Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto Gabung Persib, Siapa yang Tersingkir?

Gia Yuda Pradana | 6 April 2022, 14:25
Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (c) AP Photo
Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (c) AP Photo

Bola.net - Persib Bandung telah resmi merekrut Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto. Seperti pada umumnya, jika ada yang datang, berarti juga bakal ada yang keluar.


Kehadiran dua mantan pemain Persebaya Surabaya itu membuat stok pemain di lini tengah Persib menumpuk. Persaingan untuk mendapatkan tempat di tim inti pun bakal semakin panas.

Sebelumnya, Skuad Maung Bandung sudah memiliki sejumlah gelandang berkualitas seperti Marc Klok, Dedi Kusnandar, Abdul Aziz, Beckham Putra Nugraha, Syafril Lestaluhu dan Mohammed Rashid.

Pengamat sepak bola asal Bandung, Sujana mengakui persaingan lini tengah akan makin ketat setelah Kambuaya dan Irianto masuk. Para gelandang akan saling sikut untuk memperebutkan posisi inti tim.

"Ini evaluasi manajemen melihat kekurangan pemain dengan rekrutan dua pemain baru ini, otomatis kebutuhan tim buat Persib ke depannya,"ujar Sujana, kepada Bola.com, di Bandung, Rabu (6/4/2022).

1 dari 3 halaman

Banyak Pemain

Pemain Timnas Indonesia, Rachmat Irianto (c) Bola.net/Vitalis Yogi Trisna

Pemain Timnas Indonesia, Rachmat Irianto (c) Bola.net/Vitalis Yogi Trisna

Lebih lanjut, Sujana menyebut ada sejumlah pemain yang bisa jadi korban kedatangan Kambuaya dan Irianto. Satu di antaranya adalah Dedi Kusnandar. Pemain berusia 30 tahun ini diprediksi bakal kesulitan menembus skuad inti musim depan.

"Saya kira Dedi Kusnandar, tapi saya dengar juga Mohammed Rashid mau keluar ya. Mungkin dua gelandang ini ya yang bisa jadi korban," imbuh Sujana.

Kendati begitu, eks pemain Persib ini lebih berharap pelatih Robert Alberts bisa memberikan kepercayaan lebih kepada pemain binaan. Menurutnya, kemampuan pemain lokal tidak berbeda jauh dengan pemain lainnya.

"Saya sebenarnya berharap kasih kesempatan yang lokal ya, karena pemain akan bisa tahu kemampuannya kalau diberikan kepercayaan lebih oleh pelatih," tutur Sujana.

Sujana melihat secara kualitas, kemampuan Kambuaya dan Irianto sudah tidak diragukan lagi. Keduanya mampu memberikan warna berbeda bagi permainan tim sebelumnya, Persebaya Surabaya.

2 dari 3 halaman

Langkah Agresif

Persib Bandung di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Persib Bandung di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

"Kalau kualitas pastinya bagus. Di Persebaya bisa mengangkat perfoma tim dan banyak memberikan perubahan. Rachmat Irianto gaya bertahannya bagus, karakternya ada," sebut Sujana.

Keputusan Persib Bandung merekrut dua pemain Persebaya Surabaya menjadi bagian dari keseruan bursa transfer jelang musim baru. Maklum, setelah Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengumumkan akan kembali memutar Liga 1 pada medio Juli 2022, seluruh tim seolah berlomba.

Masing-masing klub bergerak cepat. Awal yang menghebohkan adalah keputusan PSIS Semarang mendatangkan dua bintang asal klub dari Jawa Timur, yakni Taisei Marukawa dan Carlos Fortes.

Kepergian dua pemain tersebut seolah menjadi awal dari eksodus beberapa pemain Persebaya Surabaya dan Arema FC. Kini, para bobotoh berharap Irianto dan Kambuaya bisa memberi warna spesial bagi performa Persib Bandung musim depan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR