BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

SOS Harap Kemenpora dan BOPI Perjuangkan Stimulus untuk Pelaku Sepak Bola

02-10-2020 08:57 | Gia Yuda Pradana

Akmal Marhali, Kordinator Save Our Soccer (c) Bola.net/Mustopa El Abdy Akmal Marhali, Kordinator Save Our Soccer (c) Bola.net/Mustopa El Abdy

Bola.net - Save Our Soccer (SOS) angkat bicara soal penundaan lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 musim 2020. Lembaga yang concern dengan perbaikan tata kelola sepak bola Indonesia ini berharap agar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) bisa berperan aktif menyelamatkan nasib para pelaku sepak bola.

"Kemenpora bersama BOPI harus segera mengambil langkah konkret," kata Koordinator SOS, Akmal Marhali.

"Mereka harus menyelamatkan olahraga dari problem multidimensi akibat Covid-19, terutama masalah ekonomi," sambungnya,

Menurut Akmal, langkah yang bisa diambil Kemenpora adalah memperjuangkan agar para pelaku olahraga, khususnya sepak bola, mendapat stimulus dari pemerintah. Stimulus tersebut sebelumnya juga sudah didapat oleh seniman dan budayawan, yang penghidupannya terdampak pandemi ini.

"Harusnya, Kemenpora memperjuangkan agar para pelaku olahraga, terutama sepak bola mendapatkan stimulus dan bantuan ekonomi dari pemerintah layaknya seniman dan budayawan," tutur Akmal.

Sebelumnya, kelanjutan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 tertunda atau bahkan tak bisa digelar. Hal ini tak lepas dari pernyataan pihak kepolisian yang enggan memberikan izin keramaian.

Kompetisi sendiri rencananya akan dihelat kembali mulai Jumat (02/10) ini. Sementara itu, kompetisi dijadwalkan bakal selesai pada akhir Februari 2021 mendatang.

PSSI meminta agar kompetisi bisa dilanjutkan pada November mendatang. Jika lebih lambat dari November, mereka mengaku peluang kompetisi digelar kian kecil.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Belum Ada Langkah Konkret

Shopee Liga 1 2020 (c) Liputan6.com/Johan Tallo Shopee Liga 1 2020 (c) Liputan6.com/Johan Tallo

Lebih lanjut, Akmal menilai bahwa sejauh ini Kemenpora belum melakukan tindakan nyata untuk menyelamatkan olahraga Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Padahal, ia menambahkan, olahraga memiliki arti penting dalam kehidupan masyarakat, terutama pada masa pandemi ini.

"Sejauh ini, belum ada langkah-langkah konkret dari Kemenpora terkait olahraga indonesia di tengah pandemi," ujarnya.

"Padahal, olahraga adalah penjaga imunitas terbaik saat ini saat covid-19 belum ditemukan vaksinnya," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR