BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

PSSI Minta FIFA Kabulkan Kongres Pemilihan pada November 2019

21-08-2019 21:20 | Serafin Unus Pasi

Plt Ketum PSSI, Gusti Randa (c) Bola.net/Fitri Apriani Plt Ketum PSSI, Gusti Randa (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 27 Juni 2019 memutuskan memajukan jadwal kongres pemilihan Komite Eksekutif (Exco) periode 2020-2024 yang semula pada Januari 2020 menjadi 2 November 2019. Keputusan dari KLB tersebut juga sudah dilaporkan kepada FIFA.

Namun dalam prosesnya, FIFA menolak. Lewat surat yang ditujukan kepada Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria pada 7 Agustus lalu, federasi sepak bola di dunia itu meminta agar kongres pemilihan tetap digelar sesuai jadwal semula.

Diakui Gusti Randa selaku anggota Exco, PSSI telah merespon surat FIFA tersebut. Otoritas tertinggi sepak bola di Tanah Air itu berusaha melobi FIFA agar kongres pemilihan bisa digelar pada 2 November.

"Nah kami telah merespon surat tersebut, didahului sebelumnya rapat Exco. Nah rapat Exco itu memutuskan bahwa kami mengetahui bahwa keinginan FIFA seperti itu, namun kami mencoba meminta untuk tetap ada percepatan di November," ujar Gusti saat acara pembukaan pameran Indonesia Sport Expo dan Forum (ISEF) 2019 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8).

"Nah surat itu saya belum tahu apakah sudah terkirim apa belum oleh Sekjen. Tapi yang jelas keputusan Exco itu adalah kami tetap seperti itu," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Alasan PSSI

Lanjut Gusti, dalam surat tersebut dibeberkan alasan mengapa PSSI ingin kongres pemilihan digelar pada 2 November. Salah satunya, agar voters tetap kompak.

"Ada sebagian voter yang menginginkan percepatan, ada yang cuek saja, cuek saja tuh maju boleh tidak boleh, terus ada juga voter yang tidak dong mendingan di Januari karena di Januari itu nanti sudah ada voter yang hasil liga, segala macam. Nah ini kalau ini ribut-ribut padahal kami ingin membangun sepak bola. Sepak bola kami ini lagi bagus-bagusnya, jangan sampai tercederai karena teman-teman di bawah itu saling ribut, ya sudah kami majuin bagaimana, yang cuek saja oke, ternyata yang mau tetap di Januari juga kayaknya ya sudahlah kalau memang mau dimajuin, kira-kira begitu," tuturnya.

"Tapi kalau nanti FIFA mengatakan oh tidak bisa, pokoknya Januari, itu ya monggo, mau tidak mau Januari. Kalau nanti surat FIFA mengatakan harus tetap di Januari ya kami harus ikut karena PSSI ini lagi dilihat oleh FIFA, lagi bagus-bagusnya, lalu karena itu kami akan bidding Piala Dunia itu kan. Nah terlebih lagi, September ini kami ada kualifikasi Piala Dunia. Jadi jangan kegiatan-kegiatan ini terganggu dengan kesibukan-kesibukan seperti itu. Saya kira jadi tidak kondusif. Jadi kalau nanti FIFA mengatakan tetap Januari ya sudah, kami ikuti saja," imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Deretan Pesepak Bola Wanita Terbaik Dunia

KOMENTAR