Stadion Kanjuruhan bakal Diruntuhkan, Ini Tanggapan Penjual di Kawasan Stadion

Serafin Unus Pasi | 19 Oktober 2022, 17:35
Stadion Kanjuruhan bakal Diruntuhkan, Ini Tanggapan Penjual di Kawasan Stadion
Penampakan Stadion Kanjuruhan, di Kabupaten Malang, Senin (10/10/2022). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Rencana diruntuhkannya Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang mendapat tanggapan dari para pedagang yang berjualan di kompleks stadion. Mereka mengaku belum ada sosialisasi dari pengelola stadion tersebut.

"Sejauh ini, belum ada sosialisasi dari pengelola," ucap salah seorang pemilik toko di kawasan Stadion Kanjuruhan, Awang Karta.

"Kami belum kepikiran, belum tahu rencananya bakal seperti apa," sambungnya.

Kendati belum ada kepastian bakal seperti nasibnya ketika Stadion Kanjuruhan dirobohkan, Awang menyimpan sebuah asa. Ia berharap agar ke depannya masih bisa mencari nafkah di kompleks stadion yang baru.

"Sebagai pedagang yang mengais rejeki di sekitar stadion, harapannya, saya bisa tetap berjualan," ia menambahkan.

Sebelumnya, Stadion Kanjuruhan dipastikan akan segera diruntuhkan dan dibangun dari awal dan sesuai dengan standar FIFA. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Terdampak Sanksi

Sebelum mendapat kejelasan nasib mereka, para pedagang ini sejatinya juga sudah terdampak sanksi yang diterima Arema FC akibat terjadinya Tragedi Kanjuruhan awal Oktober lalu. Mereka mengaku terusirnya Arema FC sampai akhir musim 2022/2023 ini memukul omset para pedagang di kawasan Stadion Kanjuruhan.

"Saya merasakan dampak sanksi jika Arema tidak boleh menjadi tuan rumah. Dari sisi ekonomi akan sangat terasa," ucap Awang.

"Selama awal pandemi covid kemarin, tidak ada kegiatan di sini, bahkan dilockdown. Bisa digulirkannya kembali Liga 1 membuat sisi ekonomi di Stadion Kanjuruhan dan sekitarnya jadi terangkat. Ke depannya, karena Arema tidak bisa melanjutkan kompetisi pada sisa pertandingan home agak mengurangi pendapatan pedagang di sekitar Stadion Kanjuruhan," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR