Patahkan Rumor, PSM Makassar Pastikan Wiljan Pluim Bertahan

Yaumil Azis | 12 April 2022, 15:26
Willem Jan Pluim (kiri) berduel dengan Syahroni (Kanan) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Willem Jan Pluim (kiri) berduel dengan Syahroni (Kanan) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Isu seputar masa depan Wiljan Pluim akhirnya terjawab. Baru-baru ini, Munafri Arifuddin selaku CEO PSM Makassar menegaskan kalau sang kapten bakal bertahan.


"Pluim malah bilang ke saya, ia ingin pensiun di PSM," ujar Munafri pada sesi diskusi dengan suporter The Macman, Selasa (12/4/2022) dinihari WITA.

Sebelumnya, Pluim dikabarkan jadi incaran sejumlah klub. Satu di antaranya adalah PSS Sleman. Meski penampilannya tidak sebaik musim sebelumnya, peran Pluim di BRI Liga 1 terbilang besar.

Ia menjadi pencetak gol tersubur di PSM dengan mencetak 7 gol dan lima assist dalam 30 laga bersama PSM. Totalnya, sejak bergabung di PSM pada 2016, Pluim tampl 129 laga dengan koleksi 34 gol.

Pencapaian terbaiknya adalah membawa Juku Eja meraih trofi juara Piala Indonesia 2018/2019. Menurut Munafri, peran Pluim tak hanya sentral di lapangan.

Pria kelahiran Zwolle, 4 Januari 1989 ini jadi role model buat pemain PSM Makassar lainnya, khususnya pemain muda. Pluim pun sering memberikan masukan dan berbagi pengalaman kepada juniornya.

"Ia kerap marah kalau sarannya tak dijalankan. Pluim ingin pemain muda main sepak bola dengan baik bukan hanya hari ini, tapi untuk masa depan," terang Munafri.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Ingin Kutukan Striker Asing PSM Berakhir

Pada kesempatan sama, Munafri juga berharap pelatih anyar PSM Makassar, Bernardo Tavares bisa membawa striker tajam untuk membantu timnya meraih prestasi di kompetisi tertinggi.

"Saya juga bingung dengan kondisi yang dialami PSM. Di era Liga 1, PSM menjadi tim yang selalu mengganti striker setiap putaran pada musim yang sama. Semoga 'kutukan strker' ini berakhir ,"ungkap Munafri.

Padahal, manajemen PSM sudah memberikan wewenang penuh kepada pelatih untuk memilih striker yang diinginkannya. Seperti diketahui pada 2017, PSM memakai jasa Reinaldo (Brasil) dan Pavel Purishkin (Uzbekistan).

Musim berikutnya, Bruce Djite (Australia) digantikan Alessandro Ferreira Leonardo (Hongkong). Di Liga 1 2019, Eero Markkanen (Finlandia) juga hanya bertahan satu putaran dan digantikan oleh Amido Balde (Guinea-Bissau).

"Pergantian striker ini berdampak pada keuangan tim karena kami harus menyelesaikan gaji mereka sesuai kontrak awal," papar Munafri.

2 dari 3 halaman

Lini Belakang

Munafri juga ingin bek asing yang dibawa Tavares mampu jadi benteng kuat di lini belakang PSM. Munafri merujuk pengalaman PSM di BRI Liga 1 mengganti Serif Hasic (Bosnia) dengan Adam Mitter tanpa kontribusi berarti.

"Sejauh ini hanya Pluim, pemain asing yang pasti memperkuat PSM musim depan. Soal tambahan pemain asing, saya terus berkoordinasi dengan pelatih baru," pungkas Munafri.

3 dari 3 halaman

Markas Suporter

Perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 sudah berakhir dengan menyuguhkan berbagai keseruan yang memicu adrenalin, laga-laga panas, dan kejutan-kejutan menarik. Kesuksesan perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama banyak pihak, dan semuanya layak mendapat apresiasi.

Apresiasi khusus ditujukan kepada suporter yang turut menyukseskan kompetisi Liga 1 melalui kampanye #Dukungdarirumah. Komitmen suporter untuk disiplin mendukung tim kesayangannya meskipun dari rumah, merupakan salah satu kunci penting kesuksesan penyelenggaraan Liga 1 musim ini.

Kesuksesan Liga 1 2021/2022 tersebut menginspirasi lahirnya program Markas Suporter. Program ini merupakan inisiasi dari Kapanlagi Youniverse melalui Bola.com dan Bola.net dengan PSSI untuk menjadi wadah sekaligus rumah para suporter Tanah Air. Markas Suporter diharapkan jadi tempat untuk saling berbagi informasi dan silaturahmi antarsuporter baik melalui konten digital maupun aktivasi offline.

Program tersebut akan dibuka dengan Event Live Streaming Markas Suporter yang diadakan pada Kamis, 14 April 2022. Selain jadi event pembuka, acara itu juga akan menjadi ajang apresiasi kepada para suporter yang telah menyukseskan kompetisi Liga 1 musim 2021/2022.

Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita, dan Head of Dept Suporter Development and Fan Engagement PSSI, Budiman Dalimunthe, akan datang langsung ke Studio KLY untuk mengikuti acara bincang santai dengan jurnalis Bola.com, dan perwakilan suporter dan klub dari Liga 1 juga akan mendapat undangan bergabung pada acara tersebut secara online. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga diharapkan akan bergabung dalam perbincangan santai itu secara online.

Jadi, jangan lupa menyaksikan acara Event Live Streaming Markas Suporter di Vidio pada 14 April 2022, pukul 16.00 WIB.

Disadur dari: Bola.com (Wiwig Prayugi)

Diunggah pada: 12 April 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR