BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Soal Format Kompetisi 2021, Ini Tawaran Solusi dari Arema FC

21-04-2021 19:27 | Serafin Unus Pasi

Para pemain dan wasit Shopee Liga 1 2020 (c) Liputan6.com/Johan Tallo Para pemain dan wasit Shopee Liga 1 2020 (c) Liputan6.com/Johan Tallo

Bola.net - Manajemen Arema FC angkat bicara terkait adanya wacana kompetisi 2021 akan dihelat dengan format home tournament, seperti gelaran Piala Menpora 2021. Klub berlogo singa mengepal ini mengaku ada format yang lebih baik ketimbang home tournament.

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, menyebut bahwa format tandang-kandang akan sangat membebani klub dalam hal pembiayaan. Namun, ia menilai bahwa format home tournament juga bukan merupakan solusi paling bagus.

"Menurut kami solusinya, seperti pernah saya usulkan, kompetisi tetap dihelat kandang-tandang," kata Ruddy Widodo.

"Namun, kompetisi dipusatkan di Pulau Jawa," sambungnya.

Menurut Ruddy, klub-klub yang harus mengungsi ke Jawa bisa menggunakan stadion yang tak terpakai sebagai kandang mereka. Ia mencontohkan, di Malang, tim dari luar Pulau Jawa bisa menggunakan Stadion Gajayana ketika Arema FC berkandang di Stadion Kanjuruhan.

"Nah, selain itu kan ada banyak stadion yang tak dipakai. Silakan saja dipakai," ia menambahkan.

Sebelumnya, sempat muncul wacana bahwa kompetisi musim 2021 bakal dihelat dengan format home tournament. Ada kabar bahwa 18 klub peserta dibagi dalam dua grup dan dihelat di tempat netral. Nantinya, dua klub terbaik dari masing-masing grup akan bertemu pada babak semifinal. Pemenang babak ini akan bersua di partai final untuk memperebutkan gelar juara.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Yakin Ada Solusi

Lebih lanjut, Ruddy optimistis bahwa kompetisi musim 2021 bakal dihelat dengan format terbaik. Ia yakin bahwa para pengambil kebijakan di federasi bakal berpikir panjang dalam mempertimbangkan opsi-opsi yang ada.

"Saya yakin akan ada solusi terbaik untuk format kompetisi," kata Ruddy.

"Saya percaya teman-teman di Komite Eksekutif PSSI bisa mengambil keputusan terbaik," ia menambahkan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR