BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Sudah Tahu Fakta Menarik Soal Duel PSM Makassar vs Arema FC? Tugas Berat Singo Edan!

05-09-2021 08:52 | Afdholud Dzikry

BRI Liga 1 2021-2022: PSM Makassar vs Arema FC. (c) Bola/Adreanus Titus
BRI Liga 1 2021-2022: PSM Makassar vs Arema FC. (c) Bola/Adreanus Titus

Bola.net - Duel menarik antara PSM Makassar vs Arema FC bakal tersaji di lanjutan pekan pertama BRI Liga 1 2021-2022. Laga ini bakal digelar di Indomilk Arena, Minggu (5/9/2021) malam WIB.

Bagi pelatih PSM Makassar, Milomir Seslija, duel melawan Arema akan berarti reuni. Pelatih berkebangsaan Bosnia & Herzegovina itu, memiliki sejumput kenangan manis bersama Arema FC. Dia sempat mempersembahkan gelar turnamen pramusim Piala Presiden 2019.

Namun,segala memori indah tersebut akan ditepikan sementara waktu. Kedua tim bertekad meraih hasil positif di awal kompetisi musim ini terutama Arema FC.

Kegagalan Singo Edan, julukan Arema FC di Piala Menpora 2021 lalu menjadi tamparan keras. Dihuni pemain-pemain lokal ternama, Arema FC gagal bersaing dan terdampar sebagai juru kunci klasemen grup A dengan raihan satu poin dari tiga laga.

Tetapi secara historis, Arema FC bisa dibilang bakal melawan kemustahilan saat menghadapi PSM Makassar. Dilansir dari Statoskop.id, berikut lima fakta menarik yang mengiringi duel PSM Makassar vs Arema FC.

1 dari 5 halaman

Arema FC Baru Sekali Menang Di Pekan Perdana

Logo Arema FC, salah satu kontestan BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.com/Adreanus Titus
Logo Arema FC, salah satu kontestan BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Arema FC tak memiliki rekor bagus di laga perdana mereka setiap musimnya. Mereka hanya pernah sekali menang dalam empat laga perdana Liga 1 sejak 2017.

Satu-satunya kemenangan itu terjadi tahun lalu saat mereka mampu menumbangkan tuan rumah PS TIRA dengan skor 2-0. K.H. Yudo menjadi bintang kemenangan setelah memborong dua gol kemenangan Arema FC.

Sementara di tiga laga sebelumnya, Dendi Santoso dkk hanya mampu bermain imbang tanpa gol kontra Persib (2017) dan menjalani partai sengit 2-2 kontra Mitra Kukar (2018). Satu laga lainnya berakhir kekalahan 3-1 saat hadapi PSS Sleman di musim 2019.

2 dari 5 halaman

PSM Makassar Sapu Bersih Laga Perdana

PSM Makassar, salah satu kontestan BRI Liga 1 2021/22 (c) Bola.com/Adreanus Titus
PSM Makassar, salah satu kontestan BRI Liga 1 2021/22 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Hal mustahil lain yang harus dilawan Arema FC adalah rekor PSM Makassar di laga perdana. Juku Eja, julukan PSM Makassar, selalu meraih kemenangan di pekan perdana Liga 1 sejak 2017.

Persela Lamongan jadi korban pertama mereka, disusul PSIS Semarang dan Semen Padang di tahun-tahun selanjutnya. Terkini, PSS Sleman juga tak mampu menahan kekuatan mereka di Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

Benar, seluruh pertandingan perdana PSM Makassar selalu digelar di markasnya sendiri. Ini bakal jadi kali pertama, PSM Makassar bermain di luar kandang pada pekan perdana.

3 dari 5 halaman

PSM Makassar Unggul Head To Head

BRI Liga 1 2021-2022: PSM Makassar vs Arema FC. (c) Bola/Adreanus Titus
BRI Liga 1 2021-2022: PSM Makassar vs Arema FC. (c) Bola/Adreanus Titus

Secara rekor pertemuan kedua tim, lagi-lagi Arema FC jauh di bawah PSM Makassar. Dalam enam pertemuan di Liga 1, mereka hanya sanggup menang sekali, imbang dua kali dan menelan tiga kekalahan atas rivalnya tersebut.

Satu-satunya kemenangan yang berhasil diraih Arema FC, tercipta pada musim 2019. Kala itu, Arema FC yang ditukangi Milomir Seslija berhasil unggul dua gol tanpa balas.

Selepas Hasyim Kipuw diusir sang pengadil pada menit 55, Arema FC memiliki banyak kesempatan. Aksi Sylvano Comvalius dan M. Rafli tak mampu dihentikan PSM Makassar yang bermain dengan 10 orang.

4 dari 5 halaman

Milomir Seslija Pernah Taklukkan Arema FC

Milomir Seslija (c) Bola.com/YoppyRenato
Milomir Seslija (c) Bola.com/YoppyRenato

Milomir Seslija rupanya memiliki rekor positif saat harus menghadapi Arema FC di Liga 1. Satu-satunya pertandingan dimana pria yang akrab disapa Milo ini bertemu Arema FC terjadi pada tahun 2018.

Kala itu, Milomir Seslija tengah menangani Madura United pada putaran pertama Liga 1 2018. Hasil pertemuan itu sendiri berakhir dengan kemenangan 3-2 untuk Madura United.

Pertemuan nanti bakal menjadi pertemuan kedua Milomir Seslija dengan tim yang telah membesarkan namanya. Apakah sang mantan tega menggoreskan luka lagi?

5 dari 5 halaman

Milomir Seslija Begitu Spesial Bagi Arema FC

Milomir Seslija (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna
Milomir Seslija (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Arema FC pernah dilatih tujuh pelatih berbeda sejak Liga 1 pertama kali bergulir pada tahun 2017. Dari ketujuh nama tersebut, Milomir Seslija merupakan salah satu nama yang spesial.

Sebab, pelatih berusia 57 tahun tersebut menjadi satu-satunya juru racik yang dipercaya satu musim penuh. Bahkan nama-nama legenda seperti Joko Susilo dan Aji Santoso tak pernah mendapat kepercayaan selama itu sebagai pelatih kepala.

Dia melatih Arema FC semusim penuh pada kampanye musim 2019 lalu. Dalam 34 pertandingan Liga 1, Arema FC mencatat 13 kemenangan, 7 hasil seri dan 14 kekalahan dan mengakhiri kompetisi di posisi ke-9 dengan raihan 46 poin.

Disadur dari: Bola.com (Wahyu Pratama/Gregah Nurikhsani; 3/9/2021)

KOMENTAR