10 Transfer Termahal Premier League 2022/2023 Sejauh Ini

Ari Prayoga | 1 Juli 2022, 15:55
Bola resmi Premier League musim 2022-2023 (c) Premier League/Nike
Bola resmi Premier League musim 2022-2023 (c) Premier League/Nike

Bola.net - Daftar transfer pemain termahal Premier League di musim panas 2022. Banyak klub sudah melakukan gerak cepat dengan merekrut pemain di awal jendela transfer kali ini.

Meski jendela transfer musim panas baru saja dibuka, sudah banyak kepindahan pemain top yang terjadi. Bahkan, beberapa dari mereka direkrut dengan biaya yang sangat mahal.

Terbaru, Tottenham resmi memboyong striker asal Brasil, Richarlison dari sesama klub Premier League, Everton.

Setelah ini, diyakini masih bakal banyak transfer mahal yang dilakukan klub-klub top Inggris. Karena itu, bursa transfer musim panas ini sangat menarik untuk diikuti.

Lantas, siapa sajakah para pemain yang sejauh ini masuk dalam daftar 10 transfer termahal Premier League di musim panas 2022? Berikut daftar selengkapnya.

1 dari 10 halaman

Taiwo Awoniyi

Taiwo Awoniyi bergabung dengan Nottingham Forest (c) NFFC

Taiwo Awoniyi bergabung dengan Nottingham Forest (c) NFFC

Sabtu, 23 Juni 2022 lalu, klub promosi Nottingham Forest mengumumkan perekrutan striker Taiwo Awoniyi dari klub Bundesliga, Union Berlin.

Catatan 20 gol dari 43 laga yang dicetak Awoniyi musim 2021/22 kemarin menjadi alasan terbesar Forest rela merogoh kocek senilai 20,5 juta euro untuk memboyong Awoniyi ke Premier League.

Awoniyi sendiri sempat mencuri perhatian pada 2015 silam kala ia mendapat kontrak profesional dari Liverpool. Sayang, ia tak pernah bermain untuk tim utama The Reds.

Hingga 2021 kemarin, Awoniyi sebenarnya masih berstatus pemain Liverpool. Namun, ia selalu dipinjamkan ke klub lain sebelum akhirnya dipermanenkan Union Berlin.

2 dari 10 halaman

Yves Bissouma

Yves Bissouma resmi bergabung dengan Tottenham (c) THFC

Yves Bissouma resmi bergabung dengan Tottenham (c) THFC

Bissouma menempati peringkat sembilan dalam daftar pembelian termahal klub Premier League di musim panas 2022 ini. Bissouma baru saja direkrut Tottenham dari Brighton dengan biaya senilai 25 juta poundsterling atau setara 29,2 juta euro.

Nama Bissouma sempat dikaitkan dengan Arsenal. Lalu, dia juga disebut sebagai salah satu kandidat pengganti Nemanja Matic di United. Tapi, dua klub peminat Bissouma tersebut harus menelan kekecewaan.

Bissouma menjadi pemain baru ketiga Tottenham pada awal musim 2022/2023 ini. Sebelum Bissouma, Tottenham lebih dulu merampungkan transfer Ivan Perisic dan Fraser Forster. Kedua pemain itu datang dengan status free transfer alias gratis.

3 dari 10 halaman

Diego Carlos

Frenkie De Jong adu udara lawan Diego Carlos di laga Barcelona vs Sevilla di laga pekan ke-30 La Liga di Camp Nou, Senin (04/04/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Frenkie De Jong adu udara lawan Diego Carlos di laga Barcelona vs Sevilla di laga pekan ke-30 La Liga di Camp Nou, Senin (04/04/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Pada 1 Juni 2022 lalu, Aston Villa mengumumkan bahwa mereka resmi merekrut Diego Carlos dari Sevilla. Biaya transfer bek 29 tahun itu mencapai 31 juta euro.

Penampilan impresif Carlos bersama Sevilla dalam beberapa musim terakhir membuat bek asal Brasil itu sejatinya diincar sejumlah klub top Eropa.

Namun, alih-alih bergabung dengan klub seperti Liverpool, Real Madrid, atau Manchester United, Carlos ternyata lebih memilih untuk menerima pinangan Aston Villa.

4 dari 10 halaman

Brenden Aaronson

Brenden Aaronson bergabung dengan Leeds United (c) LUFC

Brenden Aaronson bergabung dengan Leeds United (c) LUFC

Aaronson menempati peringkat ketujuh dalam pemain dengan biaya transfer termahal di Premier League pada musim panas 2022 ini. Ia direkrut Leeds United dari Salzburg dengan biaya 32,84 juta euro.

Penampilan apik Aaronson sejak di Philadelphia Union dan kemudian Salzburg membuatnya mendapat julukan sebagai 'Medford Messi'.

Setelah semusim setengah membela Salzburg, kini Aaronson siap meramaikan Premier League dengan menerima pinangan Leeds.

5 dari 10 halaman

Nayef Aguerd

Nayef Aguerd bergabung dengan West Ham (c) WHUFC

Nayef Aguerd bergabung dengan West Ham (c) WHUFC

Selasa, 21 Juni 2022 kemarin, West Ham resmi memboyong bek tengah Nayef Aguerd dari klub Ligue 1, Rennes dengan biaya mencapai 35 juta euro.

Aguerd merupakan perekrutan pertama West Ham pada jendela transfer musim panas ini. The Hammers memang membutuhkan tambahan pemain karena musim anyar ini mereka juga akan berlaga di ajang UEFA Europa Conference League.

Sebelum Rennes, Aguerd sempat memperkuat Dijon. West Ham tentu berharap bek asal Maroko itu takkan membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi dengan sepak bola Inggris.

6 dari 10 halaman

Fabio Vieira

Fabio Vieira. (c) arsenal.com

Fabio Vieira. (c) arsenal.com

Jumat (17/6/2022) lalu, Porto mengonfirmasi bahwa mereka telah sepakat untuk melepas Vieira ke Arsenal dengan biaya transfer total mencapai 40 juta euro.

Dari jumlah tersebut, 35 juta euro dibayarkan di awal dan 5 juta euro sisanya dibayarkan dalam bentuk biaya tambahan jika beberapa syarat terpenuhi.

Musim 2021/22 kemarin Vieira tampil luar biasa dengan mencatatkan enam gol dan 14 assist di Liga Portugal. Wajar jika Arsenal sangat kepincut dengannya.

7 dari 10 halaman

Sven Botman

Sven Botman bergabung dengan Newcastle (c) NUFC

Sven Botman bergabung dengan Newcastle (c) NUFC

Selasa (28/6/2022) kemarin, Newcastle meresmikan perekrutan Sven Botman dari klub Ligue 1, Lille. Biaya transfer bek 22 tahun itu kabarnya berada di angka 37 juta euro.

Newcastle sebelumnya sudah pernah mencoba untuk mendaratkan Botman pada bursa transfer Januari lalu. Namun, saat itu The Magpies menemui kegagalan.

Sebelum resmi dipinang Newcastle, Botman sejatinya sempat menjadi incaran sejumlah klub top Eropa, mulai dari AC Milan, Manchester United, hingga Arsenal.

8 dari 10 halaman

Richarlison

Selebrasi gol Richarlison saat Brasil menang 4-0 dari Bolivia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 (c) AP Photo

Selebrasi gol Richarlison saat Brasil menang 4-0 dari Bolivia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 (c) AP Photo

Lewat laman resmi mereka, Tottenham pada Jumat (1/7/2022) mengumumkan bahwa Richarlison mendapat kontrak berdurasi lima tahun atau hingga 30 Juni 2027 mendatang.

Meski tak disebutkan secara rinci, akan tetapi media-media Inggris mengklaim bahwa Tottenham harus merogoh kocek senilai 60 juta poundsterling (69,5 juta euro) untuk menggaet Richarlison.

Dari jumlah tersebut, Tottenham kabarnya membayar di awal senilai 50 juta poundsterling (58 juta euro), dan sisanya dalam bentuk bonus tergantung pencapaian.

9 dari 10 halaman

Erling Haaland

Manchester City meresmikan transfer Erling Haaland (c) Man City Official

Manchester City meresmikan transfer Erling Haaland (c) Man City Official

Pada jendela transfer musim panas ini, Manchester City merekrut Haaland dari klub Bundesliga, Borussia Dortmund dengan biaya transfer kurang lebih 60 juta euro.

Di Manchester City, striker asal Norwegia itu mendapat kontrak selama lima tahun dengan besaran gaji 400 ribu poundsterling per pekan, salah satu yang tertinggi di Premier League.

Haaland yang memiliki catatan gol luar biasa bersama Dortmund pun diyakini akan langsung menjadi andalan di lini depan tim asuhan Pep Guardiola.

10 dari 10 halaman

Darwin Nunez

Striker Liverpool, Darwin Nunez (c) LFC

Striker Liverpool, Darwin Nunez (c) LFC

Rabu (15/6/2022) dini hari WIB, Liverpool resmi mengumumkan perekrutan Nunez. Dua hari sebelumnya, Benfica lebih dahulu menyatakan bahwa mereka melepas Nunez dengan biaya transfer awal senilai 75 juta euro.

Benfica juga menambahkan bahwa dalam kesepakatan ini terdapat sejumlah klausul yang membuat Liverpool bisa membayar biaya tambahan hingga biaya totalnya mencapai 100 juta euro.

Kini, Darwin Nunez siap memulai petualangan baru bersama Liverpool. Menarik dinanti bagaimana kontribusi penyerang 22 tahun itu untuk The Reds di musim anyar ini.

Sumber: Transfermarkt

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR