BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

PT LIB Janji Buka Hasil Tes Swab di Lanjutan Shopee Liga 1 2020

14-08-2020 17:42 | Serafin Unus Pasi

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Sudjarno (c) Bola.net/Fitri Apriani Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Sudjarno (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 berjanji bersikap transparan dalam tes kesehatan pemain dari klub peserta. Itu artinya, hasil tes swab untuk memastikan terjangkit COVID-19 atau tidak akan dipublikasikan.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Operasional LIB, Sudjarno. Ia mengatakan, tidak ada alasan untuk tidak bersikap terbuka, apalagi teknologi sekarang semakin canggih sehingga tidak diberi tahupun informasi bisa menyebar ke mana-mana.

Oleh sebab itu, LIB akan bersikap terbuka agar informasi yang muncul sesuai dengan fakta yang ada. Terlebih, penyelenggaraan kompetisi sepak bola menyangkut hajat hidup orang banyak.

"Ya hasil dari swab itu pasti kita buka, termasuk Liga 2, kan kita lakukan swab yang sama dengan Liga 1," ujar Sudjarno, di Kantor LIB, Jakarta, Jumat (14/8).

Mengenai tes kesehatan ini, memang sempat menjadi polemik di Tanah Air. Terutama saat PSSI menggelar pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia dan U-19.

Jadwal pelaksanaan latihan di lapangan sempat berlarut-larut. Dari tiba di Jakarta pada 23 Juli, latihan di Stadion Madya, Senayan, baru diselenggarakan dua pekan kemudian.

Hal itu membuat banyak pihak bertanya-tanya apakah ada pemain atau ofisial yang terjangkit COVID-19. Namun setelah latihan di lapangan digelar, isu itu perlahan hilang.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Frekuensi Tes Swab

Lebih lanjut, Sudjarno mengatakan frekuensi tes swab untuk para pemain Liga 1 dan Liga 2 tidak hanya satu kali. Tes usap tersebut akan dilakukan secara berkala.

"Swab-nya untuk Liga 1 maupun Liga 2 setiap 14 hari. Jadi kalau Liga 1 itu gambarannya bisa 11 kali swab, kalau Liga 2 itu tiga kali swab karena kalau Liga 2 itu kan durasinya kalau kita lihat hanya 45 hari ya," tuturnya.

"Jadi kalau Liga 2 mulai tanggal 17 Oktober, kemungkinan selesainya sekitar 5 Desember karena ada interval-interval waktu kita atur untuk babak delapan besar, semifinal, sampai ke final," imbuh Sudjarno.

Jika Liga 2 hanya berlangsung kurang dari dua bulan, sementara Liga 1 empat bulan. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Tanah Air itu akan digelar pada 1 Oktober - 29 Februari 2021.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR