BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Terus Mengganti Marko Simic, Angelo Alessio Kirim Pujian untuk Taufik Hidayat

16-01-2022 16:12 | Asad Arifin

BRI Liga 1: Pemain Persija Jakarta, Marko Simic (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Pemain Persija Jakarta, Marko Simic (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Angelo Alessio membuat kebijakan yang sama pada dua laga terakhir Persija Jakarta di BRI Liga 1 2021/2022. Sang pelatih selalu menarik keluar Marko Simic dan memainkan penyerang muda Taufik Hidayat pada babak kedua.

Saat Persija Jakarta tertinggal dua gol dari Persipura Jayapura pada pekan ke-19 BRI Liga 1 2021/2022, 11 Januari 2022, Simic ditarik keluar pada menit ke-57 dan Taufik Hidayat masuk. Laga berakhir dengan skor 2-1 setelah Makan Konate mencetak gol.

Saat Persija butuh gol penyama kedudukan melawan Persela Lamongan dalam pekan ke-20 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (15/1/2022), Simic kembali bertukar posisi dengan Taufik pada menit ke-61.

Lantas, apa alasan Angelo Alessio terus mengganti Simic? Simak di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 4 halaman

Marko Simic Menurun

Simic memang tidak bermain baik dalam dua partai itu. Dia kerap kehilangan bola dan minim membahayakan gawang lawan. Namun, perlu diingat Simic adalah pemain tersubur Persija. Penyerang berusia 33 tahun itu telah mencetak 12 gol dari 20 penampilan.

Simic juga mengukir brace saat Persija Jakarta mengalahkan PSIS Semarang 2-1 dalam pekan ke-18 BRI Liga 1 pada 6 Januari 2022. Tapi, mengapa Simic terus diganti pada dua laga terakhir Persija?

"Pada babak kedua, Simic terlihat sedikit menurut sehingga saya harus mencari solusi lain untuk mencetak gol," kata pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio.

2 dari 4 halaman

Marko Simic Harus Banyak Berlatih

Ekspresi sedih pemain Persija, Marko Simic usai mengalami kekalahan melawan Bali United FC di Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/11/2021) pada lanjutan BRI Liga 1 2021. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Ekspresi sedih pemain Persija, Marko Simic usai mengalami kekalahan melawan Bali United FC di Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/11/2021) pada lanjutan BRI Liga 1 2021. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Alessio tidak kehilangan kepercayaan terhadap Simic. Dia meminta top scorer Liga 1 2019 itu untuk banyak berlatih demi dapat kembali ke performa terbaiknya.

"Simic sudah mencetak 12 gol dan dia adalah penyerang terbaik kami. Namun, di situasi seperti ini, kami harus paham bahwa dia tidak dalam kondisi terbaik," papar Alessio.

"Oleh karena itu, dia harus banyak berlatih, lalu recovery untuk bisa kembali membantu tim. Saya menilai Simic pemain profesional. Dia tahu tugasnya."

"Dia selalu membantu tim dan nantinya saya yakin Simic akan kembali ke performa terbaik, mencetak gol demi gol, dan membantu tim meraih kemenangan," terangnya.

3 dari 4 halaman

Pujian untuk Taufik Hidayat

Pemain Persija Jakarta, Taufik Hidayat (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Pemain Persija Jakarta, Taufik Hidayat (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Pemain yang menjadi pengganti Simic adalah Taufik Hidayat. Penyerang Timnas Indonesia U-23 itu masih nihil gol dari 15 penampilan di musim ini. Lantas, apa yang diharapkan Alessio mengganti Simic dengan Taufik?

Alessio butuh penyegaran di lini depan. Memainkan Taufik menjadi solusi karena ia mampu membuka ruang dan aktif bergerak, tidak pasif seperti Simic.

"Melawan Persela, Taufik bermain sangat baik. Pergerakannya membantu tim dan menciptakan peluang. Itu yang berhasil dilakukan oleh Taufik," jelas Alessio.

Seusai Simic ditarik keluar, Persija Jakarta memang mampu mencetak masing-masing satu gol ketika menghadapi Persipura dan Persela. Namun, gol-gol itu gagal menyulap Macan Kemayoran meraih kemenangan.

4 dari 4 halaman

Klasemen BRI Liga 1

Disadur dari Bola.com: Muhammad Adiyaksa/Rizki Hidayat, 16 Januari 2022

KOMENTAR