BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sempat Bekerja di Bank, Begini Kisah Sukses Muly Munial Jadi 'Super Agen'

05-12-2020 04:15 | Richard Andreas

Mulyawan Munial (c) Bola.net/Fitri Apriani Mulyawan Munial (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Jalan hidup seseorang memang selalu jadi misteri. Sempat bekerja di salah satu bank swasta, Mulyawan Munial atau yang akrab disapa Muly kini dikenal sebagai salah satu agen pemain terbaik di Indonesia.

Muly mengatakan sebelum menjadi agen pemain seperti sekarang, dirinya merupakan pegawai swasta. Bermodalkan gelar S1 jurusan keuangan dan S2 marketing bisnis, ia membangun kariernya di dunia perbankan.

Namun, karier Muly di bidang perbankan tidak berjalan mulus karena krisis moneter yang terjadi di Indonesia pada 1998. Kegagalan itu jadi titik balik hidupnya.

"Dari situ saya sempat nonton film berjudul Jerry Maguire," ujar Muly, dalam acara bertajuk Half Time Session, di akun Youtube PSIM Jogja.

Film yang dibintangi Tom Cruise pada 1996 itu bercerita tentang seorang agen atlet. Muly mengatakan film tersebut sangat menginspirasinya.

"Dari film tersebut saya belajar, ternyata kalau kamu gagal sebagai atlet, kalau passion kamu masih di olahraga, ada satu profesi namanya agen yang di sana terlibat membantu para atlet. Bagi saya, itu kerja impian," ucap Muly.

"Akhirnya saya belajar industri ini. Kebetulan di Indonesia ketika itu (peran agen) masih kecil. Saya melamar ke mana-mana, ada satu perusahaan bernama International Management Group (IMG), saya coba belajar sama mereka karena mereka kebetulan ada cabang di Jakarta," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters!

1 dari 1 halaman

Akrab dengan Olahraga Sejak Muda

Muly mengatakan sejak muda dirinya memang punya ketertarikan terhadap dunia olahraga. Selain sepak bola, Muly juga menggemari badminton, tenis, hingga catur.

"Saya sampai ke Australia untuk belajar tenis di sana," imbuh Muly.

Saat ini Muly mengelola Munial Sports Group (MSG) yang menaungi banyal pesepak bola muda berbakat. Di antaranya, Rendy Juliansyah, Hanif Sjahbandi, dan sebagainya.

(Fitri Apriani/Bola.net)

KOMENTAR