Video: Barcelona Ikut Berduka atas Tragedi di Stadion Kanjuruhan

Aga Deta | 2 Oktober 2022, 14:35

Bola.net - Kerusuhan yang menimbulkan ratusan korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, mendapat perhatian Barcelona. Akun media sosial Twitter Barcelona Indonesia, mengunggah sebuah pesan terkait insiden memilukan tersebut.

Kericuhan setelah laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya itu menelan banyak korban jiwa. Polda Jatim merilis jumlah korban meninggal dunia yaitu 127 orang, 125 suporter Arema dan dua dari anggota kepolisian. Laporan itu hadir pada Minggu (2/10/2022) dinihari WIB.

Ratusan hingga ribuan Aremania turun ke lapangan begitu peluit panjang dibunyikan sekitar pukul 22.00 WIB. Mereka kecewa setelah tim kesayangan mereka, Arema FC, kalah dari sang rival bebuyutan, Persebaya Surabaya. Aremania memenuhi lapangan Stadion Kanjuruhan. Tentu saja jumlah aparat keamanan kalah jauh. Keributan sulit dihentikan.

Oknum pendukung Arema merusak beberapa fasilitas stadion dan juga bentrok dengan petugas keamanan. Bahkan, terpantau satu buah mobil rusak parah karena menjadi bulan-bulanan massa yang sudah tak terkendali.

Pihak kepolisian berusaha untuk mengontrol situasi yang tidak kondusif itu. Gas air mata pun mereka lontarkan ke arah tribun penonton. Lemparan gas air mata itu pun membuat para penonton di tribun menjadi panik karena membuat mata penonton yang emosional perih. Situasi pun semakin kacau karena mereka berusaha untuk mencari jalan keluar dengan berdesak-desakan.

Kapolda Jatim, Irjen. Pol. Dr Nico Afinta, menjelaskan pihak keamanan punya alasan kuat menggunakan gas air mata karena suporter sudah mulai anarki dengan melakukan perlawanan kepada petugas dan melakukan perusakan kendaraan.

"Karena gas air mata itu, mereka pergi keluar ke satu titik, pintu keluar. Kemudian terjadi penumpukan dan dalam proses penumpukan itu terjadi sesak napas, kekurangan oksigen," kata Kapolda Jatim.

Seperti apa bentuk ucapan duka cita dari Barcelona atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan? Para pembaca bisa menyimaknya dalam tayangan singkat di atas.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Okie Prabhowo
Published: 2/10/2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR