BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tak Ada Garansi Jam Terbang, Regulasi Pemain U-20 Harusnya Dipertegas

14-08-2020 00:44 | Ari Prayoga

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso (c) Official Persebaya Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso (c) Official Persebaya

Bola.net - PT. Liga Indonesia Baru (LIB) akan mengusulkan tujuh regulasi baru jelang bergulirnya Shopee Liga 1 2020. Usulan itu akan dimasukkan dalam amandemen regulasi.

Salah satu dari tujuh poin tersebut adalah kewajiban memasukkan minimal dua pemain U-20 dalam daftar susunan pemain (DSP). Bukan dalam starting eleven seperti yang diwacanakan.

Usulan tersebut direspons oleh pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Kata Aji, mestinya aturan itu dipertegas, sehingga ada jaminan pemain muda untuk mendapat tempat.

"Seharusnya memberi kesempatan pemain muda jam terbang, apalagi kan tidak ada degradasi," katanya kepada Bola.net.

Dengan kewajiban hanya masuk dalam DSP, tentu belum ada garansi pemain U-20 akan dimainkan. Bisa jadi mereka hanya duduk di bangku cadangan.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Pasrah

Namun, Aji tidak bisa berbuat banyak. Karena bagaimanapun itu sudah menjadi keputusan dari LIB selaku operator kompetisi.

"Sepertinya sudah diputuskan tidak wajib dimainkan," jelas arsitek asal Kepanjen, Kabupaten Malang itu.

Regulasi pemain U-20 semula diusulkan oleh asosiasi pelatih sepak bola Indonesia. Tujuannya untuk kepentingan timnas Indonesia yang akan tampil pada Piala Dunia U-20.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR