BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

11 Pemain yang Bisa Ditendang Solskjaer dari Manchester United Musim Depan

25-03-2021 12:34 | Asad Arifin

Momen pergantian pemain Manchester United dalam duel kontra Leicester City, FA Cup 2020/21. (c) AP Photo Momen pergantian pemain Manchester United dalam duel kontra Leicester City, FA Cup 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Musim 2021/2022 diyakini bakal menjadi momen krusial bagi Manchester United. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer diyakini akan menjadi penantang gelar juara Premier League.

Pada musim 2020/2021, United mampu bersaing di papan atas dan sempat berada di puncak klasemen. Walau akhirnya tertinggal jauh dari Manchester City, United dinilai punya modal bagus untuk musim depan.

Solskjaer telah membidik banyak amunisi baru untuk musim depan. Di sisi lain, beberapa pemain mungkin harus angkat kaki dari Old Trafford karena kontribusi yang minim atau tidak sesuai harapan.

Manchester Evening News membuat poling tentang siapa pemain United yang bisa ditendang pada musim depan. Berikut adalah 11 pemain yang masuk dalam nominasi tersebut.

1 dari 11 halaman

Phil Jones

Phil Jones (c) Coral Phil Jones (c) Coral

Fans Manchester United mungkin lupa jika ada pemain bernama Phil Jones. Sebab, dia mengalami cedera untuk waktu yang sangat panjang. Sampai sekarang, tidak ada informasi yang pasti soal kondisi pemain 29 tahun.

Sejak 2020 lalu, Phil Jones hanya sekali bermain untuk United. Momen itu terjadi pada Januari 2020, ketika United berjumpa Tranmere Rovers di Piala FA. Saat itu, Jones mencetak gol dan United menang 6-0.

2 dari 11 halaman

Andreas Pereira

Pemain Manchester United, Fred, ikut merayakan gol yang dicetak Andreas Pereira ke gawang LASK dalam laga Liga Europa hari Jumat (13/3/2020). (c) AP Photo Pemain Manchester United, Fred, ikut merayakan gol yang dicetak Andreas Pereira ke gawang LASK dalam laga Liga Europa hari Jumat (13/3/2020). (c) AP Photo

Pereira gagal tampil sesuai harapan di Manchester United. Dia sempat menjadi pilihan utama pada musim 2019/2020, tetapi gagal tampil memikat. Kedatangan Bruno Fernandes membuatnya tenggelam.

Musim ini, Pereira dipinjamkan ke Lazio. Mantan pemain Brasil U-20 ini gagal menembus tim utama Lazio. Dari 18 laga yang dimainkan di Serie A, dia hanya dua kali tampil sebagai pemain inti, dan sekali bermain penuh.

3 dari 11 halaman

Sergio Romero

Kiper Manchester United, Sergio Romero (c) AP Photo Kiper Manchester United, Sergio Romero (c) AP Photo

Romero harusnya sudah bisa angkat kaki dari United sejak awal musim 2020/2021. Servisnya jelas sudah dibutuhkan Solskjaer karena sudah ada David de Gea dan Dean Henderson sebagai penjaga gawang utama.

Namun, entah mengapa United belum melepas Romero. Kontrak kiper asal Argentina akan habis pada Juni 2021 nanti. Romero disebut punya kontak yang bagus dengan Boca Juniors, calon klub barunya musim depan.

4 dari 11 halaman

Nemanja Matic

Nemanja Matic (Manchester United) vs Adnan Januzaj (Real Sociedad) (c) LaPresse via AP Nemanja Matic (Manchester United) vs Adnan Januzaj (Real Sociedad) (c) LaPresse via AP

Matic masih menjadi pemain yang penting bagi lini tengah United. Akan tetapi, performa pemain asal Serbia itu menurun drastis pada musim ini. Dia baru 10 kali tampil sebagai pemain inti di Premier League.

Matic sudah punya Scott McTominay yang tampil bagus di lini tengah. Setan Merah juga disebut tengah membidik Declan Rice. Jika transfer itu terealisasi, maka melepas Matic bukan perkara sulit bagi United.

5 dari 11 halaman

Juan Mata

Juan Mata mengeksekusi penalti di pertandingan Luton vs MU (c) AP Photo Juan Mata mengeksekusi penalti di pertandingan Luton vs MU (c) AP Photo

Juan Mata meneken kontrak baru berdurasi 12 bulan pada musim lalu. United merasa membutuhkan jasa Juan Mata, baik secara teknis maupun karena sosoknya sebagai pemain senior yang punya pengalaman.

Musim ini, peran Juan Mata di atas lapangan sangat minim. Dia belum pernah bermain penuh pada laga Premier League. Kontrak Juan Mata akan habis pada Juni 2021 dan belum ada tanda-tanda akan meneken kontrak baru.

6 dari 11 halaman

Anthony Martial

Anthony Martial saat beraksi di laga Manchester City vs Manchester United di Etihad Stadium, Minggu (07/03/2021) malam WIB. (c) Pool EPA via AP Photo Anthony Martial saat beraksi di laga Manchester City vs Manchester United di Etihad Stadium, Minggu (07/03/2021) malam WIB. (c) Pool EPA via AP Photo

Martial menjadi mesin gol United musim 2019/2020 lalu. Dia mencetak 17 gol di Premier League. Namun, pada musim 2020/2021, pemain asal Prancis baru mampu mencetak empat gol hingga pekan ke-29.

Martial mendapat banyak kritik dari fans United atas performanya musim ini. Bahkan, namanya kini mulai diisukan bakal masuk daftar jual United seiring minat klub pada Erling Haaland yang tidak pernah padam.

7 dari 11 halaman

Jesse Lingard

Pemain West Ham, Jesse Lingard, merayakan golnya ke gawang Tottenham dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (21/2/2021). (c) AP Photo Pemain West Ham, Jesse Lingard, merayakan golnya ke gawang Tottenham dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (21/2/2021). (c) AP Photo

Lingard mungkin akan menjadi dilema tersendiri bagi Solskjaer. Sebab, pemain 28 tahun terbukti mampu tampil bagus bersama West Ham. Lingard mencetak lima gol dari tujuh laga Premier League.

Jumlah gol Lingard untuk West Ham sama dengan capainnya pada musim 2019/2020 dan 2018/2019 bersama United.

Solskjaer mungkin harus melepas Lingard demi kebaikan sang pemain. Lingard pun nampaknya akan sangat senang jika terus bermain bersama West Ham di bawah kendali David Moyes.

8 dari 11 halaman

Lee Grant

Lee Grant menjalani debutnya di Liga Europa saat berusia 36 tahun 305 hari. (c) Manchester United Twitter Lee Grant menjalani debutnya di Liga Europa saat berusia 36 tahun 305 hari. (c) Manchester United Twitter

Lee Grant memang bukan pilihan utama di posisi penjaga gawang. Dia juga sangat jarang dimainkan walau sudah bermain untuk United sejak 2018 lalu. Statusnya hanya kiper ketiga.

Kontrak Lee Grant akan habis pada Juni 2021. United juga tidak punya rencana memberikan kontrak baru pada pemain berusia 28 tahun tersebut.

9 dari 11 halaman

David de Gea

Kiper Manchester United, David De Gea (c) Pool via AP Kiper Manchester United, David De Gea (c) Pool via AP

David de Gea masih menjadi pilihan utama Ole Gunnar Solskajer di bawah mistar gawang United. Namun, kiper 30 tahun kini mendapat pesaing yang berada di level sama dengannya yakni Dean Henderson.

Performa De Gea dianggap menurun dalam dua musim terakhir. Musim ini, dia sempat absen dari United karena alasan pribadi. Ketika eks Atletico Madrid absen, Henderson mampu tampil cukup bagus.

10 dari 11 halaman

Tahith Chong

Thahith Chong (c) MUFC Thahith Chong (c) MUFC

Tahith Chong disebut-sebut sebagai salah satu calon bakat besar dari akademi United. Akan tetapi, pemain 21 tahun belum mampu menunjukkan performa yang memuaskan di tim senior.

Pada awal musim 2020/2021 ini, dia dipinjamkan ke Werder Bremen. Dia gagal menembus tim inti dan bermain reguler di Bundesliga. Kini, dia dipinjamkan ke klub Belgia, Club Bruges.

11 dari 11 halaman

Fred

Fred melakukan protes usai mendapatkan kartu merah di laga melawan PSG (c) AP Photo Fred melakukan protes usai mendapatkan kartu merah di laga melawan PSG (c) AP Photo

Fred sejatinya pemain yang cukup diandalkan Manchester United pada musim 2020/2021. Dia acap kali tampil menentukan pada laga-laga penting. Bukan lewat gol atau assist, tapi pergerakan, kerja tim, dan etos kerjanya.

Namun, gelandang asal Brasil ini beberapa kali membuat kesalahan fatal. Dia mendapat kartu merah yang buruk saat berjumpa PSG di Liga Champions. Terbaru, Fred membuat blunder saat berjumpa Leicester City.

Sumber: Manchester Evening News

KOMENTAR