BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Rayakan Ulang Tahun ke-33, Arema Dapat Kado Ensiklopedia

11-08-2020 14:53 | Gia Yuda Pradana

Penulis Ensiklopedia Arema dan Aremania (kanan) bersama pimpinan BRI yang membeli cetakan pertama bukunya di kantor Arema FC, Selasa (11/8/2020) (c) Bola.net/Dendy Gandakusumah
Penulis Ensiklopedia Arema dan Aremania (kanan) bersama pimpinan BRI yang membeli cetakan pertama bukunya di kantor Arema FC, Selasa (11/8/2020) (c) Bola.net/Dendy Gandakusumah

Bola.net - Arema FC mendapat kado spesial pada peringatan ulang tahun ke-33 Arema. Klub berlogo singa mengepal ini dikado buku yang berisi sejarah perjalanan mereka dan Aremania -julukan suporter Arema.

Buku yang menjadi kado ulang tahun Arema ini berjudul 'Ensiklopedia Arema dan Aremania'. Buku setebal 180 halaman tersebut ditulis oleh Tri Septa Agung Pamungkas.

Agung, sapaan karib Tri Septa Agung Pamungkas, mengungkap karyanya tersebut dalam acara tasyakuran peringatan hari ulang tahun yang dihelat di Kantor Arema FC, Selasa (11/8/2020) siang.

Dalam sambutannya, ia menyebut bahwa penulisan buku ini berangkat dari keinginannya agar Arema dan Aremania tak sekadar berkiprah dan berprestasi di lapangan hijau. Pria asal Probolinggo ini berharap agar Arema dan Aremania bisa dikenal dalam kancah intelektual.

"Karenanya, kami menulis buku ini," kata Agung.

Menurut Agung, ensiklopedia ini akan dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama adalah buku setebal 180 halaman tersebut, sedangkan buku kedua kurang lebih setebal 130 halaman.

"Hal ini karena jika dicetak dalam satu master harganya terlalu tinggi. Karenanya, saya mencetak yang pertama ini setebal 180 halaman," tuturnya.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Beber Perjalanan Sejarah Arema dan Aremania

Aremania, suporter Arema FC (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Aremania, suporter Arema FC (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Lebih lanjut, Agung membeber isi buku yang ia tulis. Menurut alumnus Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya tersebut. bukunya berisi serba-serbi Arema sepanjang perjalanan mereka di kancah sepak bola Indonesia.

"Ini berkisah tentang perjalanan Arema mulai lahir, termasuk sosok-sosok yang terlibat di dalamnya," ungkap Agung.

"Ada juga formasi lengkap Arema sejak berdiri sampai dengan di Liga 1 musim 2020 ini. Hal ini kami bahas secara lengkap. Selain itu, ada pula profil 33 pemain legendaris Arema," ia menambahkan.

Tak hanya membahas Arema, ensiklopedia ini juga membahas Aremania. Salah satunya adalah sosok-sosok yang ditokohkan di kalangan Aremania, juga kejadian-kejadian unik yang dialami Aremania kala mendukung tim kesayangan mereka.

"Mungkin ini sekilas isi buku saya," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR