melupakan Jadon Sancho. Dia telah bermain apik di tim cadangan. Shoretire mencetak enam gol dari 14 laga di Premier League 2.

Sumber: Planet Football

KOMENTAR