BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

PSSI Majukan Bursa Transfer Shopee Liga 1 Setelah 10 Pemain Asing Cabut

11-09-2020 21:10 | Serafin Unus Pasi

Shopee Liga 1 2020. (c) bolanet Shopee Liga 1 2020. (c) bolanet

Bola.net - PSSI memutuskan untuk memajukan bursa transfer periode kedua Shopee Liga 1 2020. Penyebabnya karena banyak pemain asing yang cabut sebelum kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Tanah Air itu bergulir kembali pada 1 Oktober mendatang.

Tercatat, ada 10 legiun impor yang mundur. Mereka adalah Petteri Pennanen (Persikabo), Rafael Gomes de Oliveira (Persela), Jonathan Bauman, Oh In-kyun (Arema FC), Sylvano Comvalius, Arthur Cunha (Persipura), Ante Bakmaz, Nicola Asceric (Persik), Mateo Bustos (Persita), dan Yashir Pinto (Barito Putera).

Awalnya, bursa transfer periode kedua dijadwalkan pada 20 Juli-19 Agustus. Tapi karena kompetisi sempat vakum akibat pandemi COVID-19, maka PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Shopee Liga 1 mengubahnya menjadi 8-23 Desember.

Namun pada prosesnya, PSSI sebagai pembuat regulasi memilih memajukan periode bursa transfer sebelum Shopee Liga 1 musim ini bergulir. Tapi untuk tanggal pastinya, federasi sepak bola di Tanah Air itu enggan membeberkan.

“Sebetulnya tidak harus kami sampaikan hari ini. Nanti biar PT LIB yang mengumumkan. Sedikit kami sampaikan, ada pendaftaran pemain baru yang kami percepat. Sebab, kami mengantisipasi pemain asing yang susah masuk ke Indonesia,” ujar Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, saat konferensi pers lanjutan Shopee Liga 1, Jumat (11/9).

“Kami memberikan keleluasaan kepada klub untuk mendatangkan pemain baru. Nanti selengkapnya akan disampaikan oleh PT LIB saat workshop Shopee Liga 1. Di sana nantinya, akan dijelaskan secara detail,” katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM

Mengenai rincian peraturan untuk bursa transfer periode kedua, Yunus juga enggan membocorkan. Selain itu, ia bersama PSSI telah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM dan Dirjen Imigrasi agar memudahkan kedatangan pemain asing Shopee Liga 1.

“PSSI telah bekerja sama dengan Kemenkumham. Saya juga telah bertemu dengan Dirjen Imigrasi. Kenyataannya ada beberapa pemain asing yang sulit untuk masuk ke Indonesia,” tuturnya.

“Dengan dukungan Kemenkumham, para pemain asing sudah mulai kembali datang dan diberiikan dispensasi khusus sesuai peraturan Kemenkumham,” imbuh Yunus.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR