BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

10 Pemain Terbaik Liverpool Sepanjang Masa (Bagian 1)

29-09-2020 17:44 | Serafin Unus Pasi

Skuat Liverpool merayakan gelar juara Premier League 2019-20. (c) Pool Getty via AP Photo Skuat Liverpool merayakan gelar juara Premier League 2019-20. (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Liverpool menjadi salah satu klub yang kaya akan sejarah, memiliki suporter yang fanatik hingga tempatnya pemain-pemain hebat bersinggah. Klub asal Merseyside ini bahkan tercatat memiliki raihan trofi yang melimpah.

Total Liverpool telah meraih 48 trofi di berbagai ajang, yang semuanya lahir berkat adanya pemain-pemain top. Dua musim ke belakang bahkan Liverpool telah menjadi mengukuhkan dirinya sebagai tim hebat. Raihan trofi Liga Champions dan penantian 30 tahun untuk Premier League menjadi buktinya.

Meskipun melalui penantian selama 30 tahun, Liverpool dalam sejarahnya telah menjadi tim yang dominan di Inggris pada era 80-an. Musim ini Liverpool kembali dengan beberapa pemain andalannya yang mungkin akan menyusul pemain terbaik lainnya di buku sejarah Liverpool.

Lewat raihan trofi dan kontribusinya telah ada beberapa pemain yang disebut-sebut sebagai pemain terbaik Liverpool. Lalu siapa saja nama-nama yang disebut sebagai pemain terbaik Liverpool, berikut di antaranya:

1 dari 5 halaman

1. Jamie Carragher

Jamie Carragher (c) AFP Jamie Carragher (c) AFP

Di era 2000-an Liverpool begitu tangguh di lini pertahanan mereka. Hal tersebut tidak jauh dari kontribusi Jamie Carragher yang begitu setia berada di Liverpool. Carragher bahkan mengabdikan 17 tahun karir profesionalnya hanya untuk Liverpool.

Dengan total 737 kali penampilan Jamie Carragher pantas disebut sebagai legenda Liverpool. Berdasarkan Transfermarkt, bek yang kini berusia 42 tahun tersebut telah menyumbangkan 11 trofi untuk The Reds.

Dia juga merupakan bagian dari Liverpool yang melakukan comeback di final Liga Champions melawan AC Milan. Jamie Carragher juga menjadi sosok terbaik di lini belakang Liverpool di eranya. Kemampuannya akan tekel dan kecerdasannya membaca pertandingan bahkan diakui striker beken Premier League, Didier Drogba.

2 dari 5 halaman

2. Phil Neal

Sebelum adanya Steven Gerrard dan kini James Milner, Liverpool memiliki senjata mematikan untuk gol dari penalti dalam diri Phil Neal. Meskipun berposisi sebagai pemain bertahan Phin Neal merupakan penendang penalti terbaik yang dimiliki The Reds.

Selama 11 tahun karirnya membela Liverpool, Phil Neal telah mencatatkan 596 penampilan dengan kontribusi 57 gol dan 16 assists. Dirinya juga bergelimang trofi di era 70-80an total dia memiliki 22 trofi di Anfield, termasuk delapan trofi First Division dan empat trofi Eropa.

Dengan kemahirannya bermain di sisi sayap belakang Liverpool, menjadikan The Reds sebagai klub yang begitu ditakuti dan mendominasi Inggris dan Eropa.

3 dari 5 halaman

3. Kevin Keegan

Kevin Keegan (c) Ist Kevin Keegan (c) Ist

Kemampuan Kevin Keegan memang tidak perlu diragukan lagi, dua gelar pemain terbaik dunia pun dimilikinya. Sebelum memenangkan dua trofi tersebut, Kevin Keegan merupakan andalan The Reds di lini depan.

Kevin Keegan merupakan andalan Liverpool selama enam musim dari musim 1971/72 hingga 1977/78. Tercatat Keegan menyumbangkan tiga gelar Liga Inggris, dua Piala UEFA, satu Piala Eropa, dan satu Piala FA.

Kevin Keegan juga begitu tajam di lini depan Liverpool, dengan total mencetak 100 gol serta 56 assists dari 300 pertandingannya di semua kompetisi. Keegan juga merupakan tokoh awal kejayaan Liverpool di Eropa berkat dua golnya di final Piala UEFA 1973 melawan Borussia Monchengladbach.

4 dari 5 halaman

4. Graeme Souness

Graeme Souness (c) Twitter @thisisanfield Graeme Souness (c) Twitter @thisisanfield

Di musim 1977/78, Liverpool memiliki jendral lini tengah dan sosok pemimpin dalam diri Graeme Souness. Selama tujuh musim Graeme Souness mengecap kesuksesan bersama Liverpool dengan 325 kali penampilannya.

Liverpool saat itu begitu dominan di Inggris dan selama Souness berada di Liverpool, klub asal Merseyside itu berhasil meraih 12 trofi besar. Graeme Souness juga merupakan kapten ikonik Liverpool, ketika dirinya berhasil mengantarkan The Reds meraih treble pada 1983/84.

5 dari 5 halaman

5. Billy Liddel

Pada era 40-50an, Billy Liddel menjadi sosok idola di Liverpool. Dia merupakan salah satu pemain sayap nomor 7 terbaik Liverpool. Tidak hanya bermain di sayap Billy Liddel pun memiliki kemampuan serba bisa sehingga dia digeser menjadi penyerang tengah yang begitu tajam.

Sosok ini juga begitu menjadi kebanggaan The Kops, karena dia merupakan secercah harapan Liverpool di kala terpuruk dan degradasi pada musim 1953/54. Total Billy Liddel telah mencatatkan 537 penampilan bersama The Reds sampai tahun 1960. Namun, sangat disayangkan kegemilangan Billy Liddel berbarengan dengan keterpurukan Liverpool saat itu.

Sumber: Sportskeeda

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR