Tiga Alasan Mengapa PSM Makassar Gagal Juara Liga 1 2018

Bola.net | 11 Desember 2018, 07:30
PSM Makassar (c) PSM
PSM Makassar (c) PSM

Bola.net - - PSM Makassar digadang-gadang sebagai juara Gojek Liga 1 bersama Bukalapak 2018. Hal itu disebabkan oleh penampilan impresif tim yang kerap dijuluki Juku Eja tersebut.

Akan tetapi, arah angin mendadak berubah ketika memasuki pekan-pekan terakhir. PSM sering tampil inkonsisten. Dalam enam pertandingan terakhir sebelum bersua PSMS Medan, pasukan Robert Rene Alberts hanya meraih dua kemenangan.

Situasi negatif membuat Persija perlahan mendekat dan menyalip PSM di puncak klasemen. Kemenangan 5-1 atas PSMS pada pekan terakhir, menjadi hambar karena Macan Kemayoran memastikan gelar juara karena menundukan Mitra Kukar 2-1.

Pada klasemen akhir, PSM membukukan 61 poin di peringkat kedua. Zulham Zamrun dan kawan-kawan berselisih satu angka dari Persija yang menjadi juara.

Bola.com kemudian melakukan analisis soal penyebab kegagalan PSM Makassar. Setidaknya ada tiga situasi krusial yang membuat mereka kehilangan trofi Liga 1 2018. Berkut ini adalah ulasannya.

1 dari 3 halaman

Kalah telak di Madura

Hasil-hasil negatif PSM dalam enam laga terakhir sebelum bersua PSMS, satu di antaranya disebabkan ketika bersua Madura United. Tampil di Stadion Gelora Bangkalan, PSM takluk 0-3 dari sang lawan.

Kekalahan itu membuat asa PSM menjauh dari kejaran Persija menemui kegagalan. Juku Eja hanya mendulang 50 poin di peringkat pertama, unggul dua angka dari Persija di urutan kedua dan masih memiliki tabungan satu pertandingan pada masa tersebut.

2 dari 3 halaman

Kalah di Surabaya

Persebaya Surabaya menjadi mimpi buruk kedua bagi PSM. Juku Eja takluk 0-3 ketika bersua sang lawan, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 10 November 2018.

Hasil negatif membuat PSM tetap mendulang 53 poin meski menempati peringkat pertama klasemen sementara. Di sisi lain, Persija mengamankan satu angka ketika bersua PS Tira.

Andai PSM meraih setidaknya satu poin saat melawan Persebaya, bukan tidak mungkin pasukan Robert Rene Alberts menjadi juara pada akhir musim.

3 dari 3 halaman

Ditahan Persija

PSM digadang-gadang bakal meraup poin penuh ketika menjamu Persija di Stadion Andi Mattalatta, 16 November 2018. Anggapan itu berkaca dari statistik apik Juku Eja yang tak terkalahkan dalam 12 laga kandang terakhir.

Akan tetapi, PSM justru mengalami kerugian karena meraih hasil 2-2. Situasi itu membuat Persija mendulang 50 poin di peringkat kedua klasemen sementara, terpaut empat angka dari PSM Makassar yang ada di puncak.

Sumber: Bola.com

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR