BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Striker Masa Depan Timnas Indonesia, Ini Torehan Bagus Kahfi dalam Angka

30-11-2020 15:15 | Richard Andreas

Bagus Kahfi (c) Bola.net/Fitri Apriani Bagus Kahfi (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Bagus Kahfi digadang-gadang sebagai salah satu calon penyerang terbaik Indonesia di masa mendatang. Di usia muda dia sudah tampil impresif pun menunjukkan potensi menjanjikan.

Bahkan kehebatannya yang sudah terbukti membuat namanya menjadi perbincangan setelah FC Utrecht sempat dikabarkan tertarik ingin memboyongnya hingga akhirnya batal.

Kegagalan Bagus Kahfi bergabung bersama tim muda dari klub Belanda itu disebutkan karena kurang baiknya komunikasi yang terjalin antara FC Utrecht dan Barito Putera selaku klub yang memiliki Bagus Kahfi.

Kegagalan itu membuat Barito Putera seakan menjadi sasaran tembak warganet, di mana banyak yang menyebut klub yang bermarkas di Banjarmasin itu menghalangi potensi besar Bagus untuk tampil di Eropa.

Padahal sebagai klub yang memiliki ikatan kontrak dengan Bagus Kahfi, Barito Putera memiliki hak penuh atas sang pemain.

Bahkan sejak awal klub berjulukan Laskar Antasari itu mengajukan opsi kepada FC Utrecht jika menginginkan Bagus Kahfi, membayar mahar transfer atau adanya klausul pengembalian pemain ke Barito Putera jika FC Utrecht tidak lagi menggunakannya, dalam arti FC Utrecht tidak boleh menjualnya kepada klub lain.

Begitu hangatnya nama Bagus Kahfi yang tengah dibahas memang senada dengan penampilannya yang luar biasa di area penyerangan timnya, terutama ketika memperkuat Timnas Indonesia. Bagus Kahfi memang merupakan pemain yang menjadi andalan Timnas Indonesia sejak kategori usia U-15.

Menjadi bagian dari tim asuhan Fakhri Husaini sejak 2017, Bagus Kahfi memang selalu menjadi andalan. Ia menjadi pemain yang subur bersama Timnas Indonesia U-16 asuhan Fakhri Husaini, yang berlanjut hingga ke Timnas Indonesia U-19.

Penampilan yang cemerlang itu juga yang membawa Bagus Kahfi merasakan pengalaman berlatih di Inggris bersama Garuda Select. Bahkan striker muda Barito Putera itu harus merasakan pengalaman pahit dengan mengalami cedera yang mengharuskannya menepi dari lapangan dan menjalani perawatan intensif di Inggris.

Bagaimana kilasan kiprah Bagus Kahfi, terutama di Timnas Indonesia U-19? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 4 halaman

16

Merupakan jumlah gol Bagus Kahfi bersama Timnas Indonesia di Piala AFF U-16, mulai dari 2017 hingga 2018. Bagus Kahfi yang menjadi ujung tombak tim asuhan Fakhri Husaini mampu mencetak 22 gol dalam dua edisi Piala AFF U-16.

Dalam debutnya di Piala AFF U-16 2017, Bagus Kahfi mampu mencetak tiga gol. Ketiganya dicetak Bagus Kahfi saat Timnas Indonesia U-16 kalah 3-7 dari Australia di pertandingan ketiga Grup A.

Setelah itu, pada Piala AFF U-16 2018, Bagus Kahfi mampu membawa Timnas Indonesia U-16 menjadi juara dengan menorehkan 13 gol selama turnamen.

Bagus Kahfi memulai turnamen saat itu dengan mencetak hattrick ke gawang Filipina, di mana Timnas Indonesia U-16 menang telak 8-0. Kemudian ia mencetak dua gol dalam tiga pertandingan berturut-turut, yaitu saat tim asuhan Fakhri itu menang 2-1 atas Myanmar, 4-2 atas Vietnam, dan 3-0 atas Timor Leste.

