BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

10 Transfer Termahal Premier League di Bulan Januari: Dari Willian Hingga Van Dijk

14-01-2021 11:30 | Richard Andreas

Virgil Van Dijk (c) Pool Reuters via AP Photo Virgil Van Dijk (c) Pool Reuters via AP Photo

Bola.net - Bursa transfer Januari biasanya tidak terlalu ramai, hanya sejumlah klub yang mau mengambil risiko mendatangkan pemain di pertengahan musim. Namun, di Premier League, ada beberapa pembelian Januari yang mencuri perhatian.

Umumnya, pembelian pemain di bulan Januari dilakukan dalam langkah darurat untuk memperbaiki masalah tim. Misalnya urgensi membeli bek tengah untuk memperbaiki pertahanan atau keperluan membeli pencetak gol.

Benar bahwa bursa transfer Januari tak sebesar bursa transfer musim panas, sirkulasi uang tidak terlalu masif. Meski begitu, di Premier League sendiri terbukti ada beberapa pembelian mahal di pertengahan musim.

Sebagian gagal, sebagian berhasil, yang jelas transfer ini mencuri perhatian karena harga selangit. Mengutip Express, berikut 10 besar transfer termahal klub Premier League di bulan Januari:

1 dari 10 halaman

10. Willian - Anzhi Makhachkala ke Chelsea (30 juta pounds)

Willian (c) AP PhotoWillian (c) AP Photo

Sempat dibidik Liverpool dan Tottenham, Willian memilih hengkang ke Chelsea pada Januari 2013. The Blues membayar 30 juta pounds ke klub rusia, Anzi Makhachkala.

Tujuh tahun bermain di Stamford Bridge, winger Brasil ini mengoleksi dua gelar Premier League, satu Piala FA, satu Piala Liga, dan trofi Liga Europa.

2 dari 10 halaman

9. Edin Dzeko - Wolfsburg ke Manchester City (31,5 juta pounds)

Edin Dzeko (c) AFPEdin Dzeko (c) AFP

Dzeko menuntaskan transfer seebsar 31,5 juta pounds dari Wolfsburg ke Manchester City pada Januari 2011, lalu menghabiskan lima tahun di Etihad Stadium.

Dia tiba di era Roberto Mancini dan pernah jadi striker andalan Man City. Total 50 gol dalam 150 pertandingan Premier League jadi bukti ketajaman Dzeko pada masanya.

3 dari 10 halaman

8. Andy Carroll - Newcastle ke Liverpool (35 juta pounds)

Andy Carroll (c) LFCAndy Carroll (c) LFC

Januari 2011, Liverpool memboyong Caroll dari Newcastle City dengan biaya 35 juta pounds. Kenny Dalglish menilai Carroll sosok yang tepat untuk menggantikan peran Fernando Torres yang hengkang ke Chelsea.

Sayangnya Carrol ternyata gagal mencapai permainan terbaiknya di Anfield. Dia hanya mencetak 6 gol dalam 44 penampilan.

4 dari 10 halaman

7. Juan Mata - Chelsea ke Manchester United (37,1 juta pounds)

Playmaker Manchester United, Juan Mata (c) AP PhotoPlaymaker Manchester United, Juan Mata (c) AP Photo

Transfer mengejutkan, tidak ada yang menduga Chelsea akan merelakan Mata ke Manchester United pada Januari 2014.

Saat itu Mata masih ada di puncak permainannya, jelas dipertanyakan. Kini, di usia 32 tahun, Mata masih bermain untuk MU dan telah mengoleksi empat gelar mayor.

5 dari 10 halaman

6. Bruno Fernandes - Sporting Lisbon ke Manchester United (46,5 juta pounds)

Bruno Fernandes (c) Pool Reuters via AP PhotoBruno Fernandes (c) Pool Reuters via AP Photo

Transfer yang paling sering dibicarakan setahun terakhir. MU memutuskan megambil risiko mendatangkan Bruno di pertengahan musim, hasilnya luar biasa.

Kini, setelah sekitar satu tahun di Old Trafford, sulit membantah pentingnya Bruno untuk Setan Merah. Dialah bintang utama pasukan Solskjaer saat ini dengan total 19 gol dalam 31 penampilan di Premier League.

6 dari 10 halaman

5. Fernando Torres - Liverpool ke Chelsea (50 juta pounds)

Fernando Torres (c) AFPFernando Torres (c) AFP

Kehilangan besar Liverpool. Torres merupakan salah satu striker terbaik Premier League pada masanya, dia bisa mencetak gol-gol indah yang sulit bagi pemain lain.

Striker Spanyol ini kemdian menghabiskan empat tahun di Chelsea, sayangnya performanya tidak sebaik saat mengenakan kostum merah. Dia hanya mencetak 20 gol dalam 110 penampilan.

7 dari 10 halaman

4. Pierre-Emerick Aubameyang - Borussia Dortmund ke Arsenal (56 juta pounds)

Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. (c) AP PhotoStriker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. (c) AP Photo

Sebelum hengkang ke Arsenal, Aubameyang dikenal sebagai salah satu striker paling tajam di Eropa. Karena itulah transfer ini diacungi jempol, Arsenal membeli pemain yang tepat.

Terbukti, sejak saat itu Aubameyang jadi pencetak gol utama The Gunners dengan total 57 gol pada 100 penampilan di Premier League. Sayangnya di musim 2020/21 ini performanya sedikit menurun.

8 dari 10 halaman

3. Aymeric Laporte - Athletic Bilbao ke Manchester City (57,2 juta pounds)

Aymeric Laporte dalam pertandingan antara Manchester City melawan Leicester City di Etihad Stadium, 6 Mei 2019. (c) AP PhotoAymeric Laporte dalam pertandingan antara Manchester City melawan Leicester City di Etihad Stadium, 6 Mei 2019. (c) AP Photo

Pembelian darurat Man City untuk memperbaiki masalah di lini belakang, dan hasilnya terbukti sangat memuaskan.

Tiba di Januari 2018, transfer Laporte mencuri perhatian karena harga yang cukup mahal. Kini tak ada lagi yang bicara soal harga, dia jadi salah satu pemain terpenting dalam skuad Guardiola.

9 dari 10 halaman

2. Christian Pulisic - Borussia Dortmund ke Chelsea (57,5 juta pounds)

Penyerang Chelsea, Christian Pulisic. (c) AP PhotoPenyerang Chelsea, Christian Pulisic. (c) AP Photo

Pembelian Pulisic tuntas pada Januari 2019, tapi dia baru bergabung pada awal musim 2019/20. Performanya bersama Chelsea terbilang apik, sayangnya sering dihantam cedera.

Musim 2020/21 ini seharusnya jadi kesempatan terbaik Pulisic untuk membuktikan diri. Dia baru pulih, mulai menemukan ritme, dan tampak berbahaya di lini serang Chelsea.

10 dari 10 halaman

1. Virgil van Dijk - Southampton ke Liverpool (75 juta pounds)

Virgil Van Dijk (c) Pool Reuters via AP PhotoVirgil Van Dijk (c) Pool Reuters via AP Photo

Salah satu pembelian terbaik Liverpool. Jurgen Klopp tahu timnya bermasalah di lini belakang, dan dia membeli pemain yang tepat dalam nama Van Dijk.

Sejak kedatangannya, Van Dijk meningkatkan kekuatan tim Liverpool secara signifikan. Dia mendongkrak rasa percaya diri bek-bek lain dan membuat para penyerang lebih tenang karena tahu pertahanan sudah aman.

Sumber: Express

KOMENTAR