BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

WHO Disebut Wacanakan Penghentian Kompetisi Sampai Akhir 2021, Klub-Klub Liga 1 Pening

25-04-2020 01:23 | Ari Prayoga

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo (c) Bola.net/Dendy Gandakusumah General Manager Arema FC, Ruddy Widodo (c) Bola.net/Dendy Gandakusumah

Bola.net - Adanya usulan dari WHO agar tak ada kompetisi sepak bola sampai akhir musim 2021 juga berdampak ke klub-klub Liga 1. Mereka mengaku pening memikirkan masa depan kompetisi di tengah masa pandemi Corona.

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, mengaku pertama kali mengaku pertama kali mendengar kabar ini dari Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto. Ia pun kemudian membagikan kabar ini di grup WA para manajer klub Liga 1. Ternyata, tak berapa lama kemudian, ada manajer lain yang membagikan kabar serupa.

"Dari komentar-komentar para manajer ini, semua sepertinya down," kata Ruddy Widodo, menjawab pertanyaan Bola.net.

"Ada yang berkomentar 'hancur', 'ambyar', dan semacamnya," sambungnya.

Menurut Ruddy, saat ini, mereka hanya bisa berharap pada PSSI. Pasalnya, menurut manajer berusia 48 tahun tersebut, hanya federasi yang berhak memutuskan kelanjutan kompetisi.

"Sampai saat ini kami masih menunggu keputusan tersebut," papar Ruddy.

Sebelumnya, The Sun, mengutip La Repubblica, menyebut bahwa WHO mengajukan wacana untuk menghentikan semua kompetisi sepak bola dunia sampai akhir musim 2021. Hal ini diungkapkan organisasi kesehatan dunia ini dalam sebuah conference call dengan UEFA.

WHO sendiri memiliki alasan khusus di balik ide tersebut. Mereka khawatir akan ada gelombang kedua dari pandemi Corona.

Dalam laporan tersebut, UEFA disebut menolak ide WHO ini. Pasalnya, menghentikan kompetisi terlalu lama justru akan membuat kondisi klub kian remuk redam.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Harap Segera Ada Kepastian

Lebih lanjut, Ruddy berharap agar segera ada kepastian soal masa depan kompetisi. Pasalnya, sebagai entitas bisnis, mereka perlu menyiapkan perencanaan.

"Sebagai korporasi, banyak yang harus kami rencanakan. Mengatur anggaran, pengajuan, urusan sponsor, semua kan perlu waktu," ujar Ruddy.

"Kalau memang bakal segera dimulai, kapan? Kalau setop, seperti apa solusinya? Ini yang ditunggu teman-teman," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR