BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

PT LIB Sesuaikan Jadwal Liga 1 Agar Tak Ganggu Agenda Timnas Indonesia

05-08-2021 18:13 | Serafin Unus Pasi

Liga 1 (c) Instagram/@liga1match
Liga 1 (c) Instagram/@liga1match

Bola.net - PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana memutar Liga 1 2021/2022 mulai 20 Agustus mendatang. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Tanah Air itu dijadwalkan berakhir pada Maret 2022.

Dalam kurun waktu tersebut, ada sejumlah agenda Timnas Indonesia. Seperti play off Kualifikasi Piala AFC 2023, Kualifikasi Piala AFC 2022, Piala AFF 2020, dan beberapa FIFA matchday.

Namun, Direktur Opersional LIB, Sudjarno memastikan jadwal Liga 1 musim ini tak akan mengganggu agenda Timnas Indonesia. Sebab, jadwalnya sudah disesuaikan.

"Kami sudah agendakan, bagaimana saat Timnas Indonesia ada FIFA matchday, ada AFF, kami sudah sesuaikan. Yang jelas, durasinya mulai Agustus sampai akhir Maret 2022 untuk Liga 1," ujar Sudjarno.

"Kami tidak berharap Liga 1 lewat dari Maret. Itu juga sudah termasuk keinginan dan aspirasi dari klub saat virtual meeting, Rabu (4/8)," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Pandemi COVID-19 Pengaruhi Jadwal

Sudjarno pun mengakui, pihaknya mengalami kendala saat menyesuaikan jadwal Liga 1 dengan agenda Timnas Indonesia. Sebab, pandemi COVID-19 membuat jadwal sewaktu-waktu bisa berubah.

"Ketika FIFA matchday itu menjadi bagian yang tidak terpisahkan bahwa kami sudah rancang. Sekarang begini, kita lihat FIFA matchday ini berubah terus atau tidak. Yang kami dapat informasi dari 30 Agustus-7 September," tutur Sudjarno.

"Tapi kami dapat informasi lagi sampai 10 September. Ini yang akan kami sesuaikan. Oleh karena itu, ini jadwal sangat dinamis terkait hal itu," tambahnya.

2 dari 2 halaman

Liga 1 Diliburkan

Lebih lanjut, Sudjarno memastikan pihaknya tidak akan menggelar pertandingan saat Timnas Indonesia main. Sebab, LIB ingin agar skuad Garuda bisa tampil maksimal.

"Tapi pada saat FIFA matchday, Liga 1 tak ada pertandingan, karena kami akan memberikan kesempatan kepada Timnas Indonesia," imbuh Sudjarno.

Adapun, agenda terdekat yang akan dijalani Timnas Indonesia adalah babak play off Kualifikasi Piala AFC 2023 melawan Taiwan. Pertandingan leg pertamanya bakal berlangsung pada 7 September, atau dua minggu lebih setelah Liga 1 musim ini kick off.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR