Terjun ke Dunia Bisnis, Hamka Hamzah Luncurkan Brand Sepatu Sepak Bola H23 Sports

Yaumil Azis | 8 Juni 2021, 22:44
Terjun ke Dunia Bisnis, Hamka Hamzah Luncurkan Brand Sepatu Sepak Bola H23 Sports
Hamka Hamzah (kanan). (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Hamka Hamzah mulai terjun ke dunia bisnis. Pemain sekaligus manajer RANS Cilegon FC itu meluncurkan brand sepatu bola dengan nama H23 Sports, di Vapehan Cafe, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (8/6/2021).

Pilihan terjun di bisnis ini dipicu keinginan Hamka untuk berkontribusi terhadap dunia sepak bola yang telah membesarkan namanya. Momentumnya juga dirasa tepat karena saat ini ia berada di pengujung karier sebagai pesepakbola.

"Saya ingin setelah benar-benar pensiun nanti bisa memberi kontribusi untuk dunia sepak bola. Akhirnya saya buat produk sepatu sepak bola," ujar Hamka.

Dengan terjun di bisnis ini, Hamka merasa masih bisa dekat dengan sepak bola. Dengan begitu, mantan pemain Persija Jakarta ini masih punya karya, termasuk kenangan pribadi sebagai mantan pemain.

“Niatan saya setelah pensiun nanti masih bisa ada di sepak bola, walaupun bukan sebagai pemain lagi,” kata Hamka.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 3 halaman

Kelebihan H23 Sports

Lebih lanjut, mantan pemain Arema FC ini menerangkan kelebihan dari brand sepatu miliknya. Keunggulannya yaitu pemakaian lapisan kulit, dan bukan plastik.

"Jadi saya selama bermain sepak bola mulai usia 16 tahun masuk ke profesional selalu pakai sepatu kulit. Tidak ada pakai sepatu dari plastik," ucapnya.

"Kebanyakan pemain sepak bola itu memang menginginkan kulit, karena kulit itu ada efek bagus dalam hal passing, shooting, hingga longpass. Selain itu juga menguatkan ankle kita. Jadi produk dengan bahan dari kulit itu sangat membantu."

"Bisa didengar ketika kita pakai sepatu bola bahan kulit itu bunyinya 'bum', ada bunyinya karena bola itu kan lapisan luarnya kulit. Kalau plastik tidak ada bunyinya. Jadi semua sudah saya pelajari, dan kenapa saya fokusnya ke kulit, karena saya pakainya sepatu bola kulit semua," tegasnya.

2 dari 3 halaman

Pemilihan Warna

Sementara itu, produk sepatu milik Hamka untuk saat ini akan didominasi warna hitam dan putih. Lantas kenapa demikian?

"Jadi memang awal pembuatannya ini kami harus mencari yang simplenya dulu. Warna simple kan hitam dan putih. Nah kedepannya itu pasti akan ada warna-warna lain," ujar Hamka.

"Menurut saya Hitam dan Putih itu sudah standarlah. Jadi memang awal kami gak buat yang warna biru misalnya, karena pemain bola juga kebanyakan suka warna Hitam dan Putih," tambah mantan pemain Timnas Indonesia ini.

3 dari 3 halaman

Soccer For Everybody

Satu lagi yang penting dari kehadiran brand H23 Sports ini yaitu semua kalangan dapat menggunakanya. Dalam arti tidak terbatas pemain profesional, tetapi juga amatir.

"Semua kalangan bisa memakainya, tanpa terkecuali. Semua yang suka sepak bola, baik di desa-desa atau kota-kota bisa memakainya," tutur Hamka.

Maka dari itu, mantan pemain PSM Makassar ini mengatakan ada slogan tersendiri untuk brand miliknya. Slogan itu adalah "Soccer for Everybody", yang berarti sepak bola untuk siapa saja.

"Apalagi ini harganya sangat terjangkau, dengan kualitas pabrik dan bahan separuh kulit dan separuh sintetis," imbuh Hamka.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR