Saat Hasil Pertandingan Persib Bandung 'Kirim' Semen Padang dan Persipura Jayapura ke Liga 2

Asad Arifin | 1 April 2022, 08:14
Striker Persib Bandung David da Silva merayakan golnya ke gawang Persija Jakarta di laga pekan ke-28 BRI Liga 1 2021-22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Selasa (01/03/2022) malam WIB. (c) BRI Liga 1 Official Twitter
Striker Persib Bandung David da Silva merayakan golnya ke gawang Persija Jakarta di laga pekan ke-28 BRI Liga 1 2021-22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Selasa (01/03/2022) malam WIB. (c) BRI Liga 1 Official Twitter

Bola.net - Persib Bandung seolah mengulang kisah musim 2017 saat menjalani laga terakhir BRI Liga 1 2021/2022. Sebab, hasil yang didapat Persib akan sangat menentukan nasib klub lain yang akan turun kasta ke Liga 2.


Persib Bandung berjumpa Barito Putera pada laga pekan ke-34 BRI Liga 1, Kamis (31/3/2022) petang WIB. Hasil laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta ini sangat penting. Sebab, ada Barito Putera, PSS Sleman dan Persipura yang bersaing lepas dari degradasi.

Pada waktu yang sama dengan laga di atas, Persipura berjumpa Persita Tangerang dan PSS berjumpa Persija Jakarta. PSS hanya butuh hasil imbang untuk bertahan di BRI Liga 1 dan mereka menang 2-0 lawan Persija.

Situasi Persipura sedikit lebih rumit. Mutiara Hitam harus menang dan berharap 'bantuan' Persib mengalahkan Barito Putera, berapa pun skornya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Persipura Degradasi

Pemain Persipura Jayapura, Yohanes Pahabol, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang pada laga BRI Liga 1 di Kompyang Sujana, Denpasar Kamis (31/03/2022). (c) Bola.com/ M Iqba

Persipura menang dengan skor 3-0 pada laga melawan Persita. Feri Pahabol, Yevhen Bokhashvili, dan Ramiro Fergonzi bergantian mencetak gol. Hasil yang sesuai harapan bagi Persipura. Mereka punya 36 poin.

Pada menit ke-80, saat Fergonzi mencetak gol ketiga Persipura, Persib Bandung dalam posisi unggul 1-0. Persib mencetak gol dari aksi Beckham Putra pada menit ke-54. Pada situasi ini, Persipura aman dari degradasi.

Tapi, Persib melewatkan begitu banyak peluang gol ke gawang Barito Putera. David da Silva gagal mencetak gol dari titik putih dan situasi satu lawan satu. Lalu, gawang Persib dibobol Beni Oktovianto pada menit ke-84.

Gol Beni adalah petaka bagi Persipura. Sebab, setelah gol itu, laga Barito Putera vs Persib seperti selesai lebih cepat. Sementara, wajah gusar tampak di tribune laga Persita vs Persipura. Mereka cemas menanti hasil laga.

Akhirnya, Barito imbang lawan Persib dan mendapat 36 poin. Persipura punya poin yang sama, tetapi kalah head to head. Persipura harus turun kasta ke Liga 2 pada musim depan.

2 dari 2 halaman

Dulu Semen Padang Degradasi

Selebrasi Semen Padang (c) Bola.com/Yoppy Renato

Persib Bandung terlibat skenario yang juga pelik pada musim 2017. Saat itu, pada laga terakhir, Persib menjamu Perseru Serui di Stadion Jalak Harupat. Kemenangan Persib dinantikan Semen Padang yang pada laga lain berjumpa PS Tira.

Semen Padang berhasil memenangkan laga di Stadion H. Agus Salim dengan skor 2-0. Gol-gol Kabau Sirah dicetak Vendry Mofu dan Marcel Sacramento. Tapi, kemenangan itu terasa sia-sia belaka.

Sebab, di Soreang, Persib Bandung kalah dengan skor 2-0 dari Perseru Serui di hadapan pendukung sendiri. Gol-gol tim yang kini berganti nama menjadi Badak Lampung FC itu dicetak Ryu Karube pada menit ke-70 dan Silvio Escobar dan 81.

Kegagalan Persib mengalahkan Perseru membuat Semen Padang turun kasta ke Liga 2. Semen Padang mendapatkan 35 poin pada klasemen akhir, tertinggal dua poin dari Perseru yang mendapat tambahan tiga poin dari markas Persib.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR