Soal Lagu Rasis, PSSI Lempar Wacana Pertandingan Dapat Dihentikan

Bola.net | 1 Oktober 2018, 17:13
Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia dan PSSI (c) Fitri Apriyani
Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia dan PSSI (c) Fitri Apriyani

Bola.net - - Nyanyian berbau rasis selama ini jadi percikan api sebagai lahirnya atau langgengnya perseteruan antar suporter. Lantaran rivalitas dianggap tidak lagi sehat, maka PSSI mewacanakan aturan baru.

PSSI berencana untuk menghentikan suatu pertandingan apabila suporter menyanyikan lagu rasis di dalam stadion. Wacana ini sebagai antisipasi bentrokan antar suporter di dalam maupun luar lapangan.

Usulan ini muncul di tengah diskusi antara Kemenpora, PSSI, Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), perwakilan klub-klub Liga 1, perwakilan suporter sepak bola di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2018).

"Rasis jadi kampanye FIFA dan kita semua untuk dihindari. Saya kira ini penting untuk menjadi tekad bersama termasuk APPI," ujar Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

"Kalau ada nyanyian itu (rasis), kita sama-sama berhenti dan menurut saya, ini menjadi salah satu kesimpulan penting di pertemuan hari ini jika ini menjadi kesempatan bersama," tambah pria yang akrab dipanggil Jokdri ini.

Adapun, Ponaryo Astaman selaku General Manajer APPI sepaham dengan wacana ini. "Setuju," imbuh Ponaryo.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR