BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tapak Tilas Zulham Zamrun di Persib: Datang, Pergi, Datang Lagi, Pergi Lagi

19-02-2021 15:46 | Asad Arifin

Zulham Zamrun (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna Zulham Zamrun (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Bola.net - Persib Bandung mengumumkan tidak memperpanjang kontrak dua pemain untuk musim 2021. Salah satu pemain yang dilepas yakni winger yang pernah membela timnas Indonesia, Zulham Zamrun.

Bagi Zulham Zamrun, ini adalah kali kedua dia harus pergi dari Persib. Artinya, dua kali pula eks pemain Mitra Kukar itu datang ke Persib.

Zulham mulai terkenal namanya saat memperkuat Mitra Kukar (2011-2014). Bersama tim Mitra Kukar, Zulham pun menjelma menjadi pemain bintang. Terlebih dengan gaya selebrasi golnya yang kerap menirukan bintang dunia, Cristiano Ronaldo.

1 dari 4 halaman

Gabung Persib pada 2015

Kemampuan dan kecepatan sebagai gelandang sayap membuat Persib Bandung tertarik untuk merekrutnya. Musim 2015, Persib pun resmi mendatangkan pemain kelahiran Ternate, 19 Februari 1988 ini.

Bahkan Zulham membawa Persib juara turnamen Piala Presiden 2015. Sayang, sanksi FIFA unuk sepak bola Indonesia membuat persepak bolaan Indonesia terhenti sementara.

Zulham pun dikabarkan kerap bermain Tarkam hingga mengalami cedera, sehingga Persib pun tidak tertarik memboyongnya karena masih dalam pemulihan.

Zulham saat itu masih berharap tetap menjadi kekuatan Persib. Tetapi, pelatih Djadjang Nurdjaman kala itu menyebutkan sosok Zulham bukan pemain yang sedang dibutuhkan oleh tim.

2 dari 4 halaman

Dilepas, Gabung PSM Makassar

Guy Junior dan Zulham Zamrun (c) Bola.com/Abdi Satria Guy Junior dan Zulham Zamrun (c) Bola.com/Abdi Satria

Meski demikian, karier Zulham tidak terhenti. Lepas dari Persib, Zulham memperkuat PSM Makassar pada musim 2017-2019 di bawah komando pelatih Robert Alberts.

Musim 2020, manajemen Persib menunjuk Robert Alberts sebagai pelatih kepala. Hal itu membuat Zulham tertarik untuk kembali berseragam Maung Bandung.

Kehadiran sosok Zulham Zamrun ke tim Persib Bandung pada musim 2020 cukup mengagetkan. Pasalnya, saat itu sosok Zulham jauh dari rumor sebagai salah satu pemain bidikan Persib musim itu.

Zulham resmi dikontrak Senin (3/2/2020) selama satu tahun dan langsung menjalani latihan rutinitas di bawah komando pelatih Robert Alberts, Selasa (4/2/2020) di Stadion GBLA, Kota Bandung.

"Alhamdulillah akhirnya saya bisa kembali lagi ke Persib Bandung, apalagi saya juga pernah sama-sama dengan pelatih coach Robert Rene Alberts," ujar Zulham saat itu.

3 dari 4 halaman

Menjadi Striker

Pemain bernomor punggung 17 di Persib Bandung ini pun berjanji akan bekerja keras dengan maksimal demi mendapat gelar juara untuk Persib, walau ia menjadi pemain pelapis di lini depan Persib.

Pasalnya, Persib sudah memiliki duet striker asing yang mumpuni, Wander Luiz - Geoffrey Castillion. Mau tak mau Zulham pun dijadikan pelapis lini depan oleh Robert Alberts

"Di dalam sepak bola persaingan itu otomatis ada, apalagi saya melihat di Persib ini banyak pemain-pemain yang bagus dan muda. Saya hanya ingin berikan yang terbaik, kerja keras dan saya tunggu kesempatan itu datang," ujar Zulham.

Robert memang terang-terangan akan memplot Zulham di posisi striker walaupun posisi sebelumnya lebih ke pemain sayap.

"Zulham juga striker. Kalau winger, kami sudah punya banyak winger saat ini dan Zulham juga bisa bermain di posisi striker. Dia melakukan itu bersama saya di Makassar dan dia juga bermain dengan bagus," jelas Robert kala itu.

4 dari 4 halaman

Berpisah Lagi pada 2021

Bahkan Robert menilai bahwa sosok Zulhan merupakan opsi yang bagus sebagai penyerang. Apalagi Zulham audah mengenal Bandung dan pernah merasakan kesuksesan bersama Persib.

"Saya sudah tahu Zulham, dia mempunyai kualitas, jadi kami sekarang sudah lengkap dalam hal striker pelapis. Jangan lupa, dia juga mempunyai pengalaman. Kini kami mempunyai satu striker pelapis yang muda dan satu lainnya penyerang yang berpengalaman," tambah Robert.

Sayang, musim 2020 ini, Zulham Zamrun baru bermain selama 3 menit dalam satu kali penampilan, apalagi kompetisi Liga 1 2020 resmi dihentikan karena alasan force majeur akibat pandemi COVID-19 yang belum mereda.

Dan jelang digulirkannya turnamen 2021 dan Liga 1 2021, manajemen justru resmi tidak memperpanjang kontrak Zulham Zamrun pada 16 Februari 2021 atas pertimbangan Robert Alberts.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Erwin Snaz/Editor: Wiwig Prayugi, 19 Februari 2021)

KOMENTAR