BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

10 Klub Dengan Market Value Paling Mahal di Dunia (Bagian 2)

19-10-2020 15:10 | Asad Arifin

Selebrasi Bruno Fernandes setelah Membobol gawang Newcastle (c) AP Photo Selebrasi Bruno Fernandes setelah Membobol gawang Newcastle (c) AP Photo

Bola.net - Di era sepak bola modern uang menjadi komponen yang penting untuk kesuksesan sebuah tim. Tak jarang beberapa klub rela menggelontorkan dana besar untuk mengangkut pemain dan membuat skuadnya dipenuhi pemain bintang.

Keberadaan pemain-pemain terbaik tersebut yang akhirnya membuat market value dari timnya begitu menanjak. Pembelian harga pemain yang tinggi pun juga mengembangkan nilai dari pemain yang sedang meledak.

Tak jarang market value sebuah tim menjadi tolak ukur kekuatan klubnya. Semakin tinggi nilainya maka klub tersebut pun dianggap memiliki pemain-pemain dengan kualitas yang tinggi.

Terbaru Transfermarkt telah merilis daftar klub yang memiliki market value tertinggi di dunia. Dari daftar-daftar tersebut Premier League menjadi pemilik klub yang paling banyak memiliki skuat bernilai.

Tercatat dari urutan 1-10 ada lima klub Premier League di dalamnya. Lantas klub apa saja yang menjadi klub bernilai di dunia? Berikut urutan 6-10 yang dirangkum Transfermarkt.

1 dari 5 halaman

10. Tottenham Hotspur (733,6 juta euro)

Selebrasi pemain Tottenham usai bobol gawang Arsenal, 12 Juli 2020 lalu. (c) AP Photo Selebrasi pemain Tottenham usai bobol gawang Arsenal, 12 Juli 2020 lalu. (c) AP Photo

Klub berbasis di Utara London ini menjadi salah satu tim yang dihuni pemain-pemain dengan nilai jual yang tinggi. Selama beberapa musim ke belakang Tottenham menjadi salah satu pesaing di Premier League dan bahkan sempat sampai ke final Liga Champions.

Hal yang didasari dengan komposisi skuadnya yang begitu baik. Tercatat pemain dengan market value tertinggi di Asia, Son Heung-Min (75 juta euro) berada di Tottenham.

Paling tinggi adalah Harry Kane (120 juta euro), kapten tim yang setiap musimnya selalu bersaing di papan top skor.

Nilai kedua pemain tersebut pun bisa terus menanjak, apalagi keduanya menampilkan performa ciamik di awal musim ini. Selain itu ada pemain-pemain hebat lain dengan market value tinggi seperti Delle Alli (52 juta euro) dan Davinson Sanchez (45 juta euro).

2 dari 5 halaman

9. Atletico Madrid (735,5 juta euro)

Para pemain Atletico Madrid merayakan gol Vitolo ke gawang Real Valladolid pada pekan ke-30 Liga Spanyol. Atletico menang 1-0 di Estadio Wanda Metropolitano, Minggu (21/6/2020) dini hari WIB. (c) http Para pemain Atletico Madrid merayakan gol Vitolo ke gawang Real Valladolid pada pekan ke-30 Liga Spanyol. Atletico menang 1-0 di Estadio Wanda Metropolitano, Minggu (21/6/2020) dini hari WIB. (c) http

Di samping dominasi Barcelona dan Real Madrid, Atletico Madrid selalu muncul sebagai saingan terdekat di setiap musimnya. Tidak hanya di La Liga, Atletico Madrid juga merupakan tim yang mampu melaju jauh di Liga Champions.

Hal yang terjadi karena komposisi skuad Atletico yang begitu merata. Kiper dengan market value tertinggi kini berada di Atletico Madrid. Jan Oblak memiliki nilai tertinggi di skuad dengan harga pasar 90 juta euro.

Pemain selanjutnya adalah Joao Felix, wonderkid yang meraih Golden Boy 2019 ini dibeli mahal Atletico pada musim lalu seharga 127 juta euro. Kini market value Felix masih tinggi dengan nilai 80 juta euro.

Belum lagi keberadaan tiga pemain yang memiliki nilai lebih dari 50 juta euro, yaitu Koke, Jose Gimenez dan Saul. Kini nilai skuad Atletico berada di harga 735,5 juta euro.

3 dari 5 halaman

8. Manchester United (799,9 juta euro)

Selebrasi Bruno Fernandes saat membobol gawang Newcastle (c) AP Photo Selebrasi Bruno Fernandes saat membobol gawang Newcastle (c) AP Photo

Di samping performanya yang kerap dikritik belakangan ini, Manchester United sebenarnya dipenuhi pemain-pemain bernilai. Tercatat tiga pemain mereka Paul Pogba, Bruno Fernandes dan Marcus Rashford memiliki market value sebesar 80 juta euro.

Pemain-pemain yang berada di usia muda hingga usia matang di Manchester United pun memiliki nilai yang besar. Mason Greenwood pemain berusia 19 tahun, telah memiliki nilai 50 juta euro.

Lalu ada Anthony Martial 60 juta euro hingga Harry Maguire yang kerap menampilkan performa buruk pun masih memiliki nilai yang besar yaitu 50 juta euro.

Kedatangan pemain baru seperti Donny van de Beek (44 juta euro) dan Alex Telles (40 juta euro) pun membuat skuad United memiliki market value yang hampir senilai 800 juta euro.

4 dari 5 halaman

7. Chelsea (838,9 juta euro)

Timo Werner dan Mason Mount merayakan gol Chelsea ke gawang Southampton di pekan kelima Premier League musim 2020/2021 (c) AP Photo Timo Werner dan Mason Mount merayakan gol Chelsea ke gawang Southampton di pekan kelima Premier League musim 2020/2021 (c) AP Photo

Klub Premier League selanjutnya yang bernilai adalah Chelsea. Klub asuhan Frank Lampard ini terbilang wajar memiliki nilai yang tinggi, karena di setiap musimnya The Blues tidak segan menggelontorkan dana besar untuk pemain.

Bursa transfer musim panas 2020 menjadi buktinya, ketika klub lain melakukan pengiritan Chelsea malah belanja besar. Tercatat Chelsea mengeluarkan dana lebih dari 200 juta euro untuk musim ini.

Dua pembelian barunya musim ini Kai Havertz dan Timo Werner langsung menjadi pemain paling bernilai di Chelsea. Kai Havertz kini bernilai 80 juta euro sedangkan Timo Werner senilai 70 juta euro tertinggi di antara yang lainnya.

5 dari 5 halaman

6. Real Madrid (855 juta euro)

Real Madrid merayakan gol Vinicius Junior di laga melawan Levante pada pekan kelima La Liga 2020/2021 (c) AP Photo Real Madrid merayakan gol Vinicius Junior di laga melawan Levante pada pekan kelima La Liga 2020/2021 (c) AP Photo

Real Madrid sukses menjadi salah satu klub terbaik dalam sedekade ini. Tercatat dalam sedekade ini, ada empat trofi Liga Champions yang telah diraihnya. Hal yang pantas didapatkan mengingat El Real memiliki skuad berkemampuan tinggi.

Real Madrid kini memiliki nilai 855 juta euro untuk skuadnya. Paling tinggi ada Thibaut Courtois dengan 75 juta euro dan Raphael Varane serta Federico Valverde yang sama-sama memiliki nilai 70 juta euro.

Sebagian pemainnya pun memiliki nilai dari 40 juta euro ke atas, yang kini membuat El Real menjadi klub yang bernilai tinggi di dunia.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR