BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Suporter Coba-coba Dekati Stadion, Klub Langsung Dinyatakan Kalah dan Dikurangi Poinnya

22-09-2020 17:30 | Serafin Unus Pasi

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, menyalakan flare usai mengalahkan Mitra Kukar. (c) Bola.com/Yoppy Renato Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, menyalakan flare usai mengalahkan Mitra Kukar. (c) Bola.com/Yoppy Renato

Bola.net - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Shopee Liga 1 2020 tidak akan memberi toleransi kepada suporter yang bandel memaksa datang ke stadion. Walaupun hanya ada di luar saat kompetisi berlangsung.

Nol toleransi itu nanti caranya dengan menjatuhkan kekalahan buat klub yang suporternya memaksa datang. Selain dianggap kalah, poinnya juga akan dikurangi.

Shopee Liga 1 musim ini akan dilanjutkan kembali mulai 1 Oktober. Ada banyak kebijakan baru yang diterapkan, karena diputar ditengah pandemi COVID-19.

Satu di antaranya yaitu melarang suporter mendekati stadion. Kebijakan ini tidak bisa ditawar karena LIB tak mau kelanjutan Shopee Liga 1 menjadi klaster baru dalam penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Maka dari itu, LIB memilih melakukan pendekatan sanksi bukan denda. Sebab, sanksi dianggap lebih efektif dalam meminimalkan potensi pelanggaran aturan.

"Sekarang sedang dirancang PSSI dan LIB. Regulasinya dalam bentuk sanksi, bukan denda materi," ujar Direktur Operasional LIB, Sudjarno, Selasa (22/9).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Sosialisasi

Perihal sanksi kekalahan dan pengurangan poin ini sudah disampaikan LIB kepada tim peserta. Dalam manager meeting tim Liga 1 di Bandung, Senin (21/9) kemarin.

Kabar gembiranya, kata Sudjarno, seluruh perwakilan klub menyambut positif. Pada dasarnya semua juga tidak ingin kelanjutan Liga 1 menjadi klaster penyebaran COVID-19.

"Kemarin sudah diinfokan ke klub-klub dan semuanya sepakat dengan usulan tersebut," imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR