BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

PSSI Dukung Keputusan AFF Tunjuk Singapura Sebagai Tuan Rumah Piala AFF 2020

29-09-2021 01:42 | Dimas Ardi Prasetya

Sekjen PSSI, Yunus Nusi (kiri) dan Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita (Kanan) (c) Dok. PSSI
Sekjen PSSI, Yunus Nusi (kiri) dan Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita (Kanan) (c) Dok. PSSI

Bola.net - PSSI mendukung keputusan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) yang menunjuk Singapura sebagai tuan rumah Piala AFF 2020. Sebab, negara yang dijuluki Negeri Singa itu diyakini akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat selama turnamen berlangsung.

Singapura pun akan menjadi satu-satunya tuan rumah Piala AFF 2020. Sebab untuk edisi kali ini, turnamen dua tahunan itu bakal digelar dengan format terpusat lantaran masih dalam situasi pandemi COVID-19.

“Piala AFF 2020 di Singapura pasti digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan kami siap berlaga," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, disadur dari laman PSSI, Selasa (28/9/2021).

Adapun, Piala AFF 2020 akan berlangsung kurang dari satu bulan. Dimulai pada 5 Desember 2021 dan berakhir 1 Januari 2022.

Format turnamen ini juga tidak berubah. Setiap tim bakal memainkan empat laga pada babak penyisihan grup.

Untuk babak semifinal juga tetap digelar dua leg. Begitu pula dengan finalnya.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 2 halaman

Siapkan Timnas Indonesia

Menuju Piala AFF 2020, Yunus menegaskan bahwa pihaknya bakal mempersiapkan tim sebaik mungkin. Dengan begitu, Timnas Indonesia dapat berbicara banyak di event tersebut.

"Tentu PSSI akan menyiapkan Timnas Indonesia agar bisa meraih prestasi di ajang tersebut,” ucap Yunus.

Pada babak penyisihan, Timnas Indonesia tergabung dalam Grup B. Lawan-lawan yang bakal dihadapi skuad Garuda yaitu Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

2 dari 2 halaman

Alasan AFF Pilih Singapura

Sementara itu, Singapura dipilih AFF sebagai tuan rumah Piala AFF 2020 karena lokasinya dianggap paling representatif ketimbang kandidat lain. Namun, AFF tak menyebutkan negara mana saja yang berminat menggelar ajang ini.

"Kami dengan senang hati mengumumkan Singapura sebagai negara tuan rumah Piala AFF 2020. Kami menerima banyak tawaran menarik dari asosiasi anggota kami dan Dewan AFF memiliki keputusan yang sulit untuk memilih antara mereka. Dengan prioritas utama kami adalah kesehatan dan keselamatan semua orang yang terlibat. Pada akhirnya ini adalah faktor penentu saat menilai tawaran," kata Presiden AFF, Khiev Sameth.

"Kami sangat berterima kasih kepada semua asosiasi anggota yang telah menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah turnamen di masa-masa yang penuh tantangan ini. Ini benar-benar menunjukkan semangat kekuatan dan tekad ASEAN dalam menghadapi kesulitan."

"Sekarang dengan keputusan yang dibuat, kami dapat fokus bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Singapura untuk memastikan bahwa acara tersebut diselenggarakan dengan aman dan juga menghidupkan kegembiraan sepak bola dan semangat para penggemar ASEAN," lanjut Khiev Sameth.

(Fitri Apriani/Bola.net)

KOMENTAR