Timnas Indonesia U-16 menutup fase grup dengan kemenangan telak 4-0 atas Kamboja. Dalam pertandingan itu, Bagus Kahfi berhasil kembali mencetak hattrick seperti pada pertandingan pertama fase grup tersebut.

Satu gol lagi dicetak Bagus Kahfi saat Timnas Indonesia U-16 memastikan tiket ke final setelah menang 1-0 atas Malaysia di pertandingan semifinal. Total 13 gol dicetaknya pada Piala AFF U-16 2018 dan menjadikannya sebagai top scorer.

2 dari 4 halaman

4

Masih dari Timnas Indonesia U-16, Bagus Kahfi mencetak empat gol untuk tim asuhan Fakhri Husaini itu dalam dua turnamen yang saling berkaitan.

Tiga gol diciptakan oleh Bagus Kahfi dalam kualifikasi Piala AFC U-16 2018. Tiga gol tersebut dicetak Bagus dalam satu pertandingan, yaitu ketika Timnas Indonesia U-16 menang telak 18-0 atas Kepulauan Mariana Utara di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Saat itu, Fakhri Husaini memang sudah memiliki begitu banyak pilihan di lini serang. Bahkan Sutan Zico tampil lebih cemerlang dalam turnamen kualifikasi tersebut dengan mencetak 10 gol.

Sementara itu, satu gol lain dicetak Bagus Kahfi di putaran final Piala AFC U-16 2018. Bagus mencetak gol tersebut dalam laga kontra Iran yang merupakan pertandingan pertama Tim Garuda Muda di fase grup.

3 dari 4 halaman

6

Merupakan jumlah gol yang dicetak Bagus Kahfi dalam turnamen pertamanya bersama Timnas Indonesia U-19 di level AFF. Bagus Kahfi berhasil mencetak enam gol di Piala AFF U-19 2019.

Seperti halnya ketika memperkuat Timnas Indonesia U-16, Bagus Kahfi langsung memperlihatkan ketajamannya dalam pertandingan pertama bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 itu. Dalam pertandingan kontra Filipina, di mana Timnas Indonesia U-19 menang telak 7-1, Bagus Kahfi berhasil menymbang dua gol.

Dua gol lagi dicetak oleh Bagus Kahfi ketika Timnas Indonesia U-19 menang telak 6-1 atas Brunei Darussalam. Bagus Kahfi melengkapi jumlah torehan golnya di fase grup menjadi lima gol berkat satu tambahan ketika Indonesia menang tipis 2-1 atas Laos.

Kemudian satu gol tercipta lainnya terjadi ke gawang Malaysia di babak semifinal. Sayangnya, Timnas Indonesia U-19 harus kalah 3-4 dalam laga yang berlangsung selama 120 menit.

Torehan enam gol tersebut sekaligus mengantarkan Bagus Kahfi menjadi pencetak gol terbanyak bersama dua pemain lainnya, yaitu Dylan Ruiz-Diaz dari Australia dan Mouzinho Barreto de Lima dari Timor Leste.

4 dari 4 halaman

2

Jumlah paling sedikit ini merupakan torehan gol Bagus Kahfi di level AFC U-19. Belum mendapatkan kesempatan tampil di putaran final Piala AFC lantaran kejuaraan yang ditunda lantaran pandemi COVID-19, Bagus Kahfi baru mengikuti turnamen kualifikasi untuk Piala AFC U-19 2020.

Dua gol dicatatkan Bagus Kahfi untuk mengantarkan Timnas Indonesia U-19 lolos ke putaran final. Dua gol tersebut dicetak Bagus Kahfi, masing-masing saat Tim Garuda Muda menang telak 4-0 atas Hong Kong dan bermain imbang 1-1 dengan Korea Selatan.


Disadur dari: Bola.com (Benediktus Gerendo Pradigdo), published 30 November 2020

KOMENTAR