BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Timnas Wanita Indonesia Lolos ke Piala Asia 2022, Indra Sjafri: Ini Awal Kerja PSSI

28-09-2021 08:20 | Asad Arifin

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, saat laga kontra Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). (c) AP Photo
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, saat laga kontra Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Wanita Indonesia mengamankan tempat di Piala Asia 2022. Kelolosan ini mengakhiri penantian panjang, karena kali terakhir Garuda Pertiwi bermain di putaran final pada 1986.

Tiket ke Piala Asia Wanita 2022 disegel Timnas Wanita Indonesia usai menyingkirkan Singapura di kualifikasi Grup C. Dalam dua leg, Garuda Pertiwi selalu menang 1-0.

Terbaru adalah kemenangan pada leg kedua, Senin (27/9/2021). Timnas Wanita Indonesia menang berkat gol yang dicetak Octavianti Dwi Nurmalita.

Garuda Pertiwi memulai pertandingan dengan penuh percaya diri. Puncaknya pada menit ke-31 saat Octavianti berhasil menuntaskan kemelut di depan gawang Singapura menjadi gol.

Singapura terus berupaya mengejar ketertinggalan. Namun hingga peluit panjang dibunyikan, Singapura tidak mampu mencetak gol ke gawang Timnas Wanita Indonesia.

1 dari 2 halaman

Komentar Direktur Teknik PSSI

Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri ikut bangga dengan keberhasilan Timnas Wanita Indonesia lolos ke Piala Asia Wanita 2022. Ia mengatakan, pencapaian Garuda Pertiwi ini bisa menjadi momentum untuk program sepak bola putri lebih baik lagi.

"Pertama kali Timnas Wanita Indonesia lolos ke Piala Asia setelah terakhir tahun 1986," ujar Indra Sjafri, kepada Bola.net.

"Semoga pencapaian ini bisa memotivasi pemain sepak bola wanita lainnya. Tentu ini awal kerja PSSI untuk melakukan program pembinaan yang lebih baik."

"Nanti diperbaiki mulai kompetisi, kursus pelatih putri, dan membuat program grassroot, demi menyiapkan generasi sepak bola putri yang makin banyak dan diminati," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Berlangsung Awal Tahun Depan

Piala Asia Wanita 2022 dijadwalkan berlangsung di India. Tanggal yang telah ditetapkan adalah 20 Januari hingga 6 Februari 2022.

Ada 12 negara yang menjadi tim peserta putaran final nanti. Satu tiket otomatis sudah menjadi milik India, karena merupakan tuan rumah.

Tiga kota yang ditetapkan sebagai penyelenggara adalah Mumbai, Navi Mumbai, dan Pune. Stadion yang digunakan adalah Mumbai Football Arena, DY Patil Stadium, dan Shree Shiv Chhatrapati Sports Complex.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR