BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Road to Final Piala Menpora 2021: Persib Bandung, Tanpa Target Tapi ke Final

20-04-2021 12:07 | Asad Arifin

Persib Bandung di Piala Menpora 2021 (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan Persib Bandung di Piala Menpora 2021 (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Persib Bandung melaju ke final Piala Menpora 2021. Langkah Maung Bandung sampai ke laga puncak bisa dikatakan mengejutkan karena awalnya mereka sama sekali tidak mematok target pada turnamen pramusim ini.

Sebelum tampil di Piala Menpora 2021, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono, dan pelatih Maung Bandung, Robert Alberts, sepakat menegaskan tidak ada target yang diusung dalam turnamen pramusim ini. Menurut pelatih asal Belanda dan sang direktur, turnamen ini benar-benar menjadi persiapan untuk para pemain yang sudah lama tidak bertanding sepak bola.

"Targetnya tidak juara. Turnamen ini kan sifatnya pramusim. Kami akan menggunakan ini sebagai ajang pemain berlatih dan bermain kembali," kata Teddy setelah drawing Piala Menpora 2021 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Senin (8/3/2021).

Pernyataan keduanya dipertegas dengan keputusan Robert Alberts merotasi para pemainnya selama fase grup Piala Menpora 2021. Selain Supardi Nasir yang absen pada fase grup karena tengah mengikuti kursus lisensi kepelatihan, semua pemain Persib mendapatkan menit bermain dari Robert Alberts pada fase grup.

1 dari 2 halaman

6 Pertandingan, 4 Kemenangan

Persib Bandung di Piala Menpora 2021 (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan Persib Bandung di Piala Menpora 2021 (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Hingga memastikan diri melangkah ke final Piala Menpora 2021, Persib Bandung melewati enam pertandingan sejak awal turnamen pramusim itu digelar. Hasilnya, Persib tanpa terkalahkan dan meraih empat kemenangan di antaranya.

Persib mengawali kiprah di Piala Menpora dengan hasil imbang 1-1 saat menghadapi Bali United. Kebobolan lebih dulu lewat gol Willian Pacheco, Persib mampu menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Frets Butuan pada menit ke-89.

Laga tersebut seakan menjadi ajang pemanasan sebelum meraih dua kemenangan dalam laga fase grup yang tersisa. Persib menang 3-1 atas Persita Tangerang dan 2-1 atas Persiraja Banda Aceh.

Frets Butuan kembali mencatatkan namanya di papan skor dalam kemenangan atas Persita, selain Esteban Vizcarra dan Ezra Walian. Sementara dalam laga kontra Persiraja Wander Luiz dan Ferdinand Sinaga mencatatkan namanya di papan skor.

Melangkah ke perempat final sebagai juara Grup D Piala Menpora 2021, Persib langsung dihadapkan dengan laga seru kontra Persebaya Surabaya. Persib bahkan mampu unggul cepat. Dalam enam menit pertama, Persib unggul 2-0 berkat gol Ezra Walian saat laga baru berjalan 40 detik dan Wander Luiz pada menit keenam.

Bahkan Nick Kuipers berhasil memperbesar keunggulan Persib Bandung menjadi 3-0 melalui gol yang dicetaknya pada menit ke-37. Persib mampu unggul 3-0 saat babak pertama berakhir. Namun, Persib kebobolan dua gol pada babak kedua, tapi beruntung bisa tetap unggul untuk lolos ke semifinal.

2 dari 2 halaman

Semifinal yang Seru

Dalam dua leg pertandingan semifinal kontra PSS Sleman, Persib Bandung tampil pantang menyerah. Dalam dua laga tersebut, Persib sama-sama tertinggal lebih dulu sebelum hingga akhirnya membalas.

Dalam leg pertama, gol Saddam Gaffar sempat membuat Persib tertinggal. Beruntung Victor Igbonefo dan Frets Butuan mampu mencetak gol dan membawa Persib berbalik unggul dan menang 2-1. Sementara pada leg kedua, Saddam Gaffar kembali membuat Persib tertinggal, tapi Ezra Walian mampu menyamakan kedudukan dan Persib pun melangkah ke final dengan agregat 3-2.

Dalam laga puncak Piala Menpora 2021, Persib Bandung bakal menghadapi lawan bebuyutan mereka, Persija Jakarta. Laga puncak itu juga digelar dalam dua leg, masing-masing di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Kamis (22/4/2021), dan di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021).

Disadur dari Bola.com (Penulis: Benediktus Gerendo, 20 April 2021)

KOMENTAR