BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

PT LIB Cicil Dana Kontribusi untuk Setiap Klub Liga 1 per Bulan

05-08-2021 12:24 | Gia Yuda Pradana

Direktur PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita (c) Bola.net/Fitri Apriani
Direktur PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Klub peserta Liga 1 2021/2022 bisa bernapas lega setelah PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai mencairkan dana kontribusi komersial. Pada musim-musim sebelumnya, kontribusi komersial ini sering disebut sebagai subsidi.

Direktur Utama (Dirut) LIB, Akhmad Hadian Lukita menyebut pencairan dana komersial ini sudah mulai dilakukan oleh pihaknya pada Juli lalu. Nantinya, klub bakal terus mendapat kontribusi komersial di setiap bulannya sampai Liga 1 musim ini berakhir.

"Bukan subsidi namanya, tetapi kontribusi komersial. Pada bulan Juli 2021 sudah kami berikan Rp400 juta untuk setiap tim," ujar Lukita, saat sesi jumpa pers virtual, Rabu (4/8) malam.

"Berikutnya, tahap kedua, Insya Allah kami berikan pada Agustus ini sebelum klub Liga 1 bertanding," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Berapa Besarannya?

Liga 1 (c) Instagram/@liga1match
Liga 1 (c) Instagram/@liga1match

Namun, Lukita menolak untuk membeberkan jumlah kontribusi komersial yang akan didapatkan setiap klub. Menurutnya, dana yang diberikan LIB setiap bulannya bisa mengalami perubahan.

Adapun dalam dua tahun terakhir, besaran kontribusi komersial yang didapat klub dari LIB mencapai Rp5 miliar. Pada musim 2019, tim memperoleh dana segar Rp5 miliar yang dicicil menjadi sekitar Rp700 juta per bulan.

Sementara di Liga 1 2020, jumlahnya lebih besar, yaitu total Rp5,2 miliar. Namun, jumlah itu akhirnya tidak dibayarkan sepenuhnya karena kompetisi musim lalu dihentikan akibat pandemi COVID-19.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR