BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tak Semua Eks Penggawa Garuda Jaya Moncer di Klub, Ini Kata Indra Sjafri

06-07-2020 17:38 | Serafin Unus Pasi

Indra Sjafri (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Indra Sjafri (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Indra Sjafri angkat bicara soal banyaknya anak asuhnya di Timnas U-19 Piala AFF U-19 2013 lalu yang moncer dalam karirnya. Pelatih Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2013 ini menyebut sudah memprediksi hal tersebut sejak awal.

Menurut Indra, ia sudah mencatat satu per satu hal-hal yang bisa membuat seorang pemain gagal meraih puncak prestasinya. Pelatih yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI ini pun sudah meminta kepada pemain yang bersangkutan untuk membenahi hal-hal tersebut.

"Saya sudah menekankan ke pemain yang bersangkutan untuk mengubah hal-hal tersebut," ujar Indra, dalam sebuah acara unjuk wicara daring, beberapa waktu lalu.

Menurut Indra, ada beberapa hal yang bisa jadi menyebabkan anak asuhnya tak bisa meraih puncak prestasi mereka. Selain pergaulan, sambung pelatih berusia 57 tahun tersebut, ada hal-hal lain yang juga bisa menggerus talenta para pesepak bola.

"Bisa pergaulan, lingkungan, konsistensi, komitmen, atau hubungan antara orang tua dan anak," papar Indra.

"Menurut saya, sukses tidaknya seseorang tidak cukup hanya karena kerja keras dan berlatih. Hubungan orang tua dan anak itu sangat penting," ia menambahkan.

Sebelumnya, berdasar penelusuran Bola.net, dari 20 pemain yang membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2013, hanya separuh di antara mereka yang saat ini memperkuat klub kasta tertinggi kompetisi Indonesia. Padahal, para pemain tersebut saat ini rata-rata berusia 25 tahun, usia emas bagi pesepak bola.

Dari 20 nama penggawa Garuda Jaya, ada tiga pemain yang saat ini memperkuat tim Liga 2. Sisanya, tak diketahui ke mana mereka melabuhkan karirnya musim ini.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Tetap Optimistis

Lebih lanjut, Indra tak risau dengan nasib sejumlah anak asuhnya yang gagal moncer saat ini. Menurut pelatih berlisensi AFC Pro tersebut, masih ada kesempatan bagi para pemain tersebut untuk bisa bangkit dan berprestasi.

"Belum terlambat. Mereka saat ini masih berusia 25 tahun. Masih ada kesempatan untuk bangkit lagi," kata Indra.

"Saya pikir mereka masih bisa bangkit. Ada lima sampai enam pemain yang bisa bangkit lagi," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR