Wildansyah tentang Transformasinya dari Bek Sayap Menjadi Bek Tengah

Gia Yuda Pradana | 8 Juli 2022, 13:42
Pemain Borneo FC, Wildansyah (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan
Pemain Borneo FC, Wildansyah (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Perubahan posisi adalah hal yang cukup lumrah, termasuk di sepak bola Indonesia. Salah satu yang belakangan ini dijumpai adalah transformasi seorang bek sayap menjadi bek tengah.

Fenomena ini melibatkan beberapa nama. Salah satunya adalah Wildansyah.

Wildansyah mengawali karier di posisi bek kanan. Ia pun mulai dikenal sebagai bek kanan tangguh saat memperkuat Persib Bandung.

Namun, sejak musim 2020, Wildan lebih sering bermain sebagai bek tengah di Borneo FC. Posisi itu paten ia miliki di Borneo sampai sekarang. Dia bahkan sudah menjadi bek tengah andalan klub tersebut.

1 dari 2 halaman

Tidak Ada Masalah, Hanya Harus Beradaptasi

Borneo FC di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Borneo FC di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Wildansyah sendiri tampak menikmati peran barunya itu. Ia merasa prinsip sebagai pemain bertahan kurang lebih sama. Jadi, ia tidak melihat terlalu banyak perbedaan ketika berperan sebagai bek kanan atau bek tengah.

"Kita kan pemain belakang, dan itu nggak ada masalah bagi saya," ujarnya.

Wildansyah juga setuju dengan anggapan bahwa pesepak bola harus pintar beradaptasi jika ingin bertahan lama di level tertinggi. Sebagai pemain, ia merasa harus siap dimainkan di posisi apa saja sesuai dengan kebutuhan strategi pelatih.

"Nggak ada masalah. Sepak bola sama aja. Di mana pun bermain, tugasnya sama," tandasnya.

2 dari 2 halaman

Contoh Lainnya Adalah Marckho Meraudje

Marckho Meraudje (c) dok. PSS Sleman

Marckho Meraudje (c) dok. PSS Sleman

Marckho Meraudje beberapa kali berperan sebagai bek tengah saat memperkuat Madura United. Namun, peran itu tampaknya semakin paten di PSS Sleman pada musim ini.

Dia bahkan bisa dikatakan sebagai bek tengah utama PSS saat ini. Di tengah penampilan biasa saja dari Mario Maslac dan dua bek tengah senior PSS lain yang mulai uzur, dia mulai mencuat.

Menariknya, Marckho memiliki cara bermain yang menarik sebagai bek tengah. Ia begitu agresif untuk maju membantu serangan.

Sering kali ia aktif bertukar peran dengan bek kanan asli PSS, Bagus Nirwanto. Namun, hebatnya, eks pemain Sriwijaya FC ini mampu membaca situasi dengan baik.

Ia paham betul kapan harus melakukan penetrasi untuk maju membantu serangan, juga kapan harus tetap bertahan di areanya.

Disadur dari: Bola.com/Hery Kurniawan/Wiwig Prayugi, 8 Juli 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR