BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tangkap Pelaku Suap, Borneo FC Dapat Penghargaan dari PSSI

08-04-2015 15:05 |

Johan Ibo ditangkap di Surabaya (kiri) (c) ist Johan Ibo ditangkap di Surabaya (kiri) (c) ist

Bola.netBola.net - PSSI menyiapkan penghargaan kepada pemain dan manajer Pusamania Borneo FC yang telah melakukan penggagalan upaya pengaturan skor. Penegasan tersebut disampaikan Ketua Departemen Integritas PSSI, Hinca Pandjaitan.


"Para pemain dan manajemen Borneo FC telah melakukan fungsi 3R (recognize, reject dan report) terhadap match fixing yang sudah kita pakta-kan di Kongres Tahunan PSSI Januari lalu. Sehingga, ini menjadi contoh baik bagi yang lain. Untuk itu PSSI akan memberi penghargaan dan apresiasi," ujar Hinca.

Hinca sendiri termasuk satu dari 16 perwakilan anggota FIFA yang telah mengikuti course anti-macth fixing yang dihelat FIFA dan Interpol belum lama ini.  

 

Hinca mengingatkan, semua voter dan pengurus PSSI telah menandatangani pakta integritas untuk melakukan 3R tadi, yakni mengenali apa itu match fixing, menolak dan melaporkan.

Dikatakan Hinca, upaya tersebut adalah salah satu dari keseriusan PSSI untuk memberantas match fixing. Selain dengan menjalin kerja sama dengan Sport Radar, perusahaan pemantau rumah-rumah judi.

"Kami sudah kerja sama dengan Sport Radar, perusahaan yang di-promote FIFA untuk membantu federasi memerangi match fixing," tuturnya.

 

Soal sanksi, dikatakan Hinca selama yang terlibat match fixing masih di dalam football family PSSI, pasti akan dihukum oleh Komisi Disiplin. Tetapi bila di luar itu, dan Komisi Disiplin tidak bisa menjangkau, tentu menjadi kewenangan kepolisian dan interpol untuk yang di luar wilayah yurisdiksi Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, manajemen dan pemain Pusamania Borneo FC meringkus mantan pesepakbola Johan Ibo saat melakukan upaya menyuap pemain Borneo FC di Surabaya, Selasa (7/4) kemarin malam.

 

KOMENTAR