Tanpa Hamka Hamzah, Pekerjaan Kiper Arema Bertambah

Dimas Ardi Prasetya | 15 Oktober 2019, 23:28
Hamka Hamzah (c) Bola.com/Iwan Setiawan
Hamka Hamzah (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Absennya Hamka Hamzah, pada laga lanjutan timnya kontra PSM Makassar, membuat pekerjaan penjaga gawang Arema FC bakal bertambah. Kurniawan Kartika Ajie dan Utam Rusdiyana -dua kiper Arema yang disiapkan untuk laga ini- dituntut untuk bisa menjadi komandan lini pertahanan klub berlogo singa mengepal tersebut.


"Penjaga gawang, siapa pun yang nanti ditunjuk, harus mampu menunjukkan jiwa kepemimpinan yang kuat," ucap Pelatih Kiper Arema, Yanuar Hermansyah, pada Bola.net.

"Mereka harus bisa mengorganisasi lini pertahanan Arema," sambungnya.

Arema akan menghadapi PSM Makassar pada laga tunda pekan kelima Shopee Liga 1 musim 2019. Pertandingan ini akan dihelat di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Rabu (15/10/2019).

Dalam pertandingan ini, Arema dipastikan tak akan diperkuat sejumlah pemain andalan mereka, termasuk Hamka Hamzah. Hamka, yang juga berstatus kapten tim Arema, absen akibat belum pulih seutuhnya dari sakit tifus yang dideritanya.

Selain tifus, pemain berusia 34 tahun ini sempat menderita cedera beberapa waktu lalu. Otot pahanya cedera pada pertandingan pekan ke-22 lalu.

Apa lagi yang menjadi pekerjaan rumah tambahan penjaga gawang Arema menyusul absennya Hamka Hamzah? Simak di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Antisipasi Bola Udara

Yanuar Hermansyah (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Hamka sendiri tak hanya merupakan sosok komandan di lini belakang. Secara teknis, eks penggawa Timnas Indonesia ini merupakan salah satu tembok kokoh lini belakang Arema, terutama dalam menghalau serangan melalui bola-bola udara.

Tanpa Hamka, menurut Yanuar, tugas menghalau bola udara ini jatuh ke kiper Arema. Kendati masih ada sosok Arthur Cunha, yang juga sangat piawai menghalau serangan udara, para penjaga gawang Arema tak boleh sepenuhnya bergantung pada pemain asal Brasil tersebut.

"Dalam beberapa sesi latihan, kami sengaja secara khusus memberi porsi lebih bagi para penjaga gawang untuk mengantisipasi bola-bola udara," tuturnya.

"Sebetulnya, ada atau tak ada Hamka, persiapan ini kami lakukan. Namun, saat ini, ada sedikit tambahan," Yanuar menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR