Usai Piala Menpora, PT LIB Gelar Turnamen untuk Klub Liga 2?

Serafin Unus Pasi | 15 Maret 2021, 21:45
Liga 2 (c) Bola.com/Adreanus Titus
Liga 2 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tak akan menganaktirikan klub-klub Liga 2. Kontestan kompetisi kasta kedua sepak bola di Tanah Air itu juga bakal dibuatkan turnamen pramusim.

Turnamen untuk tim-tim Liga 2 rencananya akan digelar usai Piala Menpora rampung pada 25 April 2021. Kejuaraan tersebut saat ini sedang didesain LIB.

"Sejauh ini masih sedang dirancang. Kami punya tim khusus untuk merancang turnamen tersebut. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini mereka bisa," ujar Direktur Utama (Dirut) LIB, Akhmad Hadian Lukita, saat dihubungi wartawan, Senin (15/3).

"Kalau untuk waktunya setelah Piala Menpora. Tapi saya tidak bisa memastikan karena semua memang masih dirancang dengan sedemikian rupa," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Persiapkan Piala Menpora 2021

Saat ini, LIB dan PSSI tengah fokus mempersiapkan Piala Menpora. Turnamen ini akan kick off pada 21 Maret mendatang, dan diikuti 17 kontestan Liga 1.

Piala Menpora akan dibuka dengan pertandingan antara Arema FC versus Persikabo 1973. Duel tersebut bakal digelar di Stadion Manahan, Solo, yang merupakan tempat pelaksanaan babak penyisihan grup A.

Selain Arema FC dan Persikabo 1973, grup A juga dihuni PSIS Semarang dan Barito Putera. Sedangkan grup B (Malang) diisi Persija Jakarta, Bhayangkara Solo FC, Borneo FC, dan PSM Makassar.

Lalu grup C (Bandung) ditempati Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Persik Kediri, Madura United, dan PSS Sleman. Sementara Persib Bandung, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, dan Bali United berada di grup D (Sleman).

Adapun untuk kampiun Piala Menpora, akan menerima hadiah sebesar Rp 2 miliar, dan runner-upnya Rp 1 miliar. Sementara peringkat ketiga Rp 750 juta, dan peringkat keempat Rp 500 juta.

Kemudian untuk tim fair play, pemain terbaik, dan top skor, masing-masing akan mendapatkan Rp 100 juta. Sedangkan pemain muda terbaik, dan wasit terbaik Rp 50 juta.

Di luar hadiah, tim akan memperoleh match fee di setiap pertandingan yang dijalani. Rinciannya, Rp 150 juta untuk pemenang, Rp 100 juta bagi yang kalah, dan Rp 125 juta untuk masing-masing klub jika laga berakhir imbang.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR