Sho Yamamoto Tiba di Surabaya, Akankah Lebih 'Meledak' dari Taisei Marukawa?

Gia Yuda Pradana | 31 Mei 2022, 13:46
BRI Liga 1: Selebrasi Taisei Marukawa (kanan) usai mencetak gol untuk Persebaya Surabaya (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Selebrasi Taisei Marukawa (kanan) usai mencetak gol untuk Persebaya Surabaya (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Satu persatu pemain asing Persebaya Surabaya terus berdatangan. Setelah Higor Vidal, kini giliran Sho Yamamoto yang mendarat di Bandara Juanda, Selasa (31/05/2022) pagi.

Sho Yamamoto merupakan winger asal Jepang. Dia akan mengisi slot pemain asing Asia yang sebelumnya diisi oleh kompatriotnya, Taisei Marukawa.

Kehadiran Sho Yamamoto membuat legiun asing Persebaya semakin komplet. Sebelumnya ada Leo Lelis dan Higor Vidal yang lebih dulu bergabung.

Artinya, Persebaya tinggal menunggu kehadiran satu pemain asing lagi. Posisi itu seharusnya diisi Jefferson Assis, tapi batal karena masalah administrasi.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Punya CV Mentereng

Persebaya Surabaya (c) Bola.com/Adreanus Titus

Persebaya Surabaya (c) Bola.com/Adreanus Titus

Jika melihat kesuksesan Taisei Marukawa di BRI Liga 1 2021/2022, Sho Yamamoto akan mendapat ekspektasi tinggi. Dia harus bisa menjadi pendulang gol dan assist.

Namun, Aggy Eka Ressy, agen Sho Yamamoto meyakini bahwa winger 25 tahun tersebut bisa memenuhinya. Sebab, dari sisi pengalaman, Sho dinilai lebih dari Marukawa.

Sho Yamamoto, kata Aggy, punya curriculum vitae yang lebih mentereng daripada Taisei Marukawa. Dia punya pengalaman main reguler di Eropa.

"Terus dia bukan pemain cadangan, tapi bermain reguler," kata Aggy Ressy.

2 dari 4 halaman

Pernah Tampil di Liga Europa

Sementara, berdasarkan penelusuran Bola.net di laman transfermarkt, Sho Yamamoto menghabiskan sebagian besar kariernya di Serbia dan Montenegro.

Dia bermain untuk Rudar Pljevlja, OFK Petrovac, dan FK Iskra Danilovgrad di Liga Montenegro. Sementara Spartak Subotica menjadi satu-satunya klub Serbia yang dibelanya.

Bersama FK Iskra Danilovgrad, Sho Yamamoto juga mencicipi atmosfer kompetisi Eropa. Dia tampil pada kualifikasi Liga Europa musim 2020/2021.

3 dari 4 halaman

Statistik Sho Yamamoto

Menurut sumber yang sama, pada musim 2021/2022, Sho Yamamoto kerap menjadi andalan FK Iskra. Dia tampil 27 kali di Liga Pertama Montenegro.

Namun, kontribusi pemain kelahiran Tokyo, Jepang tersebut tidak terlalu nampak. Dari 27 penampilannya, dia hanya menyumbang 3 gol dan 2 assist.

Torehan gol terbanyak Sho Yamamoto dicetak bersama OFK Petrovac pada musim 2018/19. Dia mencetak 7 gol dari 30 penampilannya di Liga Montenegro.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR