BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tak Ada Sepak Bola, Madura United Jaga Komunikasi dengan Para Pemainnya

06-04-2020 08:52 | Gia Yuda Pradana

Madura United (c) Bola.com/Aditya Wany Madura United (c) Bola.com/Aditya Wany

Bola.net - Madura United berusaha tetap menjaga komunikasi dengan para pemainnya saat tidak ada sepak bola seperti sekarang. Itu diutarakan oleh pelatih Rahmad Darmawan (RD). Menurut RD, itu penting untuk menjaga mental mereka.

Skuad Laskar Sape Kerap tidak memiliki agenda mengingat kompetisi dihentikan hingga 29 Mei akibat pandemi virus corona. Berbeda dari klub lain, Madura United memutuskan membebastugaskan pemain-pemainnya hingga waktu yang tidak ditentukan.

“Kami tidak ada penugasan khusus, kami hanya terus mengingatkan pemain untuk latihan sendiri. Habis mau bagaimana lagi, latihan secara grup juga rentan kan,” kata RD.

Biasanya, klub-klub peserta Shopee Liga 1 2020 lainnya memberi tugas kepada pemainnya agar bisa menjaga kondisi fisik. Durasi panjang masa libur ini diprediksi berdampak pada pemain, baik secara fisik maupun mental.

1 dari 2 halaman

Menunggu Situasi Kondusif

Rahmad Darmawan (c) Madura United for Bola.net Rahmad Darmawan (c) Madura United for Bola.net

Semua pemain Madura United dipersilakan pulang ke keluarga masing-masing sembari menunggu situasi kembali kondusif. Meskipun demikian, RD bakal terus memantau aktivitas para pemainnya.

Rahmad Darmawan menilai komunikasi menjadi sangat penting dengan situasi yang terjadi saat ini. Fenomena ini berimbas kepada mental pemain. Tidak mudah bagi seorang pemain meninggalkan pekerjaan mereka dalam waktu yang sangat lama, apalagi tanpa kepastian seperti ini.

“Saling mendukung menjadi salah satu cara untuk menguatkan satu sama lain. Yang pasti kami terus berusaha memompa semangat pemain lewat pesan atau komunikasi dengan mereka,” imbuh pelatih Madura United berusia 53 tahun itu.

2 dari 2 halaman

Pemain Asing Mudik

Madura United (c) Bola.com/Aditya Wany Madura United (c) Bola.com/Aditya Wany

Sebelumnya, klub asal Pulau Garam tersebut menetapkan libur aktivitas hingga 14 April 2020. Namun, manajemen klub memperpanjang masa libur hingga 29 Mei 2020 setelah adanya keputusan dari PSSI.

Keputusan Madura United meliburkan skuatnya hingga 29 Mei merupakan jalan yang positif. Pemerintah melalui BNPB sudah lebih dulu memastikan bahwa status darurat bencana wabah penyakit COVID-19 ini diperpanjang hingga 29 Mei 2020.

Sejumlah pemain Madura United sudah memutuskan pulang kampung agar bisa bertemu dengan keluarganya. Para pemain asing juga diberi kesempatan kembali ke negara mereka masing-masing.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Aditya Wany/Editor Yus Mei Sawitri

Published: 6 April 2020

KOMENTAR